Gaming Opini

Opini: Spesifikasi Playstation 5 dan Xbox Series X Sekuat Apa Sih?

Perbandingan Spesifikasi Playstation 5 dan Xbox Series X dengan PC Gaming High-End

Spesifikasi Playstation 5 dan Xbox Series X sudah di perlihatkan oleh perusahaan manufakturnya, Sony dan Microsoft. Kedua Konsol ini akan menemani Gamer 5-7 Tahun mendatang di Generasi ke 9. Nah Karena di desain seperti itu, maka Sebenernya Sekuat apa sih Kedua Konsol ini?

Sony dan Microsoft berjanji akan membawa konsol generasi ke 9 ini lebih canggih, dari CPU.GPU, Stotrage yang lebih cepat, fitur yang menarik dan banyak.Nah Kita ulas kembali Spesifikasi Playstation 5 dan Xbox Series X

 Playstation 5 Xbox Series X
CPU 8x Zen 2 Cores at 3.5GHz with SMT (variable frequency) 8x Zen 2 Cores at 3.8GHz (3,6 GHz with SMT)
GPU 10.28 TFLOPs, 36 CUs at 2.23GHz (variable frequency) 12 TFLOPs, 52 CUs at 1.825 GHz, Custom RDNA 2
GPU Achitecture Custom RDNA 2  Custom RDNA 2
Memory/Interface 16GB GDDR6/256-bit 16 GB GDDR6
Memory Bandwith 448GB/s 10GB @ 560GB/s (6GB @ 336GB/s)
Internal Storage Custom 825GB SSD (Soldered) 1TB custom NVMe SSD (Soldered)
IO Throughput 5.5GB/s (Raw), Typical 8-9GB/s (Compressed) 2.4GB/s (raw), 4.8GB/s (compressed with custom hardware decompression block)
Expandable Storage NVMe SSD Slot 1TB expansion card
External Storage USB HDD Support USB 3.2 externally HDD support
Optical Drive 4K UHD Blu-ray Drive 4K UHD Blu-ray Drive

Nah Itu Dia Kira kira Spesifikasi Playstation 5 dan Xbox Series X, Untuk Fitur, Playstation 5 ini punya fitur Controller SSD (Semacam Xbox Velocitynya tapi untuk Playstation) dimana akan ada Membantu kinerja dari Perfoma, PS5 juga mempunyai backward Compability game PS4 tetapi gamenya tidak semua hanya sebatas game game populer PS4. kamu juga bsia memperbesar Storage mu dengan NVME SSD Bebas yang sudah di sertifikasi oleh sony.

Untuk Konsol Xbox Series X, FIiturnya adalah mempunyai Kontroller antara storage dan Software yang dinamakan “Xbox Velocity Architecture” dimana kontroller tersebut akan membantu Perfoma Konsolnya. Lalu Xbox Series X juga dapat memainkan game game dari konsol jadul dari Xbox sampai Xbox One dan semua game bisa dimainkan langsung tanpa ada batasan. Sedangkan untuk Expandable Storagenya itu Khusus, Yak “Memory Card” Kembali! jadi yang pengen mempebesar Storage bersiap siaplah ngeluarin kocek lebih mahal.

Nah Bagaimana untuk Spesifikasinya? Nah Berikut hasil Analisis dari kami

Overall Hardware yang digunakan itu Sama, yaitu Komponen Berbasis AMD. untuk CPU yaitu Architecture AMD Terbaru Zen 2 dengan 8 Cores dan GPUNya itu dari RDNA 2 yang di Kustomisasi, kedua Architecture basis ini beluim dirilis untuk PC. nah jika dilihat dari Spesifikasi Playstation 5 dan Xbox Series X, Untuk perfoma saat ini Xbox Series X lebih unggul. Kenapa?

  • CPU Xbox Series X mempunyai Clock Lebih cepat dibanding PS5 di 3.8Ghz single Thread dan 3.6 Ghz Multi thread, sedangkan PS5 hanya di 3.5 Ghz
  • GPU Xbox Series X mencapai angka 12 Teraflops dengan 52 Compute Unit  di Kecepatan Clock 1.825Ghz sedangkan PS5 hanya 10.28 Teraflops dengan 36 Compute unit tetapi di kecepatan Clock 2..23 Ghz, lebih tinggi per CU dibanding Xbox Series X.

Walau seperti itu, Playstation 5 sepertinya tidak terlalu signifikan Jatuh dibanding Xbox Series X di Perfoma, Kenapa? senjata Playstation ada di SSDnya. SSDnya playstation ini bisa jadi “mendongkrak” Perfoma si Konsolnya. Dan Kembali lagi kepada Developer, misalkan Playstation 5 bisa lebih Optimal dibanding Xbox Series X, maka bisa jadi “Angka” Perfoma antara kedua konsol itu bisa identik.

BACA JUGA

Komponen PC yang Sama dengan Spesifikasi Playstation 5 dan Xbox Series X

nah jika dibandingkan ke Perfoma PC, kira kira Komponen PC apa yang sama spesifikasinya dengan Playstation 5 dan Xbox Series X? nah Yokkita bandingkan dan buktikan jika diluar “optimalisasi” Developer dan “Kontroller SSD” Xbox Series X lebih unggul dibanding Playstation 5.

Kedua Konsol menggunakan CPU yang kustomisasi berbasis Arsitektur Zen 2 dari AMD. Processor ini Mempunyai 8 Cores dan di Clock antara 3.5 Ghz sampai 3.8 Ghz. nah sebenarnya tidak bisa disamakan secara langsung untuk CPU dari Konsol ini, tetapi Jika dilihat dari Clocknya, maka Kurang lebih CPUnya itu Dekat dengan Perfoma Ryzen 7 3700X, dimana CPUnya mempunyai 8 Cores dan 16 Threads di 3.6 Ghz ke 4,4 Ghz. khusus PS5 clock speednya agak di “Underclocked” 0.5 Ghz.

Untuk GPU ini yang menarik, Berikut Penjelasannya

Playstation 5, RX 5700 XT

Playstation 5 Mempunyai GPU Kustomisasi Berbabasis RDNA 2 dengan 36 Compute Unit di 2.23Ghz, maka timbul Angka teraflops mencapai 10.28 Teraflops. maka Yang paling dekat adalah Antara AMD Radeon RX 5700 ke AMD Radeon RX 5700XT . RX 5700 ini mempunyai 36 Compute Unit di 1.465Ghz dan timbul angka Teraflops Mencapai 7.949 Tflops, tetapi karena Clock PS5 lebih tinggi, maka perfomanya meningkat Setara RX 5700 XT dengan 40 Compute unit di 1.605 Ghz di Angka Teraflops 9.754 Tflops, kedua GPU menggunakan Arsitektur RDNA 1. jadi sebenernya GPU PS5 lebih tinggi sedikit dibanding RX 5700XT, Ditambah Bisa Proses Ray Tracing dan Arsitektur GPU terbaru yaitu RDNA 2

Xbox Series X, Radeon VII

Untuk Xbox Series X ini juga mempunyai GPU Kustomisasi berbasis RDNA 2 dengan 52 Compute unit di 1.825 Ghz. Maka GPU yang paling dekat ialah AMD Radeon VII. Radeon VII mempunyai 60 Compute unit yang di clock mencapai 1.4Ghz, timbul angka 13.44 TFlops, GPU ini Arsiktektur GCN 5.1 . Tetapi karena Compute unit Xbox Series X hanya 52 tetapi di Clock lebih tinggi, maka Xbox Series X lebih lemah hingga 1.4 Tflops tetapi bisa fitur Ray Tracing , Arsitekut GPU Terbaru dan GDDR6 VRAM. tetapi overall Radeon VII GPU yang dekat dengan GPU Xbox Series X

Kedua GPU Konsol ini sudah Support Ray Tracing yang dimana RX 5700 XT dan Radeon VII tidak ada Fitur Ray Tracing

Nah Jika dibandingkan RX 5700 XT dan Radeon VII, Radeon VII jauh lebih cepat diperfoma. tetapi tidak terlalu siginifikan berbeda, Hanya diangka Selisih 2-5%.

Bisa dilihat bahwa FPS di game pada RX 5700 XT tidak terlalu siginifikan Dibawah Radeon VII. dan Bisa jadi GPU di Konsol PS5 dan Xbox Series X lebih dari RX 5700 XT dan GPU Radeon VII ini karena Arsitektur yang terbaru, Optimalisasi SSD dan Optimalisasi lainnya. apalagi RAM yang digunakan GDDR 6, jauh lebih cepat Cycle antara SSD dan RAM maka mempengaruhi FPS game.

Kesimpulan

Yak angka angka ini hanya perkiraan kami pada Perfoma PS5 dan Xbox Series X, angka angka ini juga belum tentu benar dengan GPU yang Realnya, karena di kenyataanya, GPU konsol ini bisa jadi lebih cepat atau lambat, apalagi Tflops tidak bisa selalu dijadikan patokan Perfoma. Perfoma PS5 dan Xbox Series X juga bisa jadi Identik, walaupun terbukti di konsol sebelumnya (XB1<PS4) dan Kemungkinan besar Perfoma PS5 lebih kecil dibanding Xbox Series X tetapi keunikan di Kontroller SSD Masing masing konsol bisa jadi membaut kedua konsol ini mempunyai Perfoma identik.

Kembali lagil, Konsol adalah “Komputer” yang di desain mempunyai satu tujuan Khusus, Yaitu Gaming, maka jika Developer bisa lebih optimal dalam membuat game di konsol konsol tersebut. dan sudah rahasia umum konsol juga lebih optimal dibanding PC.

Jadi ga perlu khawatir mau pilih Playstation 5 atau Xbox Series X, yang Penting GAMING!, so Happy Gaming!

Sumber: TechPowerUp, Playstation Blog, Microsoft

Rekomendasi dari kami

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 × 3 =

Back to top button

Adblock Detected

Tolong matikan Adblock untuk mensupport kami