ConsoleGaming InfoGaming OpiniGaming Stuff

Fitur Kontroler Playstation 5 Dualsense, Lebih Baik Dibanding Dualshock 4?

Dualsense, Itu lah nama resmi dari Kontroller Playstation 5 atau mungkin kita sudah duga duga namanya adalah Dualshock 5. Sony mengumumkan Kontroller ini tanggal 8 April 2020 secara digital dan banyak menarik perhatian gamer. Dengan dimunculkannya Dualsense, ktia semakin dekat dengan bentuk dari PS5 dan mendekati hari peluncurannya. Kira kira apa aja ya Fitur Kontroler Playstation 5 Dualsense?

Dualsense ini adalah kontroller Playstation 5 yang dijanjikan akan mempunyai banyak fitur yang bagus dan lebih baik dibanding kontroller sebelumnya Dualshock 4. ada beberapa fitur yang ada di dualshock 4 yang masih di implementasikan di Dualsense dan ditambahkan fitur terbaru yang memang menjadi fitur tambahan untuk dualsense

Nah ini Fitur Kontroler Playstation 5 Dualsense yang utama

  • Haptic Feedback
  • Adaptive Trigger
  • Rechargeable Battery
  • Create Button
  • Built in Mic

Fitur yang temurun dari Dualshock 4

  • Touchpad
  • USB Type C
  • Headphone Jack
  • LED Light
  • Motion Sensor (SixAxis)
  • Speaker Kecil
  • Tombol Playstation (Diganti jadi Logo Playstation)

Yang Dilepas

  • LED Lightbar

Dan Fitur fitur dari Dualshock 4 seperti Touchpad, Headphone Jack dan USB Type C Charging, Speaker Kecil, Battery dan Garis LED tetep diimplementasikan di Dualsense (Sony tidak menyinggung Fitur Motion Sense, tetapi kayaknya tetep bakalan ada, menngingat fitur tersebut sudah ada pada Kontroller PS3 dinamakan Sixaxix)

ada satu fitur yang ditarik yaitu LED besar di dualshock 4, Lihat digambar bahwa Dualsense tidak mempunyai itu, sebenernya LED di Dualshock 4 tersebut berguna untuk PS Camera dan juga PSVR, Tetapi dengan Dualsense yang tidak menggunakan itu, kemungkinan Aksesoris Camera dan PSVR untuk playstation 5 akan mempunyai Mekanis yang berbeda, kita harap lebih baik.

Nah Kita bahas Dua Fitur yang asing ditelinga kita, Haptic Feedback, Adaptive Trigger dan Tombol “Create”. Apa sih itu?

Haptic Feedback

Haptic Feedback itu singkatnya Kontroler dapat mengkomunikasikan kembali apa yang ada digame ke dirimu,jadi seakan akan terdapat Efek umpan balik. Haptic Feedback ini akan menimbulkan rasa sensasi sentuhan “Real” yang berbeda tergantung dari “Scene” yang sedang dimainkan. Memang agak ribet jelasasinnya karena harus dirasaiin sendiri. cuman yang diinginkan sony dari fitur ini adalah pengalaman bermain yang terbaik agar gamer bisa lebih puas.

Adaptive Trigger

Lalu Ada namanya Adaptive Trigger, khususnya di R2 dan L2. Gunanya agar gamer dapat merasakan sensansi “Real” pada saat scene dimana membutuhkan keakuratan. Misalkan, Pada saat Game Racing, saat kamu Pencet “gas” di Adaptive Trigger ini seakan akan kamu seperti menginjak “Gas” di mobil Nyata. atau yang suka Memanah, Adaptive Trigger ini akan menambahkan sensasi “Tensi”  jadi ga langsung tembak aja, tetapi terdapat ancang ancang seperti memanah di dunia nyata. Dan kalau misakan kamu bermain game FPS yang dimana notabenenya mencet langsung tembak, nah adaptive trigger ini akan menyesuaikan sesuai dengan game yang kamu mainkan. sesuai namanya “adaptive”

Create Button

Lalu Digantinya Tombol “Share” ke Tombol “Create”. mungkin ada beberapa Fungsi Tombol Share ada di Tombol Creat, hanya saja mempunyai fitur tambahan yang lebih luas, Masih belum jelas apa saja yang ditawarkan pada Create Button ini. tetapi sony menekankan bahwa “Jalan terbaru untuk pemain dalam membuat Gameplay yang mantap untuk di sebarkan kepada dunia”

Bentuk Dari Dualsense

Nah, Ini yang menjadi Suatu perubahan yang sangat terlihat dari Dualsense dibandingkan dengan Dualshock, Yaitu Bentuknya. Sekilas, Bentuk dari Dualsense ini mirip dengan Kontroller Xbox tetapi dengan layout Dualshock. sudah rahasia umum Kontroller Xbox dengan Analognya yang offside menjadi Kontroller terbaik, nah apakah Dualsense akan mempunyai kenyamanan yang serupa dengan layout Dualshock? sampai kontroller tersebut di tangan kita masih belum tau rasanya.

TIdak hanya Bentuk, Grip atau pegangan dari Dualsense juga berbeda, Peganganya didesain agar dapat di gunakan untuk orang dengan tangan yang lebih besar. pegangannya juga terdapat Texture dan Sudut dari Pegangannya juga berbeda dibanding Dualshock. jadi benar benar Kaya Kontroller Xbox dan Dualhshock dinikahin punya anak ya dualsense ini.

BACA JUGA

Opini Kami Tentang Dualsense

Sampai Dualsense sudah ditangan Kami, belum janji Kontroller ini akan mejadi Kandidat Kontroller terbaik, bahkan Belum tentu Kontroller ini nyaman, jadi kami berpendapat dari bentuk kontrollernya saja dan pengalaman kami dengan Kontroller lain yang mirip mirip dengan Dualsense.

Kenyamanan

Untuk Kenyamanan, jika dilihat dari Gambar Dualsense ini bakal nyaman banget. Karena Bentuknya yang mirip Kontroller Xbox sudah dibuktikan kenyamanannya pada saat kami bermain game menggunakan Kontroller Xbox, Benar benar Cocok banget ditangan, walaupun sebenernya untuk Rata rata kontroller Xbox didesain untuk Tangan yang lebih besar tetapi tetep saja nyaman, nah dengan PS5 yang Baru mengimplementasikan bentuknya, Kami yakin Kontroller ini bisa membuat nyaman dari Tangan yang kecil hingga yang besar. Balanced gitu loh.

Cie PS ngikutin Xbox

“berati PS5 plagiat Xbox dong?” ngga juga kok, Bentuk seperti itu semua orang boleh buat. dan Sony itu menggunakan istilah “if ain’t broke don’t fix it”. Fitur yang ada di Dualshock 4 tidak diubah ubah kok didualsense. misalkan Analog Kanan tidak di offside layaknya Xbox, Tombol “Create” ngga berubah menjadi tombol “Select” dan mempunyai Touchpad.

Jika kalian Bandingkan Layout Dualshock 4 ke Layout Dualsense, Miirp banget penempatannya, yang beda itu cuman bentuknya saja

Warnanya Norak banget

Menurut Kami warnanya sudah bagus, memang mungkin Selera orang berbeda beda” tetapi desain Yang seperti itu menurut kami sudah baik, tinggal memainkan warna saja. All Black atau Matching Color bisa membuat visual dari Dualsense ini Lebih Baik.

Fiturnya Mewah banget bisa jadi Mahal

Disinggung tadi, Fitur di Dualshock 4 masih ada dan ditambahkan Peningkatan seperti Adaptive Trigger, Built In Mic, Create Button dan Haptic Feedback. nah Bisa jadi Kontroller ini mahal banget. Kita bisa membeli Dualshock 4 disekitaran 500 Ribu sampai 700 Ribu. Kemungkinan Besar Dualsense dijual bisa jadi 1.5 Juta lebih.

Karena memang Menurut kami, jika fitur fitur tersebut benar benar dimanfaatkan betul oleh Developer, Kontroller ini ga hanya sebagai “Kontroller biasa” aja loh, tapi bisa jadi Kontroller tercanggih di Masa Generasi konsol ke 9. Sony mempunyai potensi besar di kontroller ini.

Kesimpulan

Itu dia Fitur Kontroler Playstation 5 Dualsense, Dualsense ini kontroller yang sangat menjanjikan sekali, Fitur fiturnya lengkap, lalu dengan Re-desain dari bentuk dari Kontroller ini bisa jadi pemain akan lebih nyaman dalam memegangnya. Kita tidak tau bagaimana Rasanya sampai kontroller itu rilis, cuman bisa dilihat, kontroller ini mempunyai potensi yang sangat besar.

Link: Blog Playstation

Tags

Rekomendasi dari kami

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

eleven + fifteen =

Back to top button
Close

Adblock Detected

Tolong matikan Adblock untuk mensupport kami