Gaming StuffPeripheralReview Sir!

Keyboard Review: Dareu EK880 Mechanical Keyboard

Hallo Noobs, bagaimana dengan kelengkapan gear mu? Sudah lengkap? Apa ada yang kurang? Well, kami punya satu mechanical keyboard budget nih yang mungkin cocok untuk para gamer. Tanpa basa basi lagi ini dia review Dareu EK800 Mechanical Keyboard.

Dareu EK800 Mechanical Keyboard

Keyboard Review – Legion Noob ID

Dareu EK800 Mechanical Keyboard merupakan ten key-less Mechanical keyboard buatan Dareu, perusahaan aksesoris gaming. Mungkin nama perusahaan ini cukup asing karena biasanya mungkin cuman mengetahui mengenai brand gaming budget lain seperti Digital Alliance, Rexus, Sades, Fintech dan sebagainya. Keyboard ini termasuk jajaran keyboard tier “mahal” tingkat ke dua yang dikeluarkan oleh Dareu. Nah apa aja sih fitur-fitur yang ada pada keyboard ini? Berikut adalah reviewnya.

  • Type: Mechanical Keyboard
  • Ukuran: 357 x 129 x 35 mm
  • Berat: 1kg
  • Switch: “D” Red (Outemu-like)
  • RGB: Yes
  • Macro: No
  • Hardware App: No

“D” Red Switch Mechanical Keyboard

Dareu EK800 Mechanical Keyboard ini diklaim menggunakan Switch Manufacture sendiri yaitu “D” Red Switch, Tetapi dilihat key ini persis dengan Outemu Red Switch, kloninganya Cherry MX Red. Jarak antar tombol juga lumayan dekat yaitu sekitar 2mm saja dan diklaim dapat bertahan hingga 50 juta klik. Sebab menggunakan Red Switch, maka suara dari mekaniknya itu tidak berisik atau tactile, jadi sangat cocok bagi kamu yang suka keyboard mekanik yang tidak berisik.

Saat menggunakan keyboard ini, keyboardnya itu sangat empuk dm sangat enak pada saat mengetik ataupun bermain game. Jika digunakan secara intens, keyboard ini tidak akan mengeluarkan suara tactile karena menggunakan Red Switch, maka tiddak usah takut membuat banagun seluruh rumah saat bermain game pada malam hari. Karena jaraknya hanya 2 mm, keyboard ini juga terasa cukup rensponsif.

Build Quality

Keyboard ini berjenis 10 keys-less, yang berati keyboard ini tidak mempunyai tombol Numberpad. Berati total hanya ada 87 keys pada keyboard ini. Bahan dasarnya itu plastik dan dari depan dan belakang itu terbuat dari plastik. Tetapi plastik dari keyboard ini tidak terasa “murahan”, cukup keras dan juga tahan banting.

Keyboard ini juga mempunyai bobot yang lumayan berat, sekitar 1 kg. Dilihat darii bobot dan materialnya saja sudah berasa seperti keyboard yang build quality-nya itu sudah mantep banget. Jadi keyboard ini durable ga? Yak durable kok!

Keyboard ini tidak terlalu float jadi masih agak kedalem dan terdapat banyak sela sela pada keyboard. Hal ini memungkinan jika ruangan kamu suka berdebu, kotoran bakal menumpuk didalam keyboard. Masalah ini bisa  kamu atasi dengan membersihkannya yaitu melepaskan switchnya

Tombolnya dapat di cabut pasang, jadi kamu bisa ganti pake costumized keys kesukaan mu. Minusnya switch pada keyboard ini tidak replaceable maka kalau terdapat kerusakan kamu harus membawa keyboard mu ke service center.

Kabel yang digunakan juga biasa saja dan kabel keyboard terasa murah serta USB nya tidak gold plate. Keyboard juga tidak dilengkapi oleh Cabel Management dibagian belakangnya.

BACA JUGA

RGB RGB dan RGB!

Dareu Mechanical Keybaord ini tentu saja punya fitur yang sangat penting dalam “gengsi” dan “nafsu” pada gamer, yaitu Lightning RGB. Manufaktur klaim bahwa keyboard ini mempunyai Lightnng RGB sebanyak 16.8 juta warna. Kami tidak bisa membuktikannya karena sulit melihat 16 juta warna langsung dari fisik dan juga tidak tersedianya app hardware.

Tapi RGB Lightning dari Keyboard ini sudah mantep banget untuk Budget Mechanical. Pertama, cahayanya terang banget, asoy deh kalo kamu main ditempat yang agak gelap. Kedua, mempunyai 18 mode cahaya! Banyak kan untuk sekelas keyboard Budget Mechanical.

Kamu dapat mengganti warna dan intensitas cahaya dengan mengklik tombol “function” di keyboard. Dengan menekan tombol fn lalu tombol F7-F12, =/- atau juga panah.

Tidak Terdapat App Hardware

Keyboard ini bagus banget, cuman sayang tidak ada appnya. Jadi keyboard ini tidak mempunyai fitur makro dan kamu tidak dapat mengontrol pencahayaanya melalui program.

BACA JUGA:

Fitur Lain dan Fitur Yang Tidak Ada

Fitur Lain yang terdapat pad keyboard ini adalah terdapat Tombol media, dengan menekan fn+F1 sampai F5. Fitur lain adalah jika kamu telah memaksimalkan atau meminimalkan Intesitas Cahaya atau Animasi cahaya, maka terdapat indikator dengan tombol “Caps Lock” dan “SCRLK” berkedip 2x.

Fitur yang umum tapi tidak ada adalah Kunci Tombol Windows. Keyboard ini tidak bisa mencegah Start muncul jika kamu ga sengaja pencet tombol windows.

Harga?

Harga keyboard ini sekitar 520 Ribu atau $42. untuk Keyboard dibawah 50 dolar ini kamu bisa dapat Keyboard 10 keyless dengan Mechanical Switch Red,Empuk Banget,dan RGB dengan 18 Mode dan 16.8 Juta warna. Cukup bagus sih. mungkin kamu bisa menambah sekitar 150-200 ribu lagi untuk membeli keyboard lain dengan fitur yang lebih lengkap (atau Tier 1 keyboardnya Dareu) tapi 520 Ribu dengan kenyamanan dan impesi yang diberikan…. Well Lumayan sih ga rugi!

Pengalaman Penulis

Pengalaman Penulis dalam menggunakan Keyboard ini (fyi,review ini ditulis menggunakan Dareu EK800) Cukup Terkesan. Pertama, Mechanical Switchnya itu Bekerja, Empuk banget pas kain, ga ada intrupsi dan klik itu Smooth mulus!. Kedua, tidak ada suara tactile yang keras, jadi kalem dan suara ketukannya itu elegan banget. Ketiga, RGBnya BOSS mantep!

Worth it?

Dengan harga 520 Ribu bisa jadi 480 Ribu saat diskon, sebenernya untuk standart Budget Mechanical mah agak Overpriced 100 ribu-an, Tetapi, kalo kamu memilih Varian Red Switch, Jadi Worth it.. Biasanya kamu harus merogoh kocek 600 Ribu keatas untuk mendapatkan Keyboard RED SWITCH, RGB yang terang, mode banyak, dan Build Quality yang bagus.

kamu boleh memasukan Keyboard ini kedalam wishlist mu.

Tags

Rekomendasi dari kami

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

one × two =

Back to top button
Close