Tech Tips n Tricks

Bagaimana cara mengcharger smartphone yang baik dan benar ? Tips charger battery smartphone

Hai noobs siapa disini yang report banget atau rempong dengan urusan battery? Wah kalo ada mah kalian bener bener mirip banget sama penulis. Nah noobs kali ini penulis akan memberikan tips berdasarkan penggalaman dan informasi ilmiah dari sumber lain.

Tips charger battery pada Smartphone

Battery pada smartphone

Baik noobs battery merupakan sebuah komponen yang sangat penting dari seluruh komponen pada smartphone Anda. Karena sebagus apapun tekhnologi yang digunakan ataupun seberapa canggih tekhnologinya tapi tidak ada battery akan menjadi percuma.

Jenis battery yang digunakan oleh smartphone ini ialah kebanyakan menggunakan Li-Ion atau Lithium Ion, LiPo atau Lithium-Polymer dan lain sebagainya tergantung dari jenis haper serta vendor hape tersebut.

Tentu saja dari jenis jenis battry yang ada di smartphone ini memiliki kelebihan dan kekuranganya masing masing, baik itu minor maupun major. Namun mereka ini memiliki kesamaan siklus atau ekosistem charger mereka. Maka dari itu penulis akan memberikan tips dan trick cara menghcarger secara universal dan tidak perlu ribet.

#1. Jangan menggunakan smartphone sampai habis

Ketika kalian menggunakan smartphone ini bahwasanya jangan sampai smartphone Anda habis. Mungkin boleh untuk beberapa kali akan tetapi jangan sampai keseringan. Hal ini dikarenakan mempenggaruhi umur battery.

Saran dari kami ini ialah pastikan kalian mengcharger hape Anda di persentasi 20%. Sebab untuk perangkat Idevice seperti Apple dan Ipad saja menyarankan konsumenya untuk mengcharger apabila persentase battery sudah ada di angka 20%.

#2. Chargerlah smartphone Anda menggunakan charger bawaan atau originalnya

Berikutnya yang paling penting dalam mengcharger smartphone Anda ini ialah pastikan Anda mengguakan charger bawaan atau charger original dari smartphone tersebut. Hal ini sangatlah penting sebab untuk mengidi daya battery bahwasanya pabrikan sudab mengseting sedemikian rupa untuk smartphone Anda.

Sehingga apabila Anda menggunakan charger yang bukan bawaaan atau charger lain, maka beresiko battery akan menggalami drop akibat perbedaan daya masuk ke battry yang sudah diatur oleh pihak pabrikan dan tekhnologi battrynya.

#3. Jangan charger smartphone dalam suhu yang ekstrim

Nah yang paling penting ini noobs! Jika kalian mengcharger battery smartphone Anda pastiksn smartphone Anda dalam keadaan cooling down. Semisal ketika kalian bermain games dan mau charger, maka kami anjurkan jangan langsung di charger.

Tunggulah dulu beberapa saat atau ketika smartphone sudah tidak panas, barulah Anda bisa mengcharger. Hal ini didasari ketika kalian bermain games maka daya battery akan keluar banyak dan arus ke motherboard membuat timbulnya panas.

Sehingga dikarenakan battry ini tidak bagus digunakan dalam kondisi panas maka disarankan untuk meredam panasnya tersebut.

#4. Jangan mengcharger smartphone sambil digunakan untuk suatu hal yang berat

Banyak yang bertanya seperti ini “apakah smartphone boleh digunakan sambil di charger?” Nah penulis pribadi menjawab boleh boleh saja asalkan tidak berat atau tidak panas. Kenapa bisa begitu? Sebab kembali ke point 3 bahwa battry tidak baik digunakan dalam suhu ekstrim.

Nah lantas apakah bermain games boleh saat dicharger? Jawabanya tentu saja tidak boleh. Sebab games ini memiliki computing yang berat akhirnya membuat motherboard ini panas. Apalagi daya battry juga akan diserap banyak. Sehingga dari sini jelas jangan menggunakan charger sambil main games.

 

Fachmi Dimas

Fachmi Dimas admin and content creator, DKM of Al Hidayah, Relawan Al Kahfi, and leader of IKRIMAH.

Rekomendasi dari kami

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

11 + 7 =

Back to top button

Adblock Detected

Tolong matikan Adblock untuk mensupport kami