Gaming NewsPC TechTechnology Info

Valve Umumkan PC Gaming Handheld Yaitu Steam Deck

Hari ini, Valve baru saja mengumumkan suatu hardware yang sangat menarik yaitu PC Gaming Handheld yang bernama Steam Deck.

PC Handheld memang lagi populer untuk beberapa tahun ini dimana banyak brand yang membuatnya seperti GDP, One XPLayer, bahkan Dell dengan Alienware PC Handheld Portablenya. Hal ini dimaksudkan untuk membawa pengalaman PC (Windows dan aplikasinya) ke Handheld layaknya HP. Untuk kali ini, memuat berbagai PC Gaming seperti PSP atau Nintendo Switch.

Steam Deck dibuat oleh Valve ini digadang akan menjadi PC Gaming Handheld terkuat. Ya benar saja sih, sebab diiklannya Handleheld ini bisa menjalankan game AAA seperti Star Wars Jedi Fallen Order. Lalu, seperti apa sih speknya?

Spek dari Steam Deck adalah sebagai berikut:

  • Prosessor: AMD APU Zen 2 4 Core/8 Threads, 2.4 Ghz-3.5 Ghz
  • GPU: 8 RDNA 2 CU, 1.0 Ghz,1.6 Ghz (1.6 TFlops FP32)
  • RAM: 16GB LPDDR5
  • Storage: 64GB EMMc, 256GB NVMe SSD, dan 512 GB SSD. termasuk SD Card Slot
  • Layar: 1280×800 7″ at 60Hz
  • battery: 40Whr, sampai dengan 8 Jam Gaming
  • OS: SteamOS (Berbasis Linux)

Wah, Speknya lumayan yah. kalau dibandingin dengan Komponen PC, CPU Pada Steam Deck Setara Dengan Ryzen 3 Mobile lebih tepatnya Ryzen 3 3500U dengan Boost Speed yang agak lebih pelan

Untuk GPU-nya, kali ini Steam Deck menggunakan APU atau VGA bawaan dari CPU dengan 2 CU di 1.6 Ghz dengan Score 1.6TFlops. Kalau dibandingkan dengan produk AMD lainnya, GPU ini kemungkinan akan mempunyai perfoma setara Radeon RX 550.

Selanjutnya, RAM-nya udah kencang banget, menggunakan DDR5 di 5000Mhz. Jadi, walaupun sharing dengan APU, perfoma komputermu juga akan masih lebih cepat karena sudah menggunakan DDR5 RAM.

Untuk masalah desain, Steam Deck berbentuk seperti Switch dengan style layout mirip PS Dualshock. Perbedaannya adalah letaknya jauh dibagian atas, lalu ditengah terdapat dua trackpad yang bisa digunakan sebagai mouse atau kontrol. Bisa dibilang mirip seperti Steam Controller.

Untuk OS, Steam Deck sudah dipasang STEAMOS yang berbasis Linux, lebih tepatnya berbasis ArchLinux. Dengan Linux yang mempunyai Proton API, kamu bisa memainkan 78% game terbaik di Steam dengan lancar! OS ini juga sudah didesain sedemikian rupa oleh Valve agar terintegrasi kuat dengan Steam. Jadi kalian bisa bisa langsung bermain game tanpa harus setting terlebih dahulu. Kalian tinggal login terus langsung dapat menikmati game yang kalian pilih.

Tapi kalau yang ingin install ulang, Steam Deck juga bisa install Windows 10 atau mungkin normal Linux seperti Ubuntu, POP OS ataupun Arch Linux. Harga dari Steam Deck dihargai mulai dengan $399 atau 5.8 juta Rupiah setara dengan Nintendo Switch dan PS4 Pro. Karena masih sangat baru, maka kemungkinan yang dijual adalah versi 64GB eMMC. Untuk versi SSD 256GN dan 512 GB, kemungkinan akan lebih mahal lagi.

Sayangnya, untuk saat ini Steam Deck baru bisa di wishlist ataupun direservasi langsung dari Steam, tapi Belum tersedia di Indonesia. Mungkin kita harus menunggu impor dari toko game konsol atau toko PC favorit mu masing-masing.

Rekomendasi dari kami

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

19 − 15 =

Back to top button

Adblock Detected

Tolong matikan Adblock untuk mensupport kami