Gaming Opini

3 Fakta yang tak terduga tentang Final Fantasy 15

Final Fantasy 15 adalah game RPG yang dimana games ini memiliki grafis yang indah,serta gameplay yang memiliki banyak varian dan battle yang adikitf dan dinamis. Namun setiap games yang ada pasti memiliki beberapa kelebihan maupun kekurangan maka dari itu pada kali ini penulis akan memaparkan 3 fakta menarik tentang final fantasy 15 yang tidak terduga dan mungkin kalian belum tahu.

1. Berawal dari Final Fantasy Versus 13

Permainan RPG terkenal Final Fantasy 15 ini berasal dari games yang berjudul Final Fantasy Versus 13 dengan proyek awal Tetsuya Nomura sebagai sutradara,  beliau ini adalah desainer hampir semua karakter seri Final Fantasy yang ada.

Final Fantasy Versus 13 ini juga merupakan bagian seri cerita baru Final Fantasy yang dnamakan Fabula Nova Crystallis yang didalamnya termasuk FInal Fantasy 13 Series, Final Fantasy versus 13, dan Final Fantasy Agito. Yang kemudian menjadi games Final Fantasy 13 Series, Final fantasy 15 dan Final Fantasy Type 0.

Pada E3 2013, Square Enix yang merupakan developer dari seri FInal Fantasy mengumumkan bahwa nama Final Fantasy Versus 13 resmi diganti menjadi Final Fantasy 15. Seiirngan dengan waktu berjalan bahwasnya Square Enix mendadak menaruh beban berat kepada Tetsuya Nomura mulai dari Kingdom Hearts 3 hingga Remake dari Final Fantasy 7. Hal ini menggakibatkan Nomura-san harus melepaskan diri dari proyek Final fantasy 15 karena ia merasa tidak mampu apabila memaksakan menggerjakan proyek proyek tersebut, lalu proyek ini akhirnya diambil oleh Hajime Tabata yang merupakan sutradara dari Final Fantasy Type 0. Semenjak itulah beliau lah yang menjadi orang dibalik pembuatan Final Fantasy 15.

Tetsuya Nomura
Hajime Tabata

2. Waktu pembuatan yang hanya memakan waktu 3 tahun

Semenjak di isu isukan pada tahun 2006 lalu bahwasanya ada yang memiliki asumsi Final Fantasy ini merupakan games yang dibuat selama 10 tahun, padahal kenyataan games ini dikerjakan selama 3 tahun saja.

Proyek ini sebenarnya baru dianggap serius oleh pihak Square Enix pada tahun 2013. Setelah sebelumnya menggalami beberapa kendala seperti  tim development yang berganti ganti, lalu bergantinya sutradara yang semula Tetsuya Nomura menjadi Hajime Tabata, sehingga membuat Square Enix harus menyesuaikan kembali cerita dan melakukan perencanaan awal yang semua berkaitan denga manajerial development sehingga masalah tersebut terselesaikan dan baru dimulai lagi perkembangan proyeknya pada awal tahun 2014.

Namun pada masa development berlangsung bahwasanya ada masalah lagi terkait dengan Engine sehingga mereka harus menggeluarkan demo dengan judul Final Fantasy 15 Episode Blue Sky di tahun 2015 dengan tujuan untuk mencoba engine Luminos Studio yang ternyata engine ini masih berat untuk dimainkan oleh Console pada zaman itu. Hal ini terlihat dari frame drop pada scene scene yang memiliki grafis yang besar, lalu gambar yang buram serta lighting yang sangat menggangu. Akhirnya mereka mengganti engine mereka agar sesuai dengan console yang ada sehingga mereka harus kembali dari awal untuk mengerjakan proyek ini. Salah satu mantan dari pekerja Final Fantasy 15 berkata bahwa games ini dikerjakan hanya dalam waktu 3 tahun dengan waktu yang optimal atau maksimal diluar jam professional sebenarnya hanya membutuhkan waktu 1 tahun serta harus dirilis pada akhir tahun 2016 karena masalah kontrak kerja dengan pihak Square Enix.

3. Banyak Cut Scene dan kisah dari masing masing karakter dihapus ataupun dibuang didalam story games Final Fantay 15

Rumor yang beredar mengatakan ada kurang lebih 10 jam cut scene yang dipotong beserta story dari masing masing karakter Final Fantasy 15 yang dipotong hingga dihapus sama sekali didalam games. Banyak scene yang diperlihatkan di trailer akan tetapi pada akhirnya scene tersebut dihapus didalam games. Hal ini dikarenakan keterbatasan waktu dalam penggerjanya yang pada akhirnya memiliki dampak seperti ketidak jelasan story didalam games, adanya karakter yang jika dibuang pun tidak akan berdampak pada games, dan membuat para pemain games ini merasa kebingunggan. Untuk menggatasi hal tersebut bahwasnya Square Enix menggambil langkah yaitu membuat story dari games ini menjadi 3 part yaitu Part Games, Part Anime, dan Part Film yang berjudul Final Fanstasy 15 KingsGlaive. Walaupun begitu tetap saja kita akan merasakan kebinggungan dari cerita games ini.

Fachmi Dimas

Fachmi Dimas admin and content creator, DKM of Al Hidayah, Relawan Al Kahfi, and leader of IKRIMAH.

Rekomendasi dari kami

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 × five =

Back to top button
Close

Adblock Detected

Tolong matikan Adblock untuk mensupport kami