Gaming Info

Yuk Kenali Sejarah Kelahiran PlayStation dalam Rangka Memperingati Hari Jadi yang ke-26 Tahun

Hei noobs, sekarang kita akan mengulik sedikit mengenai sejarah dari salah satu konsol terbesar yang pernah ada. Yak, konsol yang dimaksud adalah PlayStation dimana tepat pada hari ini berulang tahun yang ke-26. Sudah menjadi sebuah hal yang lumrah jika hampir semua orang pasti sempat memainkan jika tidak memiliki beragam variasi dari konsol yang sangat kolosal ini. Jadi sekarang penulis akan mengupas sedikit mengenai sejarah kelahiran PlayStation yang mungkin jarang diketahui oleh banyak orang.

Ide untuk menciptakan PlayStation tidak dapat dilepaskan dari sosok Ken Kutaragi yang sudah sangat jelas merupakan kreator dari konsol tersebut. Sebelum mampu menciptakan PlayStation, beliau sudah bekerja untuk Sony sejak 1970. Pria kelahiran tahun 1950 sempat membuat desain proyektor liquid-crystal-display meski sayangnya idenya ditolak oleh Sony. Baru pada dekade 1990-an, ia mulai memasuki masa keemasan yang bertepatan dengan hubungan romantis antara Nintendo dengan Sony pada masa itu yang pada saat itu sedang berupaya membangun industri video game.

Namun hubungan keduanya sempat merenggang pasca Nintendo ingin memiliki seluruh lisensi atas CD-ROM yang mereka berdua kembangkan. Sebelumnya Sony sempat menciptakan produk SPC-700 sound processor untuk konsol SNES milik Nintendo. Sebelumnya terdapat rancangan dari PlayStation dimana dapat memainkan game keluaran SNES yang urung terjadi karena perpisahan antara Sony dengan Nintendo. Perceraian kedua korporasi besar tersebut ternyata lebih berdampak ke Sony yang sempat ingin angkat tangan dalam pengembangan video game.

Namun hal ini urung terjadi sebab Ken Kutaragi mengeluarkan ultimatum jika akan resign dari Sony jika proyek pengembangan video game tidak dilanjutkan. Akhirnya gertakan Kutaragi mampu membuat Sony kembali melanjutkan proyek mereka dan akhirnya pada tanggal 3 Desember 1994 diluncurkanlah konsol PlayStation pertama yang dikenal dengan nama Play Station One atau PS1. Hal ini dianggap cukup berani sebab Sony sendiri dianggap masih minim pengalaman dalam menciptakan konsol video game mereka sendiri sebab sebelumnya cukup bergantung pada Nintendo.

Namun, meski dianggap sangat berani dalam mengambil langkah konsol PlayStation nyatanya menjadi salah satu produk paling laku dijual hingga saat ini bahkan melebihi produk keluaran Nintendo. Visi dan keberanian Kutaragi menjadi salah satu penyebab di balik kesuksesan dari PlayStation hingga saat ini. Inovasi yang dibawakan Ken Kutaragi terutama dalam masalah grafik yang sudah menjangkau animasi tiga dimensi serta kehadiran controller dual analog menjadi kunci utama dari kesuksesan PlayStation di awal perilisannya. Game Ridge Racer yang dikembangkan dengan bantuan Namco menjadi salah produk unggulan dari PlayStation di masa awal-awal perilisan mereka. Meski demikian, mereka sempat kalah dengan Nintendo yang merilis konsol SEGA Saturn pada hari pertama perilisannya meski kelak akan membalap jumlah penjualan Nintendo di bulan pertama penjualan. Secara keseluruhan konsol PS1 menjadi konsol pertama yang mampu terjual sebanyak lebih dari 100 juta unit dengan menyediakan lebih dari 8000 game untuk dimainkan.

Setelah mengalami kesuksesan dengan Play Station One, Sony kembali meraih kesuksesan pasca meluncurkan produk sekuel dari konsol mereka yaitu PlayStation 2. Hal ini kembali menunjukan taji dari “Crazy Ken” sebagai pebisnis yang ulung dimana Sony mampu meraup keuntungan sebesar miliaran dollar dari penjualan konsol tersebut. Hingga saat ini PlayStation tetap mampu terus memproduksi konsol dimana baru saja dirilis PlayStation 5 sebagai produk terbaru dari mereka.

Selamat ulang tahun PlayStation, semoga dapat terus bertahan dan tetap memberikan hiburan terbaik bagi para gamers di seluruh dunia.

Dapatkan informasi mengenai Playstation 5 Di Legion Noob ID. Sejarah Playstation

Rekomendasi dari kami

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

six + 16 =

Back to top button

Adblock Detected

Tolong matikan Adblock untuk mensupport kami