Gaming InfoTips n Trick

Tips Beli Game Steam Dengan Harga Paling Murah

Hello Noobs, Siapa sih yang ga suka murah murah? pasti semua orang suka apalagi dinegara kita ini dimana game itu harganya mewah banget. mungkin banyak gamer disini yang kepaksa bajak karena game mahal, padahal pengen banget bisa beli game original untuk support developer dan bisa pamer steam library kamu. kadang disteam sendiri harganya kadang tidak memuaskan,kamu harus nunggu sale. nah kamu bisa loh membeli game steam tanpa harus nunggu diskon atau mungkin ada deals yang lebih baik? berikut adalah tips Tips Beli Game Steam Dengan Harga Paling Murah

Browsing Game

Pertama yang kamu harus lakukan jika ingin beli game steam murah adalah melihat atau broswing game yang sekiranya menarik yang ingin kamu beli. kalau misalkan kamu sudah punya game yang kamu cari, kamu bisa analisis terlebih dahulu game tersebut, nah yang harus kamu lihat

  1. Sang Developer (dan negaranya)
  2. Franchisenya
  3. Kepopulerannya

Developer harus kamu perhatikan, terkadang pengelompokkan “Regional Pricing” pada setiap negara itu berbeda beda tergantung kepada “Tingkah Laku” si developer. Misalkan Microsoft asal amerika, Game mereka selalu memberikan pricing yang murah kepada negara dunia ketiga seperti Indonesia, Square Enix dari Jepang biasanya memberikan Pricing yang lebih mahal kepada indonesia.

Lalu Franchisenya, Jika Kamu memlih franchise yang sudah ada 3 atau 5 series dan populer, kamu harus bersiap dengan harganya yang mahal, jika kamu memilih game yang agak baru atau serinya yang masih sedikit, kemungkinan harganya bisa standar game AAA, atau bisa jadi DLC tambahanya tidak terlalu mahal.

Kepopuleran sudah pasti menjadi faktor harga dari sebuah game. jika game tersebut franchise populer atau Hype, kemungkinan Developer akan mematok game lebih mahal dibanding Price tag $59, atau ngga DLCnya yang mahal dan buanyak.

Membandingkan Harga

nah ini lah topik utama dari Tips ini. Banyak sekali Perusahaan pihak ketiga yang menjual Steam key steam key dengan harga miring. biasanya mereka ini membeli langsung kepada developer dan meminta izin kepada steam agar dibuatkan steamkeynya. tidak tau gimana jelasnya cuman seperti itu lah gambarannya.

Mungkin kalau kamu tinggal diAmerika dan punya uang U.S Dollar kamu bisa langsung badingkan mana yang murah atau mahal, tapi karena kita di indonesia dan punya “Regional pricing” kamu juga harus hitung hitung dulu mana kira yang worth it. karena bisa jadi lebih murah di Pihak ketiga atau bisa jadi saat Steam Sale

Kami punya rekomendasi Website yang bisa kamu jadi patokan dalam membandingkan harga.

  1. Steamdb
  2. Humble Bundle
  3. G2A

SteamDB ini website Database yang menyimpan metadata Game, Player Online, dan juga Harganya pada Steam. Harga Game Steam pada di steamDB sudah lengkap. kamu bisa bandingkan juga Price Tag Negara Kita dengan negara lain.

Humble Bundle merupakan Distributor game Pihak ketiga. yang membuat Humbun ini spesial karena setiap penjualan game yang mereka terima, maka mereka akan memberikan beberapa persen dari hasil tersebut kepada Charity. Langkah bagus untuk menggerakan gamer yang ingin beli game sekaligus beramal. mereka juga memberikan semacam “Langganan Humble Montly” yang kamu hanya tinggal membayar seberapa uang dan kamu akan mendapatkan game game secara random setiap bulan. mereka juga kadang menjual steam key dengan harga miring

G2A juga penjual steam key dan Peripheral yang terkenal. walaupun G2A pernah kena kasus, tapi web ini tetap menjajakan steam key dengan harga miring. bedanya G2A berbentuk market place seperti T*k*pedia atau L*z*da. jadi akan ada Penjual yyang memasang lapak di G2A dan mereka menjual steam key. entah darimana steam key yang mereka dapatkan jika kamu ketipu, G2A akan memberikan kompensasi. ada juga steam key yang dijual langsung oleh G2A.

Ada banyak website yang dapat kamu bandingkan, tapi kemungkinan cari yang transaksinya mudah (Kalau perlu Paypal Instant) dan sudah punya nama. Misalkan seperti HRKGame, Ataupun CDKeys.

Kamu juga dapat mengakses Website All The Keys Shop/Cheap Digital Download untuk membandingkan harga jika malas membuka satu satu. web tersebut telah melist semua website pihak ketiga yang menyediakan steam keys. web yang cocok untuk beli game steam dengan harga murah

nah yok kita bahas perbandingan harganya

Disclaimer:

yang tau kasus G2A yang dimana ada developer bilang “Bajak aja game kami dibanding kalian beli di G2A”, kita berharap saja bahwa G2A telah berubah, dan bisa memberikan keuntungan bari para developer yang membeli gamenya dari G2A.

Baca Juga

Bandingkan!

SteamDB

Untuk Contoh kali ini kita menggunakan Game Nier Automata. Kita akan beritahu cara bandingkan kepada website tersebut

Pertama kalian buka SteamDB, lalu search game yang kamu inginkan (Nier Automata)

lalu kita check di tabel Price

Bisa dilihat bahwa baris ke dua dari kanan itu adalah “Harga terendah” yang pernah di catat. dan Steam DB juga menyediakan Chart History Timeline kapan saja Sale itu hadir.

Untuk kasus Ini, Nier Automata terakhir dengan harga 27.53 US Dollar dengan Diskon 33% dari harga Normal 41.10 US Dollar dan terakhir kali pada tanggal 22 Juli 2019 (Post ini dibuat 25 November 2019).

Lalu Dilihat dari tingkah laku Sales dari Chart History Timeline, bisa jadi Nier Automata apda Sale Selanjtunya akan tetap di angkat 27.53 US Dollar dengan 33% diskon, kalau misalkan Naik maka kemungkinan besar di diskon hinggal 50%, atau sekitar 20.55 US Dollar

Maka Kesimpulan dari Analisis SteamDB, kita dapat angka bahwa Nier Automata

  1. Harga Steam Store Indonesia di 27.53 Dollar pada 33% diskon 4 bulan lalu. 22 Juli 2019
  2. Timeline menunjukkan kenaikan diskon 7% 3 bulan sebelum 22 Juli 2019 (29 April 2019)
  3. Maka harga untuk sale selanjutnya bisa jadi sama 33% atau naik persentasinya dengan perkiraan maksimal 50% diskon.
  4. Jika Perkiraan benar Nier Automata diskon 50%,maka Angka yaang keluar adalah 20.55 US Dollar.(dengan syarat developer tidak menurunkan harga awal game)

Nah sekaarang kita ambil angka 20.55 Dollar sebagai nilai terendah, sekarang kita bandingkan dengan Website pihak kegita, kali ini contohnya adalah G2A dan Humble Bundle

Humble Bundle

Kita cek Pada website Humble Bundle. Perlu diingat bahwa Humble Bundle ini mematok harga retail, tetapi tidak tentu kapan mereka mengdiskonkan gamenya, maka yang kita perlu liat adalah harga saat kamu cek dan juga Humble Montlynya.

Kita cek Humble Monthly Bulan ini. layanan subskripsi ini snagat menguntungkan maka Yakinkan lah bahwa game yang kamu tuju tidak ada pada Humble Monthly

nah untuk contoh kita, 25 November 2019, Nier automata tidak ada di Humble Montly

Lalu selanjutnya kita lanjut cari di search box milik Humble Bundle

Ditemukan Nier Automata Yorha Edition dipatok 39,99 USD. berati Humble Bundle tidak mendiskonkan gamenya. maka selanjutnya kita lanjut ke G2A

G2A

Nah G2A ini bakal ada banyak reseller yang menawarkan steamkey ini. walaupun begitu masing masing key ada yang dikirim secara instant, ada juga tidak, jadi kamu harus baca deskripsinya lagi dan yakinkan lah kalau reseller yang kamu tuju itu instant delivery.

kamu hanya tinggal search pada search box g2a game yang kamu tuju

nah untuk kasus ini, Nier Automata Standar Edition punya harga termurah di 16.42 USD! nah berati lebih murah dibanding perkiraan Steam Sale selanjutnya di 20.55 USD!.

setelah kamu dapat harga yang pantas, kamu hanya tinggal cek sellernya, jika ia mempunyai Positive feedback dan rating yang tinggi, kamu gak perlu takut ditipu.

Allkeyshop/cheap digital download

jika kamu berifkir bahwa masih ada reseller steam key yang lebih murah, kamu bisa cek website ini. web ini sudah me list semua website pihak ketiga yang menyediakan key tersebut

list tersebut memperlihatkan list website yang paling murah, Edisi Key, penjelasan apakah key tersebut “Region Locked” atau tidak, dan hitung hitungan total harga key dengan Biaya lain seperti biaya admin paypal ataupun pajak (VAT)

Kamu tinggal search game mu di search box, dan filter List harga. kamu akan diperlihatkan website dan harga key yang paling murah. sekali lagi kamu harus cocokkan dengan harga yang ada di Steam.

yang harus diperhatikan jika menggunakan website ini adalah “website yang termurah” yang di perlihatkan. kamu harus yakinkan terlebih dahulu web tersebut mempunyai “instant delivery”,  transaksinya tidak ribet dan juga terpercaya. banyak website yang harus mengkonfirmasi akun paypal mu lewat telfon, mereka tidak akan langsung kirim key mu jika tidak dikonfirmasi. hal tersebut bakal ribet banget apalagi kita terbatas dalam menelpon orang ke luar negeri, jadi hindari web yang seperti itu.

Baca Juga

Jadi…

jadi yang sudah kita dapatkan bahwa

  1. Next Steam Sale Nier Automata perkirakan akan kena pada 20.55 USD
  2. G2A mempunyai harga 16.42 USD.

Berati kamu dapat deal lebih murah 4 Dolar dari Steam sale, kamu bisa beli gamenya disana.

Cara ini ga hanya berlaku untuk game Nier Automata saja,kamu bisa gunakan cara ini dengan game yang kamu mau.

yang harus diperhatikan

Website tersebut paling mudah transaksi menggunakan Paypal. Paypal sendiri mempunyai biaya biaya yang cukup mengiris dompet mu. ini lah yang harus kamu perhatikan

  1. Paypal akan kenakan biaya admin di G2A sekitar 1 Dolar. (tergantung dari harga game)
  2. Paypal sendiri sebenernya harus diisi menggunakan Debit atau kartu kredit yang bisa Master Card Atau Visa. dan lagi ada biaya adminnya.
  3. Jika kamu menggunakan pengisi Paypal pihak ketiga, biasanya mereka akan menaikkan harga sekitar 5-10% (misalkan harga 1 Dollar 14.000,mereka jual 15.000) dan LAGI paypal mengurangi saldo tersebut sekitar 4-5% (jika dikirim 20 USD kamu dapat 18.92 USD)

Jika kamu hitung hitung ternyata biaya tersebut sama harganya dengan Steam Sale (USD 20.55) maka Jangan kamu beli melalui G2A, kamu harus menunggu dan sabar sampai steam sale. Kecuali Kamu tipe orang yang suka menyimpan uang di Paypal untuk keperluan pembelian internasional (Punya Visa/Mastercard), kamu ga perlu mikirin Biaya biaya lain.

Jika seperti ini,maka situasional, kalau misalkan Steam sale tidak sama seperti yang diharapkan (tidak 20,55 USD) maka kamu dapat mempertimbangkan beli di G2A

Tips Lain Beli Game Steam Murah

Perhatikan Humble Monthly Humble Bundle!

Humble Bundle mempunyai layanan Subskripsi yaitu Humble Monthly. di Humble Montly kamu membayar sjumlah uang per bulan dan kamu akan dapat game key steam/epic/gog/origin/uplay secara random. Game random tersebut tidak game indie yang worthless, mereka biasanya menambahkan game AAA dua atau tiga game.

Untuk saat ini, Humble Montly di patok 12USD per bulan, akan lebih murah jika kamu membeli pertahun. mereka akan memberikan memberikan game AAA Early unlock dan dapat kamu ambil langsung pada saat kamu mulai subkripsi, dan sisa gamenya (sekitar 4-8 game) akan dirandom pada saat akhir bulan. random game ini bisa jadi AAA, gamme bagus ataupun game indie yang….kurang bagus. lalu kamu akan mendapatkan bonus diskon dari store Humbun Plus Trove!, yaitu Game game Indie Tanpa DRM yang dapat kamu download dan simpen selamanya

Humble Bundle ini Worth it. contoh pada subkripsi game AAA bulan Oktober ke November 2019, gamenya sebagai berikut

  • Crash Bandicoot N sane Trilogy (G2A Global key: 8.37 USD, Steam Store Indonesia: 15.11 USD)
  • Call of Duty WW2 (G2A Global Key: 12.86 USD, Steam Store Indonesia: 22.71 USD)
  • Spyro Reignited Trilogy G2A Global Key: 9.80 USD, Steam Store Indonesia: 15.11 USD)

Dengan membayar 12 USD kamu dapat game AAA Seru dengan harga 31.03 USD (G2A Global Key)/52.93 USD (Steam Store Indonesia). Mantap kan? selain itu belum lagi game random yang kamu akan dapatkan.

Bulan Oktober ke November dapat Shenmue 1&2 dan juga game Indie dengan Review positive lainnya. sudah melebihi angka “worth it”

Itu Dia Tips beli game Steam dengan harga murah. gimana kamu dapat mencobanya langsugn dan belu game impian mu dengan Deal Termurah!

Tags

Rekomendasi dari kami

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 × five =

Back to top button
Close