Playstation 4Review Sir!Wow Review

Wow Review: Marvel’s Spider-Man (PS4)

Hallo Nubs! Sudah lama tidak review game. Tapi kali ini penulis akan review game yang pernah menjadi GOTY 2018 nih, yak ini dia :

Marvel’s Spider-Man (PS4)

Legion Noob ID – Wow Review

Marvel’s Spider-Man adalah game bergenre Action SuperHero buatan Insomniac Games. Insomniac ini juga merupakan developer dari Rachet n Clank, Sunset Overdrive dan Spyro. Publisher dari game ini adalah Sony Interactive Entertainment (SIE) loh! Ya karena publishernya SIE maka game ini merupakan Game Exclusive untuk Playstation 4. Marvel’s Spiderman merupakan salah satu game Exclusive PS4 yang terlaris, disamping Horizon Zero Dawn, dan God of War. Mungkin pembaca yang sudah tidak asing dengan game Spiderman yang ada di PS2 atau PS3 akan lebih terkejut lagi dengan Spiderman current gen ini, sangat berbeda dan jauh lebih bagus!

Story

Mungkin bagi gamer yang pernah mainin game Spiderman terdahulu dan pernah melihat Movienya yaitu Spiderman 2, sudah ga asing lagi dengan karakter-karakter yang ada di game ini. Story sebenernya sudah bagus banget, sangat matang dibuatnya, narasi dan storytellingnya juga menarik dan bagus

Game ini menggunakan plot dengan alur Maju, ditambah dengan beberapa surprise pada pertengahan cerita. Tapi tergantung kepada gamer, jika gamer tidak asing dengan karakter karakter karena pernah menonton film Spiderman, kalian akan tau kedepannya seperti apa. Namun untuk First timer, kemungkinan besar akan terkejut dan tidak menyangka nyangka!

spiderman ps4 - idlegionoob

Progress cerita pun sudah berjalan sangat baik, dari hubungan Peter Parker sebagai karakter utama kepada karakter lain, Seperti Mary Jane, Aunt May dan beberapa antagonist nya. Tak luput juga storytelling dari side questnya yang menarik banget, bahkan ada beberapa “Easter Egg” bagi para fans marvel itu sangat penting dan menarik jika bisa didapatkan. Apa aja isi Easter Eggnya? Mainin dulu gamenya dong!

Storynya sudah dipresentasikan dengan bagus banget, apalagi ditambah Podcastnya JJJ, lalu ocehannya Peter Parker dan guyonan khasnya yang ngebuat game ini lebih hidup

Gameplay

Jaring Segalanya

Hal yang unik dari game Spiderman ini adalah mekanisme Web atau jaringnya. Pada game ini Web Swing-nya itu sangat bagus tanpa ada cacat sekalipun, seperti game terdahulunya kaya Spiderman 2 di PS2, cuman di sini jauh lebih baik. Kalian bisa jauh lebih cepat Web Swing-nya daripada game terdahulunya, ditambah animasi dan juga game logic yang sudah lebih canggih, kalian seperti mengontrol “real” Spiderman kaya di film-film.

Fighting Mekaniknya juga sudah pasti ada kaitannya dengan jaring, seperti Mengingkat musuh, ataupun Throwing musuh menggunakan Web, dan segalanya sudah pasti ada. Apalagi untuk Spiderman di PS4 plotnya sudah dimasa sekarang dimana peralatan makin canggih begitupun gadget milik si Peter Parker.

Penggunaan “web” di game ini sangat sangat bagus, mungkin saat awal-awal game kalian akan terus-terusan menggunakan Web Swing antar gedung-gedung di Big Apple ini. Apalagi game ini Open World, jadi ga usah misi kamu ingin berayun ayun di kota pun sah-sah saja

Fighting Mechanics

Fightingnya tidak jauh beda dengan Game sebelumnya, cuman Mash Button sampe musuh K.O, bedanya ya ada beberapa musuh yang diperlukan strategi, seperti penggunaan jaring, ataupun kombo kombo move itu diperlukan dalam mengalahkan musuh. Effect pada fightingnya juga bervariasi dan meperoles dari gameplay.

Game ini juga tidak luput dari QTE atau Quick Time Event, ya dimana kamu harus menekan tombol dengan tepat. biasanya jika fightingnya berlanjut sampai cutscene, tetapi jika sedang free roam atau fighting biasa,QTE ini tidak akan muncul. Game ini menggunakan tipe Action Hit-Evade-Hit-Evade. seperti game terdahulunya kamu dapat mengetahui kapan spidey akan kena pukul.

Fightingnya juga tidak hanya spidey mukul mukul ataupun penggunaan jaring aja, ada beberapa benda yang dapat digunakan untuk memberi “Damage” kepada musuh. jadi kamu dapat sekreatif mungkin membuat gaya bertarung keren mu sendiri. ditambah Gadget gadget yang lumayan bervariasi juga menambah Fighting nya lebih keren.

Collectible for Upgrade, Level For Skills

Game ini menggunakan Collectible jika kamu ingin mengupgrade Gadget mu ataupun membeli Suit Spidey yang macem macem rupanya. ada beberapa token yang beda, Ada token yang memang Collectible, kamu harus mencarinya di sudut sudut kota ataupun berbentuk seperti Side Mission. bahkan ada Challenge, semakin bagus perfoma mu token yang diberikan akan semakin banyak. jadi tidak ada “Currency” disini

Spiderman juga menggunakan sedikit Element RPG yaitu level, dimana jika kamu menyelesaikan Main Mission,Side Event, Collectible ataupun sekedar melawan musuh kamu akan mendapatkan EXP, setiap level kamu akan medapatkan Skill point dan kamu dapat memperbanyak skill mu. dan setiap beberapa level naik, Damage dan HP mu akan bertambah, ya common sih.

Game ini Bebas Microtransaction, Kamu harus ngumpulin Token token tersebut untuk membuka Suit Suit kerennya. DLC tetap ada sebagai Expansion aja, Expansion ini juga terdapat suit suit baru. Fair Enough.

Game Mechanics

Grafik

Grafis ga usah ditanya, Grafik di game ini sangat memukau dan bagus. penggambaran Kota New York pun dibikin serupa oleh aslinya. suasana The Big Apple ini juga dibikin semirip mungkin. walaupun ada beberapa blok dimana terdapat bangunan dari Fiksinya Dunia Spidey.

Global Ilimunation, Texture, Shader, Water Quality dan Shadownya benar benar dipoles sebagus mungkin, benar benar mendorong Kekuatan PS4 sampai ke batas limit. Facial expression juga tidak ada cacat, semuanya terlihat natural dan bagus.

Audio dan Voice Overs

Audionya ini energetik sekali, apalagi jika Web Swinging, Soundtrack khas khas Super Hero gitu. BGM dari Fightingnya,suara web ataupun lainnya juga sudah sangat bagus dan jernih.

Marvel’s Spider-Man_20190819203526

Perfoma Voice Overnya juga tinggi, Tidak ada yang terlihat seperti baca script, semuanya terlihat natural dan real. guyonan ala ala Peter Parker pun juga masuk Komedinya. Persentasi yang sangat baik dari Voice Actor/Actress nya!

Kontrol

Kontrol pada game ini agak membutuhkan waktu untuk beradaptasi, apalagi pas combo combo pada Fighting Mechanicsnya. Dan juga Web Swinging bisa bikin kamu sedikit “emosi” karena Penargetan Web nya kadang kurang akurat,apalagi pada saat kamu sedang menjalankan challenge, kamu benar benar harus konsentrasi dan bersabar agar kontrolnya tidak messed up.

Overall, Jika kamu udah tau cara mengkontrolnya, Game ini Fluent aja.

Marvel’s Spider-Man_20190820115916

Perfoma

Game ini Dijalankan di Playstation 4. Sangat Optimize. ada beberapa section dimana FPS Drop, cuman overall, tidak Drop yang nyata hingga game breaking. berikut adalah Perfomanya

Base PS4:

Resolusi: 1080p

FPS:

Web Swinging 28-30 FPS

Fighting: 30 FPS

Game ini juga tidak mungkin lari dari BUG, Penulis menemukan Game Breaking Bug, dimana kamu ga bisa melanjutkan progress mu dan harus Abandon Misi kamu atau Reload to Checkpoint agar bug itu hilang. jadi berhati hati saja pas main dan bersiap siap jika kamu kurang beruntung akan menghadapi Bug.

Glitch Animasi juga terkadang muncul, beberapa video di youtube memperlihatkan glitch glitch tersebut, cuman saat penulis review, belom pernah sekalipun Glitch terjadi, di Spidey maupun Musuhnya.

Marvel’s Spider-Man_20190820120310

Keuntungan Bermain Game Ini

  1. Hiburan, Sudah pasti lah ya tujuan dari game adalah menghibur, dari perpaduan grafik, cerita dan guyonan Peter Parker sudah dijamin kamu akan terhibur saat memainkan game ini
  2. Konsentrasi, Web Swinging ini butuh konsentrasi, apalagi saat Fighting, kamu harus melihat Pattern musuh mu, Move mana yang harus digunakan, Gadget apa yang cocok. Ada beberapa mini games yang menggunakan penalaran mu, jadi mantep deh
  3. Kelincahan, kamu dapat melatih kelincahan mu di game ini, inget saja combo combo dan pattern musuh, kalau perlu ditambah web swinging.

Verdict

Game ini bisa bilang AMAZING, yak karena benar benar dipoles sedemikian rupa. Insomniac Games memang jago dalam mekanisme game, apalagi dengan Game Marvel Spiderman ini, jauh lebih mantap dan menghibur. Yang punya PS4, WAJIB MAIN GAME INI!

 

[penci_review id=”4093″]

Marvel's Spider-Man (PS4)

Overall - 9

9

Luar Biasa!

AMAZING SPIDERMAN! Kudu Beli!

User Rating: 5 ( 1 votes)

Rekomendasi dari kami

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ten + 13 =

Back to top button
Close