Tech Tips n Tricks

Berikut Cara Agar PC “Shutdown” Total di Windows 10 – Tutorial Mematikan Fast Startup

Tutorial Mematikan Fast Startup

Windows 10 mungkin membuat PC mu jadi lebih ngebut dan cepat, tapi ternyata terdapat trik-trik dari Microsoft agar PC mu terasa cepat, salah satunya adalah booting ke Windows. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai solusi agar PC “Shutdown” total di Windows 10 – Tutorial Mematikan Fast Startup.

Salah satu loading yang menjengkelkan pada Windows adalah saat booting. Booting terkadang memakan waktu yang cukup siginifikan, apalagi jika kamu menggunakan Harddisk. Oleh karena itu, Microsoft menggunakan fitur yang dinamakan Fast Startup.

Sebelum Windows 8, kita mempunyai 4 option yaitu, Sleep, Hibernate, Shutdown dan Restart. Hibernate di atas Windows 8 sudah engga digunakan lagi (walau masih bisa dinyalakan kembali di Power Option) padahal Hibernate adalah fitur mematikan PC agar nantinya pas booting lebih cepet dibandingkan Normal Shutdown. Nah ternyata fitur Hybrid Shutdown ini yang menggantikan Hibernate. Maka dari itulah Shutdown Windows 10 itu ga bener-bener “mati”.

Penjelasan Mengenai Fast Startup

Jadi Fast Startup ini gabungan antara Normal Shutdown dan Hibernate dengan sedikit modifikasi. Jadi pas kita  Shutdown, Core dari Windows atau kernelnya itu disimpan ke Hardisk/SSD. Maka saat kita hidupin lagi, Windows langsung ready karena memang fitur utamanya memang sudah disiapin saat shutdown. Tapi pekerjaanmu engga akan disimpan. Jadi engga kaya hibernate yang semua data di RAM mu masuk ke HDD, tapi hanya komponen penting dari Windows yang masuk ke HDD.

Oleh karena itu, dengan fitur ini, booting Windows terasa lebih cepat, walaupun kamu menggunakan HDD. Tapi ada kelemahannya. Apapun yang berkaitan dengan komponen penting seperti Driver, atau HDD/SSD, akan mengakibatkan konfik pada saat Driver itu tidak sesuai dengan komponen inti yang disimpan. Hal ini mengakibatkan error seperti Blue Screen atau ketidaksesuaian file pada HDD.

Contoh: Jika kamu menggunakan HDD External di laptop lalu digunakan untuk download atau aplikasi aktif kemudian dicabut dan digunakan di PC. Setelah itu di PC tersebut dilakukan modifikasi folder. Nah saat kamu balik ke laptop, isi HDD mu akan terlihat tidak berubah. Namun saat kamu coba buka salah satu folder tersebut, terdapat error bahkan parahnya bisa terjadi corrupt.

Solusi Agar PC “Shutdown” Total. (Mematikan Fast Startup)

Caranya adalah mematikan Fast Startup yang memang diaktifikan secara otomatis. Berikut adalah caranya :

  1. Buka Settings (Tombol Start –>Tanda Gir).
  2. Lalu Masuk ke System.
  3. Pilih Power & Sleep.
  4. Pilih Adittional Power Setting.
    Atau kamu bisa Search di Windows Search “Power option”.
  5. Pilih Choose What The Power Buttons Do.
  6. Pilih “Change Settings that are currently Unavailable”.
  7. Matikan Turn on fast Startup.
  8.  (Optional) Hidupkan Hibernate.

Dengan solusi di atas, maka PC akan Shutdown Total. Saat kamu tekan tombol Shutdown semua yang ada di RAM akan di delete dan engga ada yang disimpan di HDD.

Kelemahannya jika kamu matikan Fast Startup adalah booting akan kembali lama apalagi jika kamu menggunakan HDD. (SSD masih ngebut!)

Kelebihannya, kamu tidak akan menghadapi error yang sudah dijelaskan diatas.

Apakah Fast Startup Harus Dimatikan?

Fitur Fast Startup sebenernya sangat berguna karena bikin loading booting jadi lebih ngebut terutama yang masih menggunakan HDD. Kami rekomendasikan untuk tetap dinyalakan.

Tapi jika kamu yang menggunakan Harddisk External sebagai storage aktif dan kamu tipe orang yang suka gonta-ganti PC seperti laptop di kantor dan PC di rumah, maka kami rekomendasikan matikan Fast Startup di kedua perangkat tersebut agar tidak terjadi error.

Dan bagi kamu yang suka otak-atik Driver ataupun komponen penting dari sebuah program, maka kami rekomendasikan untuk dimatikan juga.

Baca Juga

Jadi itu ya noobs, kegunaan dan tutorial untuk mematikan Fast Startup. Gimana? Apa langsung pada nyobain? Berikan komentarmu ya di kolom komentar.

Rekomendasi dari kami

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

four × three =

Back to top button

Adblock Detected

Tolong matikan Adblock untuk mensupport kami