SmartphoneTech Tips n TricksTechnology Info

Thermal Throttling Bisa Turunkan FPS Game Mu! – Penjelasan dan Solusi Overheat

Lagi main enak enak, tiba tiba FPS Drop dair 60 ke 45. Bingung akhirnya Setting Grafiknya set ke Medium. eh tiba tiba Drop FPS Lagi. Trus megang megang Casing PC ternyata ngelaurin hawa Panas dan Bau Besi panas. Di Cek Suhu lewat Aplikasi, Ternyata udah kena 100 Derajat Celcius. yak berati PC kamu Kena Thermal Throttling.

Apa itu Thermal Throttling? Thermal Throttling adalah Keadaaan dimana Komputer (PC/Konsol/Smartphone) menurunkan Perfomanya dikarenakan Sudah mencapai Batas Suhu agar tidak terjadi kerusakan Hardware dikarenakan Kepanasan. Thermal Throttling juga biasa disebut Ovearheat.

Fun Fact, Thermal Throttling di Ciptakan oleh Prosessor Intel, dimana dahulu Rivalnya AMD tidak dapat menggunakan Fitur tersebut hingga banyak kasus dimana Prosessor AMD “Meledak” saat kepanasan. sekarang Semua Hardware yang Mempunyai Prosessor seperti PC, Laptop, Konsol bahkan HP pun dapat Thermal Throttling. dan tidak sebatas Intel, AMD, Nvidia dan Qualcomm pun boleh menggunakan Thermal Throttling

Jadi Thermal Throttling ini merupakan fitur keselamatan yang sangat penting agar tidak terjadi kejadian yang tidak diinginkan.

Kapan Komputer/Smartphone akan Thermal Throttling?

Biasanya Saat mencapai Batas Suhu yang sudah didesain. Untuk PC Desktop/Laptop, Maksimum Suhunya adalah 100 Derajat Celcius. Terkadang Manufaktur akan membatasi suhu di 90 Derajat, saat prosessor kena 90 Derajat, maka Perfoma akan diturunkan untuk mendinginkan sang prosessor.

Untuk HP dan Computer Handheld, biasanya Dibatasi di 37 hingga 45 Derajat Celcius, pada Beberapa HP bisa mencapai 50 Derajat Celcius. saat HP sudah mencapai 45 Derajat, maka HPmu akan menurunkan perfomanya.

Apa Yang Membuat Komputer/Smartphone mu Thermal Throttling?

Tentu Saja, Overheat.

Overheat ini bisa disebabkan oleh Banyak Hal. Yaitu,

  • Thermal Paste yang sudah kering.

Ini adalah Masalah paling umum di Kalangan PC Gamer, Thermal Paste akan kering setelah 6 Bulan dikarenakan panas. Jika kering maka Panas tidak dapat disalurkan ke Cooler. hal ini dapat menyebabkan Overheating.

  • Desain Cooling yang kurang

Desain disini dimaksudkan bahwa TDP (thermal design power) pada cooler tidak sesuai dengan TDP prosessor. Misalkan, TDP Coolermu hanya bisa menjinakkan 60Watt, Sedangkan TDP Prosessor mencapai 90Watt, maka Cooler disini tidak mampu menjinakan Prosessornya

  • Suhu Ruangan yang Panas

Biasanya dimusim panas, PC/Smartphone akan jauh lebih Panas dikarenakan “Ambient Temperature” atau Suhu ruangan sudah tinggi. Sehingga Cooling hanya dapat mendinginkan sebatas Suhu ruangan saja.

  • Tidak Cukup Airflow

Ini juga permasalahan umum pada PC Gamer. Pemasangan Kipas yang tidak diperhatikan Teknisnya akan menyebabkan Kekurangan airflow. Saat Airflow tidak cukup, maka Cooler tidak dapat ngeluarin panas ke udara

  • Cooling Rusak (Bagi pengguna Pump Water Cooling/AIO)

Bagi pengguna AIO Water Cooling, ini adalah masalah yang umum dimana Pump terjadi kerusakan. Saat Air tidak mengalir, maka Panas tidak dapat disalurkan ke Radiator sehingga Terjadi Overheating secara langsung. Bagi pengguna Air Cooler, Overheating tidak akan terjadi secara langsung, Hanya tinggal mengganti Fan Cooler dengan Fan Casing selagi membeli Fan yang baru.

  • Overclocked

Overclocked berati menaikkan Perfoma melebihi Batas yang ditentukan oleh manufaktur. Untuk mencapai Overclock, Biasanya meningkatkan Konsumsi listrik ke Prosessor. Dan tambahan listrik itu biasanya akan menciptakan Panas yang lebih banyak, sehingga terjadi Overheating.

Untuk Smartphone, biasanya overheating terjadi jika kamu menggunakan Fitur Developer Mode, Bermain Game dan juga Membuka Video resolusi tinggi.

Baca Juga

SolusiĀ 

Kami punya Solusi bagi kamu yang PC/Smartphonenya Thermal Throttling. Berikut adalah Solusinya

PC/Laptop

  • Gunakan Cooler yang Sesuai dengan TDP Prosessor. Jika Prosessor Mempunyai TDP 65 Watt, maka kamu harus menggunakan Cooler dengan TDP 65Watt keatas.
  • Gunakan Thermal paste yang Berkualitas. Artic Silver, Noctua dan Thermal Grizzly adalah salah satu Brand thermal paste yang berkualitas
  • Perhatikan Airflow PC Mu. Berikut adalah Arah airflow yang benar

Airflow pada Casing PC

  • Gunakan Alas Padat untuk Pengguna Laptop, Jangan main dikasur atau Alas yang empuk, karena akan menutup Aliran Udara
  • Gunakan Vacuum Cooler bagi pengguna Laptop. (Cooling Pad Tidak Terlalu Disarankan. Lebih baik menggunakan alas padat biasa
Vacuum Cooler
  • Bagi yang mau menggunakan AIO/Water Cooling. JANGAN PELIT SAMA PUMP. Beli Pump yang Agak Mahal tapi berkualitas, kalau pake AIO, Pilih brand yang terkenal (Corsair, Coolermaster, NZXT, AlphaCool)

HP/Smartphone

  • Jangan Nyalakan Fitur Developer Mode/USB Debugging dan lain sebagainya
  • Matikan Fitur yang tidak terpelukan (Bluetooth,NFC, dll)
  • Turunkan Brightness
  • Turunkan Grafik Setting Pada Games yang tidak terlalu berpengaruh (Anti Aliasing, Resolusi)
  • Matikan Aplikasi yang tidak terpakai

Itu Dia Penjelasan mengenai Thermal Throttling. Jadi kalo Game mu tiba tiba FPS Drop, bisa jadi kamu Terkena Thermal Throttling, jadi Perhatikan Maintance Hardware mu!

Rekomendasi dari kami

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

11 + 9 =

Back to top button

Adblock Detected

Tolong matikan Adblock untuk mensupport kami