Gaming Opini

[Opini] Terlalu Populer, Komunitas Genshin Impact Jadi Toxic Dan Cancerous

Udah lama nih penulis ga buat opini di sini. Kali ini gue mau bahas hal yang sedang hot-hot nya yaitu Genshin Impact. Kebetulan juga si, penulis cukup sering bermain game ini. Yang akan dibahas kali ini adalah masalah komunitas Genshin Impact yang toxic dan cancerous!

Genshin Impact sebenernya game yang biasa aja sih untuk konsol dan PC, karena banyak game AAA yang lebih baik dengan konsep yang sama. Ada Legend of Zelda: Breath of The Wild, Horizon Zero Dawn, Immortal Fenxy Rising. Tapi, game ini memang sangat revolusioner untuk versi Mobile. Hal ini dikarenakan game ini mengusung konsep open world dengan konten ekplorasi yang sangat banyak, lalu cerita yang menarik, grafik yang sangat memukau, soundtrack yang mantep dan juga style Anime dimana semua karakternya “good looking”.

Selain itu, game ini juga luas sekali aksesnya. Kalian bisa main di mobile phone dengan harga mulai dari 3 jutaan (2021) dan PC yang tidak memerlukan spesifikasi tinggi seperti VGA RTX ataupun Intel i5 atau AMD Ryzen 7 Prosessor. Dan untuk versi konsol seperti PS4/PS5, game ini gratis sehingga bisa dimainkan tanpa langganan PS Plus.

Jadi, karena faktor-faktor demikian maka game ini sangat diminati oleh banyak kalangan, dari casual maupun hardcore. Sejak 6 bulan perilisannya, Mihoyo selaku developer game tersebut sudah meraup keuntungan sebesar 1 Milliar US Dollar atau 14 Triliun Rupiah. Itu pun hanya keuntungan dari platform Mobile saja, belum PC dan Playstation 4.

Oleh karena itu banyak sekali pemain yang bergabung dan terbentuk menjadi komunitas yang membuat playernya menjadi semakin banyak.

TL;DR Kenapa Komunitas Genshin Impact itu Toxic dan Cancerous

  • GAME INI DIJADIKAN AJANG ADU DAMAGE ANTAR PLAYER, PADAHAL INI GAME SINGLE PLAYER TANPA PVP DAN LEADERBOARD.
  • KARAKTER YANG TIDAK MASUK META ATAU DAMAGE YANG KECIL AKAN DI EJEK.
  • YANG MENGEJEK AKAN MEMPENGARUHI ORANG YANG INGIN KARAKTER TERSEBUT DAN DIBUAT UNTUK MEMBENCI.
  • KONTEN KREATOR KADANG MEMANAS MANASI DRAMA YANG ADA.
  • TELAH TERJADI KASUS RASISME ANTAR KONTEN KREATOR, DIKARENAKAN INGIN ADU DAMAGE KARAKTER.
  • TERLALU BANYAK MENGGUNAKAN ISTILAH JELEK DAN VARIASINNYA (KOPIUM, HOPIUM, KOKOPIUM).
  • FANDOM KEKANAK KANAKAN.
  • MISSUED SYSTEM RATING.
  • NGE HARRAS VOICE ACTOR KARENA TIDAK SETUJU.

Untuk selengkapnya, silahkan baca penjelasan di bawah ini!

DISCLAIMER: PENULIS TIDAK MEMBELA MIHOYO, DISINI PENULIS BEROPINI UNTUK KOMUNITAS SAJA. UNTUK KRITIK BUAT MIHOYO AKAN DI BUAT DI ARTIKEL OPINI YANG LAIN!

Diawali dengan Konten Guide Karakter dan Lahirnya META

Genshin Impact adalah game single player RPG dimana kamu akan mengontrol lebih dari 1 karakter dengan kit dan skill yang berbeda-beda. Seperti RPG pada umumnya, terdapat stats pada masing-masing karakter seperti HP, DEF, ATK, Critical Rate/Damage dan sebagainya. Terdapat juga fitur artifcact yang mengantikan sistem armor di Genshin.

Banyak sekali variasi stats dan skill artifact dan ada beberapa karakter yang cocok ada begitu juga sbealiknya. Jadi, bagi player yang masih bingung pasti akan mencari semacam guide bagaimana membangun karakter agar bisa menyelesaikan konten game dengan cepat. Inilah yang akan memunculkan konten kreator baru bagi game ini.

Ditambah juga dengan hadirnya Spiral Abyss, konten late-game dimana kalian harus menyelesaikan sebuah Dungeon dengan batas waktu. Jika kamu bisa menghabiskan seluruh musuh dibawah 4 menit, kamu akan dihadiahi Primogems.

Ya, Primogems adalah currency yang digunakan untuk gacha. Genshin Impact menggunakan sistem gacha pada karakter dan juga weapon. Untuk gacha sendiri hanya ada 2 rarity, yaitu 4 Star dan 5 Star. 5 Star ini sudah pasti mempunyai scaling kit yang lebih tinggi, lebih unik dan juga susah dapetinnya.

Dikutip dari Youtube Channel Majestic Gaming, kesempatan untuk mendapatkan 5 Star adalah 2%, dan masing-masing karakter dibagi dari 2% itu dan dapat kesempatan menjadi 0.6% untuk setiap karakter. Tapi, game ini mempunyai Pity System, dimana jika kamu telah Pull/Roll sebanyak 90x, kamu dipastikan mendapatkan Karakter 5 Star.

Nah, karena faktor tersebut, lahirlah Guide Build untuk masing-masing karakter, karena Sprial Abyss, lahirnya META atau (Most Effective Tactics Available).

META ini lahir dikarenakan ada beberapa karakter yang bisa lebih cepat menyelesaikan Abbys dan ada juga yang tidak cocok. Player tentu harus build sedemikan rupa karakternya agar bisa mengikuti META. Dan META ini terkadang diharuskan mempunyai karakter Gacha khususnya yang 5 Star.

Karena hal itu, setiap banner gacha baru, theory crafting dan metacrafting berlomba-lomba menghitung masing-masing skill karakter mereka. Jika tidak cocok dengan META Spiral Abyss, maka akan mendapatkan tier bawah.

Lahirnya Tier List. Gacha 5 Star itu Mahal, Banyak Player Salty!

Nah, karena roster karakter di Genshin Impact itu lumayan banyak, maka karakter yang masuk ke META akan mendapatkan rangking tertinggi. Jika tidak, maka akan mendapatkan rating terbawah.

Ini dimaksudkan untuk memudahkan karakter apa yang sedang META di game. Jika S Tier maka bakal sangat berguna, jika D Tier maka bakal susah digunakan atau malah tidak berguna sama sekali.

Gacha ini pun memang mahal dimana membutuhkan 180 pull untuk mendapatkan limited banner karakter 5 star, seharga USD 200 atau 3-4 Jutaan Rupiah. Tidak semua player akan mendapatkan semua karakter yang tersedia karena mereka harus memilih karakter mana yang masuk ke META.

Oleh karena itu, banyak sekali orang yang salty. Banyak yang mulai membanding-bandingkan karakter baru dengan karakter lama yang dia pakai. Dan jika karakter banner selanjutnya mempunyai kit yang tidak sekuat karakter lama, maka akan diejek. Bagi yang punya tapi berusaha menjelaskan pun akan diejek sebagai copium. Apa itu Copium? Nanti dijelaskan di seksi toxic.

Jadi intinya, player jadi toxic karena mereka tidak bisa mendapatkan semua karakter dikarenakan mahal. Itu lah awal dari kejadiannya yang merembet ke beberapa kejadian toxic lainnya selama penulis masuk ke Fandom dari Komunitas Genshin. Berikut adalah kejadiannya ;

TOXIC 1: Perang META-Slave VS SIMP

Ini terjadi pada saat karakter banner yang dirilis lebih kuat atau lebih lemah dibandingkan karakter sebelumnya. Pada saat karakter tidak masuk META, maka player akan menolak untuk gacha karakter tersebut. Tapi ada beberapa orang yang mau gacha dikarenakan dia suka dengan estetika dari karakternya.

Biasa lah ya, tapi ini jadi toxic pada saat orang yang tidak mau men-gacha itu mulai mempengaruhi orang yang ingin karakter tersebut, Misalnya, dengan kata-kata, “Karakter itu sampah, tidak masuk META” atau “DAMAGENYA NGGA GEDE” dan lain-lain. Nah, orang yang ingin gacha tentu saja marah dan mereka akan memberikan alasan bahwa mereka lebih menyukai estetikanya (Waifu/Husbando) dibandingkan angka damage. Disini yang suka META mengejek orang tersebut dengan “SIMP” atau Waifu-Slave”. Sebaliknya, orang yang lebih memilih META akan diejek META-SLAVE.

Awal-awal sih emang lucu, tapi kelamaan istilah ini selalu digunakan pada saat banner karakter baru dirilis dan menjadi budaya toxic di Genshin Impact yang sangat kekanak-kanakan.

TOXIC 2: Iri Dengki

Sudah disinggung pada TOXIC 1, orang yang ngga mau pulling akan mengejek orang yang akan pulling dan berusaha semaksimal mungkin agar orang tersebut ikut tidak pulling bahkan membenci karakternya. Hal ini disebabkan karena orang tersebut IRI dan DENGKI!

IRI Dan Dengki muncul karena kita tau free to play player (F2P) dan low spender tidak bisa mendapatkan semua karakter dan harus memilih karakter dengan bijak jika gaya bermainnya mendahulukan META.

Dan ini terus bermunculan disetiap forum atau video yang berkaitan dengan karakter tersebut. Mereka akan saling ejek dan trashing karakter tersebut dengan tujuan orang tidak boleh pull karakter tersebut

TOXIC 3: MENCOBA UNTUK MEMPENGARUHI DAN MEMBENCI SUATU KARAKTER

Seperti yang dijelaskan pada TOXIC 2, mereka akan mencoba untuk mempengaruhi dan membenci suatu karakter dikarenakan mereka tidak bisa mendapatkan semua karakter di game. Kenapa sih harus begitu? Karakter di game bahkan tidak hidup! Mereka itu model doang. PNG 3D BOY! Kenapa harus dibenci?

TOXIC 4: Keluarnya Istilah Copium di Komunitas Genshin

COPIUM adalah istilah dari gabungan kata Cope dan opium. Maksudnya mah tetep teguh untuk membela diri  walaupun mereka sudah kalah. Trik ini digunakan pada player yang berusaha menjelaskan kalau karakter yang di TRASHING itu tidak terlalu buruk.

Misal, Lumine yang tidak punya karakter Kokomi memberi tahu bahwa karakter itu jelek banget karena hanya seorang healer. Tapi Aether yang punya karakter menjelaskan kalau Kokomi tidak terlalu buruk dan berguna di game. Nah, Lumine tidak setuju dan mengejek Aether COPIUM karena Lumine mengganggap Kokomi itu jelek.

Selain itu, ada variasi lain yaitu Hopium yang lagi hot-hotnya sekarang dimana beberapa hadiah 1st Anniverary Genshin impact itu tidak meriah. Terdapat backslash dan kritik negatif yang sangat berat pada kalangan komunitas. Orang-orang yang beropini lain dan masih optimis pada event selanjutnya akan di kataiin HOPIUM. Karena menurut mereka, “Event Ini BURUK, tapi kenapa lu berharap-harap? HOPIUM!”

TOXIC 5: Terjadi Rasisme antara Konten Kreator Genshin

Mungkin kalian pernah mendengar ada kasus drama rasisme antara konten kreator Korean (kita namai A) dan Spanish (Kita namai B).

Menurut penulis, ini hanya kesalahan budaya saja. Diawali dengan konten kreator B yang sok dekat sok kenal dengan A dikarenakan Keqing kreator A damage nya tinggi banget di C6. Nah, si B ingin adu damage dengan keqing C0 dia yang A dengan cara SKSD. Tapi mungkin kreator A terganggu dengan sikap kreator B dengan merespon twit yang tampaknya membuat kreator A TERSINGGUNG. Akhirnya kreator B MARAH BESAR dengan kata-kata yang cukup rasis. Dan ini meledak dan membuat beberapa konten kreator lain merespon.

RASISME ITU TIDAK BAIK! KITA SEMUA MANUSIA APA SIH YANG BEDA?

TOXIC 6: BEBERAPA KONTEN KREATOR MEMANAS-MANASI DRAMA YANG ADA

Kita tidak akan sebut merek disini, tapi banyak konten kreator yang verifed ataupun abangan yang suka memanas-manasi drama di Genshin sehingga menimbulkan influence kepada fandom yang kekanak-kanakan untuk merespon secara toxic juga.

TOXIC 7: TERLALU BANYAK MENUNTUT DAN KOMPLEN

Dari karakter yang minta di buff karena ga terlalu kuat dibanding karakter lama sampai dengan Reward Anniverary. Yak, balancing itu perlu agar game tidak terlalu broken dan terdapat powercrept. Tapi kenyataannya masih terus dikomplen.

Ya, Reward Annivesary itu memang kurang dan tidak sesuai ekspetasi. Tapi, hey ini game free 2 play kan? Kalian tidak harus membayar untuk bermain. Jadi sebenernya, tidak ada yang dirugikan kalian wahai free player!

TOXIC 8: FANDOM TERLALU KEKANAK KANAKAN

Dikarenakan akses Genshin yang sangat mudah memungkinkan variasi umur bisa dari remaja hingga dewasa. Lalu dari drama META SLAVE vs SIMP, IRI Dengki dan Respon dari Drama Anniversary, membuktikan bahwa fandom Genshin itu terlalu kekanak kanakan.

Contohnya? Rating Genshin Impact mengalami penurunan!

TOXIC 9: LEAKERS MERAJA-LELA

INI BIANG KEROKNYA! Leakers. Leakers ini adalah orang yang mendapat akses BETA di genshin. BETA ini akan mencoba beberapa konten masa depan yang membantu developer untuk memoles konten yang akan rilis.

Bukannya membantu Developer, eh dia malah membocorkan konten masa depan ke player. Padahal sebelum mendaftar jadi beta tester, mereka telah setuju dan berjanji tidak akan membocorkan konten apapun. Tapi kok malah dilanggar?

Akhirnya ini membuat ekspetasi di komunitas menjadi tinggi. Nah, ketika saat rilis ternyata tidak sesuai dengan yang dibilang si tester, komunitas langsung mulai melakukan aktifitas TOXIC 1 hingga TOXIC 8.

Dan drama Anniversary ini juga bahan bakarnya dari si leakers dimana mereka memberi tahu bahwa akan mendapat banyak hadiah. Eh tapi ternyata kenyataanya tidak terlalu bagus. Terulang lagi deh backslash yang tiada habisnya.

TOXIC 10: KEKERASAN (HARRAS) ONLINE KEPADA VOICE ACTOR

Ini terjadi karena beberapa fan tidak suka atau tidak setuju dengan karakter atapun live streaming. Katanya sih cringe lalu melakukan kekerasan online kepada Voice Actor.

Waduh, tidak boleh gitu dong! Voice Actor itu kan kerja, dia ga tau apa-apa sama konten. Taunya mah disuruh suaraiin karakter abis itu udah kelar.

TOXIC 11: YANG BILANG KOMUNITAS GENSHIN TOXIC ITU TOXIC

Nah, penulis ga tau lagi deh ini kenapa. Padahal kita mengingatkan dan memberi tahu, dibilang toxic pula. Ya gitu deh. Penulis juga capek liat hal ini. Mending rakit pc aja kali ya, hehehehe…

Nanti juga ada yang bilang artikel ini toxic, ya ga?

SOLUSI DARI PENULIS

CHILL BRO/SIS. Inget game ini bukan PVP, bukan kompetitif. Ini game casual dan single player. Game yang dibuat biar kamu rileks, bukan malah ngajak berantem orang lain.

Game ini tidak menuyuruhmu untuk menyelesaikan Spiral Abyss, game ini tidak menyuruhmu gacha. Jadi jangan lah kamu ganggu orang lain yang cuman ingin rilex. Kalau kamu hardcore, yaudah siksa aja dirimu sendiri, jangan kamu paksa orang lain!

Selain itu, jangan kekanak-kanakan. Respon dengan baik dan membangun. Kritik dengan baik.

Itu saja opini dari penulis tentang komunitas Genshin Impact. Yah, memang toxic dan cancerous sekali komunitas ini. Dan ingat, tolong ya jadi player yang respect kepada player lain ya Noobs!!!

 

Rekomendasi dari kami

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 × 4 =

Back to top button

Adblock Detected

Tolong matikan Adblock untuk mensupport kami