Gaming InfoPC TechTechnology InfoTips n Trick

Tips Membeli Laptop Gaming Bekas

Tips Membeli Laptop Gaming Bekas

Halo Noobs! Pada artikel kali ini, kami akan memberitahu “tips n trick” bagi kalian yang hendak membeli laptop gaming bekas pakai.

Biasanya orang membeli laptop bekas dikarenakan masalah budget yang terbatas tetapi juga ingin memiliki performa yang gahar. Maka dari itu, laptop gaming bekas menjadi sebuah pilihan untuk para gamers yang ingin bermain games.

Tentu saja ada tips-tips untuk bisa menilai apakah laptop ini masih layak digunakan untuk pemaiakan jangka panjang. Berikut ini merupakan tips untuk membeli laptop gaming bekas versi Idlegionoob.com:

1. Tanyakan Durasi Pemakaian Laptop Tersebut

Barang elektronik tentu saja memiliki masa hidupnya masing-masing dan itu sangat bergantung sekali dengan cara pemakaiannya. Penulis merekomendasikan jika ingin membeli laptop bekas, maka pastikan penggunaannya tidak lebih dari 3 tahun.

Landasannya ialah jika penggunaan sudah di atas satu tahun, para pabrikan sudah tidak memberikan layanan garansi pada perangkat mereka. Sehingga ketika masuk ke tahun kedua, maka perangkat eletronik akan mengalami penurunan usia suku cadang.

Maka dari itu sebaiknya hindari membeli laptop gaming yang sudah berumur di atas 3 tahun.

2. Processor Minimal 3 Generasi Dari Tahun Anda Membeli

Berikutnya ialah beli lah laptop 3 generasi ke bawah dari tahun anda membeli laptop tersebut. Maksudnya ialah ketika postingan ini dibuat pada tahun 2022, Intel telah merilis Intel generasi ke-12. Maka, laptop bekas yang Anda beli paling tidak sudah processornya Intel generasi ke-9.

Jika mendapatkan laptop dibawah 1-2 tahun akan lebih bagus. Namun, jika memang ada keterbatasan budget, maka di bawah 3 generasi juga tidak masalah.

3. Lihat Kondisi dan Suhu Laptop dan Fan

Unsur yang paling penting dari sebuah laptop adalah temperatur suhu, sebab suhu panas yang berlebihan akan menyebabkan kerusakan yang fatal. Biasanya laptop gaming akan panas ketika mengerjakan pekerjaan editing berat atau bermain games.

Maka ketika anda membeli laptop bekas, harus dipastikan dulu apakah laptop tersebut ketika dalam kondisi “idle”, (kondisi menyala dan tidak mengerjakan apa apa) mengalami panas berlebihan atau tidak.

Jika dalam kondisi tersebut ternyata mengalami kondisi panas yang berlebihan, maka dapat dipastikan laptop tersebut bermasalah.

Selain itu, coba anda test ketika hendak bermain games, apakah suhu laptop tersebut menyentuh 100 derajat celsius atau tidak. Sebab, jika menyentuh angka tersebut, maka laptop itu dapat dipastikan bermasalah.

Untuk pengecekan suhu bisa anda lihat di CPU-Z atau program bawaan seperti Armory Create dan lain sebagainya.

4. Lihat Kondisi Laptop

Yang terakhir adalah cek kondisi laptop apakah ada penyokan atau baret yang terdapat pada laptop tersebut. Jika ada, maka kemungkinan besar laptop tersebut mungkin pernah terjatuh sehingga memiliki resiko yang sangat fatal.

Bagian yang penting untuk dicek adalah keyboard lcd speaker, sebab perangkat-perangkat tersebut merupakan perangkat yang bisa dikatakan cukup sering mengalami kerusakaan. Jadi kalian harus jeli dalam melihat kondisi laptop yang mau dibeli.

BACA JUGA

Mending Beli Playstation atau Laptop Gaming?

Berikut Rekomendasi Laptop Untuk Video dan Photo Editing Tahun 2022

Berikut Rekomendasi Laptop Gaming Termurah Awal Tahun 2022

Penutup

Okelah Noobs, itu tadi merupakan tips untuk membeli laptop gaming bekas.

Mudah-mudahan artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian ya….

Fachmi Dimas

Fachmi Dimas admin and content creator, DKM of Al Hidayah, Relawan Al Kahfi, and leader of IKRIMAH.

Rekomendasi dari kami

Leave a Reply

Your email address will not be published.

5 × five =

Back to top button

Adblock Detected

Tolong matikan Adblock untuk mensupport kami