Gaming Info

Game Dengan Microtransaction Akan Dikenakan PPN?

Maraknya game-game yang memiliki microtransaction didalamnya membuat pemerintah mengatur hal tersebut. Yang akhirnya membuat transaksi dalam game atau microtransaction ini akan dikenakan pajak PPN sebanyak 10%.

PPN ini merupakan singkatan dari Pajak Pertambahan Nilai yang ada pada sebuah produk produk usaha. PPN di dalam konteks game ini sebenarnya kurang di atur oleh undang-undang karena belum menjadi sorotan penting.

 

Namun seiring dengan berjalannya waktu, microtransaction kini menjadi sebuah tren dalam game. Microtransaction biasanya dipakai untuk memenangkan suatu game, terutama game yang “Pay to win” maupun membeli skin. Sehingga pemerintah tersadarkan betapa kebobolannya pemerintah dalam hal ini.

BACA JUGA

“Pengenaan PPN atas pemanfaatan produk digital dari luar negeri merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk menciptakan kesetaraan berusaha bagi semua pelaku usaha. Khususnya antara pelaku di dalam negri, serta antara usaha konvensional dan usaha digital.” ujar Hestu Yoga Saksama, Direktur Penyukuhan dan Hubungan masyarakat Dirjen Pajak dalam keterangan pers (Dikutip dari CNBC Indonesia)

Maka hal ini akan berdampak bertambahnya nilai uang pada saat kita melakukan transaksi. Misalnya kita membeli kredit/voucher game 100 ribu maka kita akan terkena tambahan 10 ribu untuk pajak.

Fachmi Dimas

Fachmi Dimas admin and content creator, DKM of Al Hidayah, Relawan Al Kahfi, and leader of IKRIMAH.

Rekomendasi dari kami

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

four × 5 =

Back to top button
Close

Adblock Detected

Tolong matikan Adblock untuk mensupport kami