Gaming Opini

STEAM Terancam bangkrut !?

Steam merupakan Ecommerce games yang cukup besar di dunia dan sudah merakyat ke seluruh kalangan para gamers. Namun ada berita yang kurang menggenakan dari steam yaitu dikabarkan steam akan terancam bangkrut.

Steam ini sudah cukup sukses dari Ecommerce di seluruh dunia bahkan sudah cukup ramah dari segi metode pembayaranya. Namun sayangnya pelan pelan tapi pasti, steam ini mulai kehilangan para penggunanya.

Salah satu penyebab kenapa STEAM ini bangkrut ialah karena banyaknya publisher yang menggundurkan diri dari steam. Contohnya seperti Rockstars games yang hamper keluar dari steam, lalu Ubisoft yang sudah punya uplay, dan EA dengan Origin nya. sehingga publisher sudah memiliki media Ecommerce yang sama seperti steam.

Penyebab berikutnya ialah banyaknya bermunculan kompetitor kompertitor yang kompetitif bersaing dengan steam. Contohnya seperti Epic Games Store, Uplay, Origins, dan lain sebagainya. lalu banyak juga games yang di tunggu tunggu oleh gamers berada di Ecommerce itu tapi tidak ada di steam.

Berikutnya dari segi aplikasi pihak ketiga, bahwasnya banyak dari kita sadar bahwa games games kelas AAA ini kebanyakan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Seperti Assasins creed menggunakan Uplay, lalu Need For Speed harus menggunakan Origin untuk launchernya, dan GTA menggunakan Rockstar.

Sehingga secara tidak langsung Steam ini memperbolehkan Ecommerce lain untuk masuk dalam Ecommerce. Menurut penulis hal ini merupakan bom waktu yang dimana suatu saat aplikasi pihak ketiga itu yang merupakan Ecommerce juga bisa mengguasai games. Hal ini ditambah dengan games games terkenal tidak tersedia di STEAM.

Dan yang paling membuat steam ini terpuruk ini ialah dari segi promo gamesnya, yang dimana diketahui bahwa steam ini kebanyakan promonya pada musim dan event tertentu. Sementara pada Ecommerce lain memiliki promo dengan harga miring.

Menurut kalian bagaimana Noobs? Tulis di komentar ya.

Fachmi Dimas

Fachmi Dimas admin and content creator, DKM of Al Hidayah, Relawan Al Kahfi, and leader of IKRIMAH.

Rekomendasi dari kami

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

three × one =

Back to top button
Close

Adblock Detected

Tolong matikan Adblock untuk mensupport kami