Gaming Opini

Stop Berantem “PC VS Console” dan “PC Master Race, Console Peasant”.

Karena itu Hal Bodoh!

Banyak sekali yang kita Lihat di komunitas gaming dimanapun itu berada mau di Negara sendiri maupun internasional,pasti ada aja gamer yang debat Antara PC dan Konsol. Ada yang bilang “Konsol itu jelek mending PC” atau “Mending Konsol Exclusivenya Banyak” atau “Mending ini mending itu” dan sebagainya. Jika Kalian Kaum “mending” atau salah satu dari orang pernah melontarkan kata kata tersebut secara verbal maupun digital, mending kalian Pikir dulu…. Penting kaga sih Perang “Perangkat Gaming” ini? Yok kita bahas kenapa berantem “PC Vs console” dan “PC Master Race,console Peasant” itu Hal Bodoh.

WARNING: Tulisan ini bersifat Opini

Sebelum kita beri Alasan secara teknis kenapa “PC VS Console”, “PC Master Race, Console Peasant” itu Hal bodoh, kita bahas kenapa kok orang Argumen demikian, berikut adalah pendapat kami.

Argumen Karena Sikap Manusia (Iri,Dengki Gengsi) (PC VS CONSOLE)

Nah itu dari Argumen Argumen berdasarkan “Teknisnya” sekarang bagaimana sama orang yang selalu meninggi ninggikan Hardware gaming yang dia punya dan selalu merendahkan hardware gaming lain. kenapa sih kok mereka kaya gitu? nah ini kemungkian Caci Maki dari Gamer PC ke Konsol

  • “Halah, Ngepain main di Konsol, Cuman Bisa 30FPS, PC Dong 60FPS”
  • “Konsol tuh Buat Orang Miskin”
  • “ngepain lagi beli Konsol,PC juga bisa gaming”
  • “Konsol buat Peasant, PC itu Master Race”
  • “Elah, Manusia cuman bisa ngeliat 24FPS”
  • “Mau Muntah gw liat game 30FPS”

dan masih banyak lagi, kenapa ya mereka kaya gitu? ini yang kami dapatkan (ada juga pengalaman pribadi)

Gengsi dan Sombong

Gengsi, karena dia sudah banyak ngeluarin Duit banyak baut PC, Terus udah biasa di Visual yang tinggi dan FPS yang lebih smooth, akhrinya timbul perasaan “enggan” dan Sombong pada gamer konsol. Biasa lah ini selalu terjadi pada kehidu[an manusia. Dan Sikap kaya gini harus dihentikan karena ini bukan sikap baik.

Ga Punya Duit Lagi. Habis Buat Beli PC akhirnya Iri Dengki kepada Gamer Console dan Sebaliknya, tidak punya cukup uang untuk beli PC.

Nah ini yang paling nyata dari Perang “PC VS Console”. Ini juga termasuk pengalaman pribadi penulis. Kalau sudah ga punya uang untuk Beli Konsol akhirnya jelek jelekin aja kekurangan konsol dan kepada gamer konsol. Dengki menjadi jadi pada saat game exclusive di konsol, Karena ga punya uang untuk beli konsolnya, yaudah jelek jelekin. Ya begitu kan? Mending stop deh. Kalau memang mau main game exclusive, mending Nabung.

Yang paling parah jika Gamer PC sudah beragumen “Mending PC lah, Bisa main Bajakan”. Guys, Bajakan itu salah mau gimana pun caranya. Mau main di PC atau Konsol, Kalian harus beli Gamenya. Support Developernya Oke!

Gamer Konsol terkadang sadar kalau PC lebih superior, makanya mereka dengki karena tidak bisa beli PC untuk main game di Resolusi tinggi dan FPS lancar. akhirnya timbul perkataan yang tidak sesuai fakta.

itu lah kira kira sikap dari mereka yang selalu menjelek jelekan Konsol. Kalian tidak tau bahwa kalian itu timbul rasa Gengsi,Sombong, Iri dan Dengki. sikap tersebut tidak terpuji dan harus diubah. makanya Pernyataan tersebut itu Hal bodoh, kalian terbawa emosi karena Sikap sikap tersebut. Emosi itu hanya membuat pikiran jadi ga jernih.

Gambar Hanya Pemanis (Marvel’s Spider-Man)

Argumen Secara Teknis Stop berantem “PC VS Console”

Nah yok kita bahas secara teknisnya, berikut kenapa Gamer PC dan Console tidak perlu perang.

PC Maupun Console, Sama Sama KOM-PU-TER

PC sudah pasti Komputer, namanya juga PC atau Personal Computer. Bagaimana dengan Konsol? Konsol Secara teknis adalah Komputer. tau Komputer itu apa? well

Komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas, yaitu menerima input, memproses input sesuai dengan instruksi yang diberikan, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output dalam bentuk informasi (Robert H Blissmer). Komputer dapat memproses data dan hasilnya berupa informasi, data ini bisa berupa gambar,teks,suara,video,dan lagi sebagainya.

Komponen Komputer yang paling umum dikenal terdiri dari Motherboard, CPU (Central Processing Unit), Graphics Processing Unit (GPU), Read Access Memory (RAM) dan juga Tempat Penyimpanan (HDD/SSD). CPU Dan GPU adalah Komponen utama yang bertugas dalam Memproses Data menjadi informasi.

Oke jadi kalian tau apa itu KOM-PU-TER. Nah Apakah konsol punya komponen tersebut? Tentu saja, Karena VIdeo Games terdiri dari Data data. Video games ini harus diproses dengan Chip yang dinamakan CPU dan untuk memproses suatu gambar maka harus diproses dengan Chip yang dinamakan GPU.

Konsol sendiri punya Motherboard, CPU,GPU,RAM dan Tempat penyimpanan, dan CPU dan GPU di Konsol juga punya tugas untuk memproses data data tersebut. Jadi, KONSOL ADALAH KOMPUTER.

Bedanya PC dan Konsol adalah, PC merupakan Komputer yang memang tugasnya untuk Semua urusan Pemrosessan data, Mulai dari Gaming, Menghitung, memorses Data mentah dan sebagainya. Nah Konsol adalah Komputer yang di “modifikasi” untuk Fokus kepada satu Proses aja, Yaitu GAMING.

Perfoma PC Selalu Lebih Superior dibanding Console

Maksud dari Sub Title diatas Bukannya mau Merendahkan Konsol, Gini biar Penulis luruskan

Apapun yang dikatakan “PC Master Race” soal PC itu Superior dan lebih kuat dibanding Konsol itu sudah Fakta dan benar sekali. karena apa? PC selalu mendapatkan Update Komponen setiap tahun dan PC (terutama Desktop PC) bisa di Upgrade satu persatu Komponenya. PC Dekstop itu Dinamis,kalian bisa ganti semau kalian.

Nah Konsol? Ngga Bisa lah, Konsol mungkin memang “Jauh Lebih Kuat” dibanding PC pada saat Meluncurkan pada hari pertama, Tapi Setahun saja pada sat Peluncuran Konsol Tersebut, PC sudah Mempunyai Komponen yang jauh lebih kuat dibanding Konsol, jadi ditahun pertama aja Konsol Sudah kalah dalam hal Kekuatan Komponen. Jadi apa yang bisa Konsol lakukan biar tetap Eksis? Developer harus dapat Mengoptimalkan gamenya di konsol, kamu bisa Baca tentang betapa hebatnya Optimisasi Konsol disini. (Inilah Alasan Kenapa Orang Beli Konsol Dibanding PC – Gaming Opini)

Konsol kalau tidak ada Optimalisasi mah Hardwarenya itu Lemah. Kalian bisa lihat buktinya ada seorang di yang berhasil booting Konsol PS4 dengan Linux lalu dijalankan game Steam, Karena Game game steam itu tidak optimal dengan hardware PS4 dan tidak ada “Driver” yang resmi untuk menjalankan game tersebut di Software, Hasilnya Game seperti Left 4 Dead aja FPSnya turun turun, padahal sudah disetting dengan Resolusi lebih rendah

Jadi, PC Akan Selalu Superior dan lebih Kuat dibanding Konsol, Karena PC itu Dinamis sedangkan Konsol Itu Statis, Karena Konsol itu Statis, Game yang dibuat oleh Developer untuk konsol harus sangat Optimal, sedangkan PC bisa jadi Optimalnya tidak Full apa yang percis dilakukan pada konsol. Begitu… Jadi Stop Bilang “PC lebih Superior” apalagi ngomong “Konsol Lebih Kuat dibanding PC” stop stop dan STOP.

Console Akan selalu ada Exclusive.

Nah, Ini pernyataan yang selalu dilontarkan dari gamer Konsol. Kenapa ya kok exclusive ini jadi “big deal” banget. Exclusive ini sebenernya udah dari dulu loh dari jaman SNES/Sega Genesis karena memang belom banyak perusahaan Pihak ketiga yang ingin membuat game di konsol tersebut.

Nintendo di SNES itu Punya Game First partynya yaitu Super Mario, sedangkan Sega di Genesisnya punya game pihak pertamanya yaitu Sonic. Game ini dibuat agar Konsol mereka ada yang beli, dan sebagai salah satu media Penghibur. Nah karena mereka ga saling lempar game ke konsol lain karena itu salah satu faktor “persaingan”. Nintendo mau konsolnya yang populer, sega pun juga ingin konsolnya lebih populer. itu Lah BISNIS, Begitupun dengan Sony dan Microsoft di konsol mereka masing masing.

Jadi, Exclusive ini memang tidak bisa hilang untuk sekarang. Kalau sekarang memang Sony punya Exlusive yang bagus bagus, berati Sony bagus dalam memanajemen bisninya. jika Microsoft gagal ngeluairn Exlcusive bagusnya di Xbox, berati memang Microsoft tidak terlalu “Ngegas” pada bisnis Konsolnya.

Kalau mau lebih dalam, PC mempunyai Exclusive lebih banyak dibanding Konsol. Inget lah develop di PC lebih mudah dibanding Konsol karena konsol butuh Dev kit khusus dan pasti Persyaratanya ngga gampang. tapi ini kan masalahnya “Exclusive mana yang lebih bagus”, Jika Sony punya Exclusiver bagus, berati memang mereka hebat dalam bisnisnya. semua ini Bisnis. Kalau mereka bener bener tekun Saling berlomba Exclusive bagus, toh Gamer juga yang untung bisa nikmatin game berkualitas, ya ga?

PC Superior Tapi Mahal, console Lebih Murah Tapi Lebih Lemah

Ya, mungkin yang sudah baca Opini mengenai (Inilah Alasan Kenapa Orang Beli Konsol Dibanding PC – Gaming Opini) akan ngerti yang dimaksud dari Judul Diatas, tapi yok coba kita Bahas lebih singkat lagi

PC biar bisa buat Gaming itu MAHAL. sudah mahal, kadang mereka itu TIDAK IRIT LISTRIK. Gaming Komputer untuk bermain game rata rata di 2020 dengan Visual terbaik dan FPS yang lumayan aja harus mengeluarkan uang sebesar 7 jutaan. itupun baru tidak bisa 1080p 60FPS Semua. belom lagi Optimalisasi Developer yang buruk untuk PC, Belum lagi komponen PC itu haus Listrik. processor Medium-End aja butuh 65Watt Full load, dan VGA Medium-Low End aja membutuhkan 120 Watt. belum lagi Listrik untuk RAM, Hardisk, CPU Coolernya.

Konsol dibuat fokus untuk gaming,mereka juga harus memikirkan Panas yang dikeluarkan oleh konsol tersebut,makanya Developer konsol ingin produknya itu lebih irit listrik. karena jika konsol menggunakan listrik irit, biasanya panas yang dikeluarin juga ga terlalu banyak. Lalu Komponenya juga tidak terlalu banyak. RAM dan VRAM dijadikan Satu, VGAnya di bangun di Processornya (APU). Nah Tapi karena dari Iritnya itu dan Konsol itu statis, Ya Jauh lebih lemah. Hanya bisa main di 1080p30FPS atau 900p60FPS dengan Visual kadang lebih rendah dibanding PC.

“Halah, Admin gimana sih, RAKIT PC 4 Jutaan bisa main GTA V Kok”….Iyeeee Tau kok Gua. Tapi kan sampe sekarang Konsol masih bisa ngasih perfoma dan visual terbaik, kalo Low-End PC harus di low lah, Harus di 720p lah. Inget, Walaupun secar Teknis Ada PC yang sama Spesifikasinya dengan Konsol belum tentu PC itu bisa nyeimbangin perfomanya seperti Konsol. biasanya PC harus lebih kuat Sedikit dibanding konsol untuk nyeimbangin perfomanya.

Console kalau mau main online harus bayar, PC Gratis tis tis.

Sebenernya kita juga ga tau kenapa kok konsol harus bayar semacam langganan untuk main game online. karena pada zaman PS3 dan Xbox 360, Hal tersebut tidak diperlukan.

tapi bisa jadi Berlangganan untuk main online ini untuk Ngefilter aja. Misalkan Hanya untuk orang orang yang sudah “Mateng” aja biar bisa lompat ke dunia Online. Atau bisa jadi Sistem online di konsol ini punya semacam teknis yang memang lebih sulit diimplementasikan daripada PC. Jadi Sony/Microsoft harus terus merawat lebih intens kepada layanan Online ini.

Lagi pula langganan tersebut juga terdapat penawaran lain misalkan Konten gratis, Diskon Pembelian game Bahkan Game Gratis seperti Playstation Plus Free Games dan Xbox Gold Free Games, ga nanggung nanggung Game AAA dan Exclusive yang digratisin

Jadi, Menurut kami Adil aja Konsol harus ada Layanan berlangganan pada Multiplayernya tapi ada penawaran lebih banyak, dan PC tidak perlu ada berlangganan tapi hanya sekedar “online” saja.

Jadi Apa Yang Harus Dilakukan? Ganti jadi “GAMING MASTER RACE”

Sudah jelas kan alasan teknisnya, nah sekarang kita STOP PC Master Race, Console Peasant dan Perang PC VS console. Kalian PC Gamer, Silahkan menggunakan “PC Master Race” karena sudah menjadi komunitas tapi jangan pernah nyebut “Console Peasant” lagi, jangan Argumen argumen PC lebih Superior dan sebagainya. untuk Konsol Gamer, jangan terlalu membangga banggakan Exclusive, jangan kalian dengki juga kepada PC Gamer akhirnya berbicara hal yang tidak sesuai fakta.

Jadi Point besar yang harus diingat adalah

  • Kita Semua Punya Satu Tujuan, Yaitu Gaming.
  • Mau Konsol atau PC, Semuanya Bisa Gaming.
  • Kedua Perangkat adalah Komputer. Konsol secara teknis adalah Komputer
  • Kedua Perangkat Punya Kekurangan dan Kelebihan.
  • Semua Itu Bisnis, Kita juga yang diuntungkan sebagai konsumen
  • Gaming Master Race!
  • BAJAKAN ITU SALAH. MAU GIMANA PUN ALASANNYA. KONSOL ATAU PC HARUS BELI GAMENYA!

Itu Dia Opini dari kami. Maaf jika ada salah kata dan perkataan yang menyinggung.

 

 

 

Rekomendasi dari kami

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

five × four =

Back to top button
Close

Adblock Detected

Tolong matikan Adblock untuk mensupport kami