Tips n Trick

Tips Memilih Monitor Untuk Gaming – Penjelasan Tipe Panel Monitor, PPI dan sebagainya

Gaming di PC maupun konsol udah pasti butuh Layar yang dapat menampilkan Gambarnya. ya kan? apalagi untuk gamer PC yang membutuhkan Monitor karena memang cocok untuk situasi bermain pada Meja, jika konsol lebih ke TV karena lebih enak nyender di sofa ruang keluarga. tapi kadang Gamer Konsol juga kadang main di Monitor karena Monitor punya “Warna” yang lebih akurat. penting ga si buat gaming hal gituan? berikut kami akan berikan Penjelasan Tipe Panel Monitor untuk tips memilih monitor untuk gaming

Pada tips kali ini, kami akan jelaskan apapun yang berkaitand engan monitor untuk gaming. Dari ukuran layar, Lalu penjelasan mengenai Tipe Panel contohnya: VA, IPS, TN dan sebagainya. lalu penejlasan emngenai PPI dan Jarak dari Monitor dan Mata (Viewing Distance) dan juga Tips memilih Monitor untung gaming sesuai budget mu. berikut adalah Tips Memilih Monitor Budget untuk gaming dan penjelasan mengenai Tipe Panel,PPI dan sebagainta

Kita awali dengan penjelasan terlebih dahulu

Penjelasan

Macam Macam Tipe Panel Monitor

mengawali Penjelasan Tipe Panel Monitor untuk tips memilih monitor untuk gaming. Kita akan jelaskan tipe panel dulu, mungkin jika kalian liat Marketplace, terus nyari monitor dan aps dilihat di Judulnya ada tulisan “IPS” atau “VA”. kira kira apa itu IPS? apa itu TN? Bagusan VA atau IPS? nah kita jelasin semua tipe panel yang ada berikut ini.

IPS Panel

Apa itu IPS Panel? IPS atau “In-Plane Switching” merupakan monitor yang menggunakan cairan kristal (LCD) yang disejajarkan secara pararel untuk menciptakan sebuah Warna yang banyak. Pada IPS Panel, Warna pada Monitor jauh lebih akurat dan konsisten dibanding panel lainnya, tetapi ada beberapa kekurangan yang ada pada IPS. berikut adalah Kelebihan dan kekurangannya

Kelebihan IPS Panel

  • Warna jauh lebih akurat dan konsisten (Black levelnya lebih bagus)
  • Mempunyai Viewing angel yang Maksimum jadi gambar tidak jadi jelek pas kamu melihat ke sisi samping monitor.
  • Tidak terlalu memantulkan cahaya matahari, berkat Backlightning dan viewing anglenya
  • Lebih tahan lama dari gejala Kecacatan (Dead Pixel/Stuck Pixel, ataupun Backlight Bleeding)

Kekurangan IPS Panel

  • Response Timenya yang Kurang Cepat, IPS kadang hanya bisa mencapai 5ms Response Time
  • Tidak dapat mempunyai Refresh Rate yang tinggi, paling tinggi 90hz
  • Produksi IPS agak lebih mahal dibanding TN panel.
  • Contrast Rationya Kurang Bagus.

Kesimpulan, IPS ini Lebih bagus kalau kamu ingin punya Monitor dengan Viewing Angel yang bagus, Dan keakuratan dan Konsitensi Warna yang tinggi. (Contohnya: Professional). Tidak terlalu cocok bagi kamu yang suka ngegame yang butuh keakuratan dan kecepatan (Seperti CSGO). IPS digunakan pada Monitor Mid-End dan juga Laptop PC.

Opini Penulis: IPS memang jauh lebih enak untuk digunakan untuk Professional seperti Editing Foto, Video,Programming. Lalu Kerjaan kantor dan menonton beberapa film. tetapi untuk Gaming hanya cocok untuk game yang memang mengedepankan Grafik Cinematik (Seperti Tomb Raider, Uncharted) dibanding game fokus Gameplay yang harus mengedepankan kecepatan dan keakuratan (CSGO, Fortnite, PUBG, Apex Legend)

TN Panel

Apa itu TN panel? TN panel (Twisted Nematic) merupkan salah satu Teknologi panel LCD seperti IPS dan VA.  TN panel ini jauh lebih murah produksinya dibanding IPS, mempunyai Respons Time yang bagus dan Cukup Cepat. TN Panel ini dapat mendekati Kecepatan pada Layar CRT dimana Respons Timenya itu Instant. tetapi TN panel ini mempunyai keakuratan warna yang buruk. apa saja sih kelebihan dan kekurangannya?

Kelebihan TN panel.

  • Lebih Murah diproduksi dibanding IPS dan VA.
  • Response timenya cepat, bisa 1ms
  • Refrresh Ratenya bisa tinggi, bisa mencapai 144hz

kekurangan TN Panel

  • Keakuratan Warna nya buruk.
  • Viewing Angelnya buruk, Jika dilihat dari sisi samping monitor grafisnya jadi jelek.
  • Gampang terkena Blacklight Bleeding

TN panel ini biasanya dipasang pada Laptop yang tergolong murah, Monitor Budget dan monitor dengan Refresh Rate yang tinggi. jadi kalau kamu melihat Monitor yang Refresh Ratenya sampai 144hz, sudah dipastikan monitor itu menggunakan TN panel. TN Panel Cocok banget buat gaming, apalagi yang membutuhkan gaming yang Cepat dan akurat seperti CSGO, PUBG, Apex Legend dan sebagainya. TN panel kurang cocok untuk kamu yang suka bekerja di professional, karena Akurasi warna yang kurang dapat mengurangi hasil perfoma kerja mu.

VA Panel

Apa itu VA Panel? VA atau “Vertical Alignment” merupakan Teknologi LCD yang dia diantara TN dan IPS. VA ini adalah kombinasi Antara panel IPS dan TN. berati VA the bes dong? well ngga juga sih, lebih tepatnya VA ini tidak Fokus kepada fitur masing masing, apakah Keakuratan warna atau kecepatan monitor. Berikut adalah kelebihan dan kekurangannya

Kelebihan VA Panel

  • Mempunyai Warna yang lebih akurat dibanding TN panel
  • Mempunyai Refresh Rate yang lebih tinggi dibanding IPS
  • Viewing Angels Lebih baik dibandign TN, brightness lebih cerah dibanding IPS.
  • Mempunyai Contrast Ratio Terbaik.

Kekurangan VA Panel

  • Response Timenya Teburuk dibanding Panel lain.
  • Mempunyai Warna yang Kurang akurat dibanding IPS
  • Mempunyai Response Time yang tidak terlalu tinggi dibanding TN
  • Viewing Angle Lebih buruk dibanding IPS,

VA panel ini merupakan Panel Ditengah antara TN Dan IPS. Kalau kamu menginginkan “Balanced” VA ini cocok. Tetapi karena response timenya yang terburuk, Agak tidak cocok untuk digunakan untuk gaming yang membutuhkan Response Time cepat seperti CSGO.

PLS dan AHVA

PLS (Plane to Line Switching) merupakan panel yang mirip banget dengan IPS. PLS ini bisa disebut “Adik” dari IPS. Karena PLS ini mempunyai kesamaan pada IPS Baik Fiturnya, Kelebihan, maupun kekurangannya. PLS ini merupaka Panel yang di ciptakan oleh samsumg.

PLS ini digadang gadang mempunyai Kelebihan yang lebih “baik” dibanding IPS, Seperti Mempunyai Viewing Angel yang lebih baik, Brightness yang lebih cerah, Bisa digunakan untuk monitor Lengkung (Curved) dan lebih murah untuk diproduksi.

AHVA juga merupakan Panel yang mirip banget dengan IPS dan PLS. perbedaanya tidak signifikan sehingga tidak perlu dijelaskan ulang mengenai Kelebihan dan kekurangan panel AHVA. kalau Kamu melihat Monitor AHVA, atau PLS, berati fiturnya sama dengan IPS.

Oke itu dia Tipe beberapa Panel, lalu kira bahas mengenai PPI

BACA JUGA

Ukuran Monitor ke Resolusi dan PPI (Pixel Per Inch) atau Pixel Density

Apa itu PPI atau Pixel Density? PPI atau Pixel per Inch (pixel Density) adalah ukuran pada angka Pixel per inch pada sebuah display Komputer atau Televisi.  Pixel Density di hitung tergantung Resolusi, Ukuran diagonal Layar dan juga jarak antara mata dengan Layar. Resolusi tertinggi maka PPI juga itu tinggi, Jika PPI nya tinggi pada suatu display,maka Gambar akan lebih Jernih.

Misalkan, 19 Inch Dengan Resolusi 768p Mempunyai 82 PPI. Resolusi 1080p pada layar 22 inch mendapatkan angka 100 PPI. Resolusi 24 Inch pada 1080 mempunyai angka 91PPI. Maka 22 Inch di 1080p akan terlihat lebih jernih karena PPinya mencapai 100. TETAPI……

Tidak selalu 22 Inch menjadi option untuk resolusi 1080p, tergantung jarak Matamu dengan Layar. Kenapa TV 32 inch resolusi 1080p kok tampak jernih? karena kebanyakan TV di tonton pada kejauhan, biasanya jarak antara mata dengan TV antara 2-3 Meter. pada 3 Meter itu Angka PPI jadi Lebih tinggi dibanding kamu menonton TV pada jarak 1 Meter. jadi untuk kamu duduk hanya 60 cm dari Monitor, lebih baik 22 inch, tapi lebih dari itu misalkan 1 Meter, lebih baik 24 Inch.

Jadi, masing masing Monitor dan PPI nya mempunyai Rata rata jarak Pandang. kamu bisa “Web Calculator Viewing Distance Monitor” untuk mengetahui berapa Inch monitor yang kamu butuhkan berdasarkan Target Resolusi dan Jarak Dudukmu antara layar.

Jadi Kesimpulan, PPI dapat Naik jika Resolusi Tinggi pada Layar cendrung lebih kecil dan Jarak antara Mata ke Lyar lebih jauh. PPI tinggi maka Gambar yang terlihat oleh mata kita tampak lebih jernih. (Semakin dekat maka kamu akan melihat Pixelnya)

Tips Memilih Monitor Untuk Gaming

Oke sekarang kita bahas tips untuk kamu yang ingin beli monitor Untuk Gaming. Untuk Gaming Sendiri, kita akan bagi 2,  yaitu Kasual, dan Serius. Ditambah 1 untuk Gaming Budget

Perhatian: Bagi yang langsung loncat kesini, kami sarankan untuk membaca penjelasan diatas karena itu termasuk Tips dari Artikel ini.

Gaming Kasual

Gaming kasual berati gaming yang Santai santai aja, pada golongan ini game yang dimainkan tidak memerlukan Kecepatan dan keakuratan gameplay, seperti game Shadow of The Tomb Raider, Gears 5, GTA V dan sebagainya. Maka Monitornya harus mengandalkan Keakuratan Warna, tidak perlu mempunyai Refresh Rate yang tinggi dan Response time yang cepat. maka IPS Panel adalah terbaik. IPS paling Budget biasanya beresolusi 1080p. Maka jika kamu Mempunyai VGA yang kurang kuat atau harus bermain di dibawah 1080p, maka ukuran 22Inch bisa jadi pilihan.

Gaming Serius

Gaming serius berati gaming yang membutuhkan Keakuratan dan kecepatan (Gaming Competitive). Waktu Detik pun berharga jadi jangan sampai kamu terlambat dengan orang lain. maka monitor yang dibutuhkan harus mempunyai Refresh Rate dan Response time yang Cepat. maka TN panel Cocok banget. TN panel dipasang pada monitor yang menawarkan Refresh Rate tinggi, biasanya 144hz dan Response time mencapai 1ms. dengan ini kamu tidak akan dapat senssai Blur dan bisa jadi kamu lebih cepat “Merespon” dibanding yang lain. Gaming Kompetitif tidak memerlukan Keakuratan Warna apalagi Viewing Angel. karena sudah pasti monitornya dipake tepat didepan matamu.

Untuk Gaming Budget.

Ya yang diatas itu bagi gamer yang masalah Duit tidak masalah, lah kalau budget nya pas pasan gimana? well, karena Monitor Budget itu diantara Range 1 juta-2 juta. maka cari Monitor yang fiturnya terbaik untuk Harga segitu. Kami melihat bahwa bahyak Monitor Panel IPS sudah mencapai Resolusi 1080p, Keakuratan warna yang baik, response time yang lumayan dan Refresh rate lebih tinggi dibanding standar di harga 1.5 Jutaan. seperti LG MK series.

Nah bagi kamu yang Budget banget dan menggunakan PC yang “Low-End” atau “Starter” Atau “APU User” atau kamu termasuk kaum “mendang-mending”. Tips kami adalah hitung PPI. Kami melihat ada monitor TN panel dibawah 1 Jutaan yang mempunyai Resolusi tertinggi di 768p di 19 Inch. Monitor tersebut memang agak kecil, tapi karena 768p maka mendapatkan angka 82PPi. Maka Layar 19inch 768p akan berasa “jernih”.  jadi bisa menjadi option juga mencari Layar monitor dibawah 20 inch dengan Resolusi dibawah 1080p.

Itu Dia Penjelasan kami tentang Penjelasan Tipe Panel Monitor untuk tips memilih monitor untuk gaming. Jadi bagi kamu yang bingung dengan IPS vs TN, lebih bagus warna IPS atau VA dan sebagainya, kami sudah menjawabnya pada artikel ini. semoga bermanfaat.

 

Tags

Rekomendasi dari kami

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

twenty − 13 =

Back to top button
Close

Adblock Detected

Tolong matikan Adblock untuk mensupport kami