Review Sir!Wow Review

Wow Review: Final Fantasy VII Remake

Holla Noobs, Lagi Karantina begini enakan memang main game ya, ada beberapa game yang sudah rilis di April 2020 ini, nah Termasuk Final Fantasy VII Remake nih, kita akan Review Final Fantasy VII Remake!

Final Fantasy VII Remake

Legion Noob ID – Wow Review

Review: Final Fantasy VII Remake merupakan remake dari seri ke-7 franchise Final Fantasy. Game tersebut merupakan game Playstation 1 yang   rilis pada tanggal 31 Januari 1997, sedangkan versi remake yang tersedia di platform Playstation 4 akan dirilis pada tanggal 10 April 2020. Game ini dikembangkan serta dipublikasikan oleh Square-Enix. Game remake ini merubah susunan gameplay dan mekanisme game Final Fantasy VII ke dalam ranah gaming modern. Nah, berikut adalah review kami atas game tersebut.

Keterangan: Gambar yang digunakan hanya dari demo dan early game, jadi Spoiler Free!

Story (No Spoiler)

Review Final Fantasy VII Remake kita awali dari unsur story. Story game tersebut dijamin seru banget! Mungkin yang sudah pernah main secara tekun Final Fantasy VII versi PS1 pasti sudah mengetahuinya dan kemungkinan para “veteran” FF7 ini bermain versi remake hanya untuk sekedar revisit serta mencoba FF7 di platform konsol generasi ke-8.Secara keseluruhan, story game tersebut menarik sekali bagi game dengan genre fantasy.

Story-telling dari game tersebut  disampaikan secara baik. Pertama, cutscene itu sudah pasti tersedia di dalamnya. Final Fantasy menggunakan cutscene-nya secara baik dalam menceritakan benang merah cerita. Hal ini sudah didapatkan dari jaman PS1 sampai sekarang. Intinya, story-telling berupa cutscene-nya tidak pelit.

FINAL FANTASY VII REMAKE DEMO_20200303160304

Lalu, story-telling selanjutnya dibungkus di dalam dialog saat gameplay game tersebut. Penyampaian dialog juga bagus, meski hanya sebatas dialog ringan antara karakter tetapi hubungan dengan cerita tetap ada. Pencapaian cerita melalui gameplay juga sudah bagus. Presentasi yang dibawakan telah benar-benar membuat pemain mengerti jalanya cerita.

Sebagai Informasi, cerita dari FF7: Remake ini tidak semuanya akan dirilis, kemungkinan Square Enix akan merilis bagian-bagian selanjutnya di waktu mendatang. Kalau dingat-ingat, FF7 Original memakai 4 cd di PS1, sehinga penggunaan sistem “DLC” per bagiannya sangat dimungkinkan. Tetapi, story dari FF7 : Remake ini dibuat lebih “detail” sehingga beberapa perubahan tidak akan membuat fans khawatir secara berlebihan.

Gameplay

Hybrid Action RPG

Jika Final Fantasy VII yang original itu turn based RPG, nah untuk yang remake terdapat beberapa perubahan. Model battle di FF7: Remake adalah action RPG. Jika kalian pernah bermain Kingdom Hearts Series yang memiliki sistem battle yang mirip dengan FF7. Final Fantasy 7 : Remake ini linear dan tidak open world, mirip dengan Kingdom heart kok. Terdapat juga beberapa side mission dan bisa fast travel untuk melanjutkan misi yang lewat dan bisa dibuat grinding.

Ada 2 Tipe cara permainan yaitu normal dan classic. Untuk Normal, kalian secara langsung menyerang sekaligus memilih menu untuk casting spell atau menggunakan item. Untuk yang classic, karakter akan defense dan attack secara otomatis dan kamu tinggal memilih menu item atau spell. Classic ini terdengar seperti “very easy” ya? Namun, menurut kami itu semacam model gameplay saja, tetapi memang jadi terlalu mudah gamenya.

Apakah menggunakan hybrid action RPG di sistem battlenya itu ide yang bagus untuk game yang sudah dikenal dengan turn basednya? Well, kenapa tidak? Gamers atau fans bisa bermain game ini dengan tipe fast paced atau mementingkan kelincahan dan ketepatan pemain dibandingkan strategi berpikir. Menurut kami hal ini tidak terlalu buruk

Beberapa orang mungkin tidak biasa dengan tipe sistem battle model RPG seperti ini. Hal ini akan membuat  orang akan merasa dia harus diam terlebih dahulu dalam memlilih menu dan itu bisa membuat karaktermu kena “free hit” dari musuh atau memang ribet aja secara umum. Tetapi untuk model game seperti ini, sistem battle action RPG seperti ini sudah baik, tinggal penyesuaian gamers dengan kontrolnya saja.

Jadi di dalam menu terdapat menu spell dan item, lalu terdapat kontrol tersendiri untuk mode menyerang, ya seperti Kingdom Heart kan? Tetapi FF7 ini lebih baik dalam mengimplementasikan tipe model RPG ini pada kondisi gameplay-nya dibandingkan dengan RPG yang mengandalkan “slot” untuk spell dan item. Dengan cara ini kamu bisa bebas menggunakan semua item yang diizinkan.

Sistem battlenya juga tidak perlu digunakan secara bergantian, langsung saja klik command dan karakter langsung bisa menyerang, defense dan casting spell secara langsung.

Progressive System

Untuk sistem progressnya, ya RPG, kamu bisa menaikkan level untuk menambah stats. Lalu menggunakan SP untuk menaikkan skillsmu, mengupgrade senjata, upgrade material dan spell dan sebagainya. Yak, hal-hal tersebut memang menjadi “budaya” di dalam game Final Fantasy.

Tidak hanya skills dan level, game ini juga punya beberapa equipment untuk membantu statsmu. Equipment ini bisa kamu beli atau loot drop. berbicara mengenai loot, kamu bisa mendapatkan beberapa loot pada saat jalan  maupun bertarung. Seperti uang, item untuk upgrade dan juga potion atau item support lainnya.

Jika diamati, sistem progressnya memang menggambarkan bahwa Final fantasy VII : Remake ini sudah lebih fokus kepada battle dan cinematicnya, tetapi cerita tidak dikurangin kok!.

Party dan ATB

Nah, game RPG apa yang tidak ada party? FF7 Remake ada party dong! Kamu bisa juga mengontrol party-mu, jadi tidak terkontrol di vloud saja. Masing-masing party juga mempunyai status, equipment, dan spell tersendiri, jadi kamu ga hanya ngurus cloud saja agar gameplay-mu menjadi baik.

Dalam menggunakan party, sistem battlenya menjadi lebih baik tapi tricky. Ada semacam ATB, yang berupa semacam Action Bar. ATB ini digunakan untuk cast spells dan menggunakan item support masing-masing. Anggota party bisa menggunakan item untuk ke anggota lain tapi dengan menggunakan ATB mereka.

Jadi memang tidak bisa secara langsung menggunakan item dan spells secara terus menerus, harus ada jeda agar gameplay tidak terlalu mudah. Dengan ATB ini, dimana game menyuruhmu untuk berfikir prioritas dan strategis. Yak, unsur originalnya masih ada.

Side Quest, Missable Item!

Sudah disinggung bahwa Final Fantasy VII : Remake ini linear dan tidak open world semacam Final Fantasy XV, tetapi di game ini terdapat Side Quest yang bisa membuat kalian sibuk sejenak. Side quest juga memilki story masing-masing yang menarik.

Side Quest bisa missing ga? Bisa! Kamu bisa miss side quest, item dan event! Terdapat 27 side quest di game, dan sebaiknya kamu habiskan sebelum lanjut ke story utama. Lalu ada Item-item yang bisa lewat padahal item tersebut membantu menaikkan statsmu dan juga event-event yang menarik. Jadi kalem aja main gamenya!

BACA JUGA

Game Mechanics

Controls

Sudah disinggung di bagian gameplay bahwa Final Fantasy VII : Remake ini hybrid action RPG. Dia menggunakan command dan menu untuk casting spell, attack dan menggunakan Item. Untuk kontrol sebenarnya tidak buruk, tapi memang untuk new comer yang baru masuk ke ranah RPG Square Enix ini harus ada penyesuaian kontrol.

Kontrol bisa dibilang agak ribet, tidak hanya kamu harus fokus kepada musuh untuk Attack dan Defense, tapi pula kamu harus memilih menu untuk menggunakan item dan Spells. jadi fokus mu terbagi dan karakter mu bisa jadi “Free hit” untuk musuh. tapi dengan penyesuaian kontrol, overall kontrolnya smooth, tidak ada Delay dan lancar jaya. Button Mapping juga sangat dimengerti, Masing masing karakter mempunyai Button Mapping yang sedkkit berbeda, jadi luangkan waktu mu untuk membaca kontrol.

Graphics

Wah Graphics Final Fantasy VII Remake ini memukau banget, Dari Textrure Lightning,Shadow dan Karakter modelnya bener bener bagus. Yang paling menonjol pada Lightning dan Shadownya, bener bener Memukau. mungkin kalau Final Fantasy VII remake Rilis di PC, game ini bisa diimplementasikan Teknologi RTX biar lightningnya bisa lebih alami lagi.

Untuk Texturenya juga sudah bagus, kami menggunakan PS4 Original dan memang ada sedikit MEdium Quailty di Texturenya, Kami juga melohat Ambient occlusionya agak sedikit kurang di game ini, mungkin Terbatas di PS4 saja.

FINAL FANTASY VII REMAKE DEMO_20200411204428

Desain Modelnya bagus banget, Bentuk tubuh karakter, Rambut dan Animasi Facialnya sudah bagus banget. Lalu Game Physicnya juga lumayan, Kamu bisa melihat beberapa benda bergerak secara alami dan tidak kaku. Anti Aliasinng menggunakan TAA, tapi kalau Karakter atau beberapa objek yang bergantung kepada Anti-aliasing itu Menjauh dari kamera, Jaggies bakal terlihat.

Penggunaan Motion Blur dibatasi, Untuk Cutscene digunakan dibeberapa event dan Gameplay kemungkinan menggunakan Motion Blur pada tingkatan Low.

Kalau dibanding dengan Versi PS1, Wah Lompatan nya sangat Jauh!,  lompat 3 Generasi Konsol, dari Kelima sampai ke delapan, dari yang Polygon sampai bentuk sempurna.

Sounds

Untuk Soundtrack Final Fantasy mah udah Rajanya. Final Fantasy VII Remake menggunakan Soundtrack yang ada pada Originalmnya, tapi lebioh bagus dan terdengar lebih “modern”. Soundtracknya enak didengar dna menambah semangat bermain

Suara Effeknya juga bagus, dari suara senjata, Tebasan pedang, bomb dan lainnya sudah cocok dengan Tema Final Fantasy. Tidak ada yang ahrus di komplain

Untuk Voice Actingnya, nah mungkin disini ada kekurangan sedikit, kami mendapat di beberapa scene dimana karakter Lipsync tidak singkron dengan VA nya. Dan ada beberapa scene dimana VA terdengar membaca teks dan tidak terhubung dengan suasana dan kondisi di game. VA untuk karakter Laki laki overall sudah Singkron, tetapi untuk Karakter perempuan ada beberapa scene yang kurang. Tapi overall scene, VAnya sudah sangat baik dalam memperentasikan Gamenya.

Perfomance

Untuk perfoma, Final Fantasy VII ini berjalan dengan baik, jika biasanya Final Fantasy zaman dulu pake Pre Rendering Cutscene, Untuk final Fantasy VII menggunakan  REAL TIME RENDERING. jadi terdapat perpaduan Mulus dari cutscene ke gameplay. game ini menggunaka Unreal Engine 4 dan berikut adalah perfoma di PS4

Base PS4

1080p (1920×1080) Dan menggunakan Resolusi Dinamis, Tetapi tidak terlalu tampak Drop Secara menerus. 30 FPS Smooth dengan Drop yang sangat jarang

PS4 Pro

Diatas 1440p Sedikit dan menggunakan Resolusi Dinamis: 30FPS Smooth di semua scene.

Ada Beberapa Scene dimana objek itu menggunakan Texture yang sangat low, bahkan ada beberpaa objek yang Resolusinya Rendah banget, padahal total Resolusi di 1080p ke 1440p. Dan Untuk Shadow juga ada beberapa Missing. Semua Masalah tersebut didapatkan di PS4 dan PS4 Pro.

FINAL FANTASY VII REMAKE DEMO_20200303164605

Keuntungan Bermain Game ini

  1. Melatih Konsentrasi, Konsentrasi sudah pasti. Game ini banyak mengandalkan Gaya serang dan penggunaan Item
  2. Melatih Kelincahan, karena Sistem Hybrid RPG yang digunakan. maka kamu harus dapat melihat pola serang dari musuh dan bertindak sesuai secara tepat dan lincah
  3. Melatih Strategi, Karena ini game RPG, terdapat Spells, Item, dan Materia. disini kamu bisa melatihs trategi dan hal Prioritas, dan keefektifan Item. Plus ditambah ATB sistem pada Party yang melatih dalam memilih Prioritas.

Verdict

Itu Dia Review Final Fantasy VII Remake ini, Game ini keren banget. dengan berubahnya Sistem battle dan dibuat dengan grafis dan Engine kekinian, Final Fantasy VII Remake ini menjadi salah satu game Remake yang sukses.

 

 

 

 

Final Fantasy VII Remake

Overall - 9

9

Luar Biasa!

Final Fantasy VII yang tadinya Poligon jadi punya bentuk.

User Rating: Be the first one !
Tags

Rekomendasi dari kami

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

18 + five =

Cek ini juga

Close
Back to top button
Close

Adblock Detected

Tolong matikan Adblock untuk mensupport kami