Gaming Opini

Siapakah yang salah? Apple atau Epic games ini pendapat kami

Hai noobs pada kali ini penulis akan menyampaikan penulis terkait drama yang sudah dibuat oleh Epic games terkait dengan fortnite yang tidak mau menurut syarat dan ketentuan yang sudah ditetapkan oleh Apple.

Nah noobs pada kali ini penulis akan memberikan pendapat terkait dengan siapakah yang patutnya salah dalam drama ini. Apakah yang salah ini Apple karena memberikan pajak yang terlalu tinggi yaitu 30%. Ataukah Epicgames yang salah karena motifnya untuk terhidar dari pajak dengan dalih demi penggembangan games. Berikut ini ulasan dari kami

“Apple vs Epicgames”

Awal mula konflik terjadi

Fortnite mobile pertama kali dirilis di perangkat Ios atau appstore, sebelum akhirnya muncul di Android atau Google. Mula mulanya games ini sangat disambut oleh para gamers mengingat games ini skan crossplay dengan versi Pc dan consolenya.

Namun konflik dimulai ketika Epicgames menawarkan metode pembayaran baru atau Microtransaction di gamesnya. Metode pembayaran ini langsung ditangani oleh Epicgames tanpa perlu melalui Pembayaran melalui Apple.

Perbedaan yang sangat signifikan atas metode pembayaran ini ialah dari segi harga yang dirasa sangat murah sekali dengan menggunakan epicgames. Hal ini tentu saja mengunggah para gamers untuk menggunakan metode pembayaran tersebut ditimbang melalui Apple.

Harga yang menjadi signifikan melalui Apple ini bisa terjadi dikarenakan Apple menerapkan sistem pajak pada pembayaranya yang dikenakan ke pelanggan sebesar 30%. Alhasil harganya ini agak lebih mahal karena ada ketentuan tersebut.

Sementara microtransaction dari Epicgames ini tidak terkena biaya tersebut karena pembayaranya ini langsung ke Epicgames tanpa adanya perantara dari apple. Karena tercium oleh Apple akhirnya Apple tanpa berpikir panjang langsung mengshutdown fortnite dari Epicgames.

Apakah pajak Apple terlalu besar ?

Oke Noobs mari kita soroti terkait dengan pajak yang dikenakan oleh setiap developer. Pajak yang dikenakan ini ialah 30% dari setiap pembelian. Sehingga misal ada games dengan harga Rp.100.000 maka Apple akan mendapatkan keuntungan Rp.30.000 dan Developer mendapatkan Rp.70.000.

Kegunaan dari pajak ini sangatlah besar noobs, sebab Apple ini mendapatkan pendapatan dari hasil penjualan produknya baik Gadget maupun produk jasa mereka serta pajak yang dikenakan ketika pihak ketiga ikut bergabung dalam pemasaran di produk Apple.

Fungsi dari pajak ini sangatlah besar juga sebab pajak ini juga memiliki kontribusi dalam penggembangan perangkat baik itu hardware ataupun software. Sebab proses pengembangan maupun penelitian juga memerlukan uang sehingga wajar perusahaan mengoptimalkan pendapatan mereka.

Masalah fortnite terhadap Pajak tersebut?

Dari pihak Epicgames sendiri menggangap bahwa Apple telah melakukan monopoly developer di Appstore yang salah satunya ini dari segi pajak yang dianggap terlalu besar. Hal ini dikarenakan developer juga memerlukan uang untuk proses pengembangan dan penelitian aplikasi mereka.

Apalagi dengan berbagai mekanisme yang ketat ketika sebuah aplikasi rilis di Appstore ini sangatlah ribet serta menyulitkan pihak developer. Hal ini dianggap bahwa Apple mengmonoply Appstore yang membuat para developer ini merugi.

Akhirnya siapa yang salah disini?

Noobs kami mengingatkan bahwa ini merupakan pendapat kami semata dari sudut pandang yang mungkin berbeda dengan kalian, sehingga wajar akan terjadinya perbedaan pendapat. Maka dari itu jika kalian ada pendapat silahkan di komen di bawah.

Kami sebenarnya mendukung Apple dalam hal ini, sebab perlu kalian ketahui bahwa games besar tidak hany dari fortnite saja. Ada games besar seperti PUBG, CODM, dan Games lainya. Mereka selama ini tidak keberatan dan menerima dari kesepakatan antara Apple dengan pengembang games.

 

Seharusnya fortnitr lah yang berkhianat sebab semenjak pertama kali mereka rilis seharusnya mereka sudah tahu dengan aturan ini. Akan tetapi menggapa ketika di perjalanan mereka malah tiba tiba tidak mengsepkati aturan tersebut, malah mereka diam diam menciptakan metode pembayaranya sendiri.

Menurut kami pajak 30% ini sudah dirasa adil antara pihak Apple dengan Para developer. Sebab hasil pajak ini juga di kaji oleh para stakeholder atau orang yang berkepentingan dalam proyek ini. Sehingga dari sini penulis merasa fortnite ini mata duitan karena ingin mendapatkan uang lebih dengan cara terhindar dari pajak tersebut.

Penulis ingatkan juga bahwa pajak ini juga merupakan salah satu pendapatan penting perusahaan, sebab tidak hanya developer saja yang membayar pajak Apple pun juga membayar pajak ke perusahaan lain untuk proses berjalanya perusahaan seningga dari sini kami mendukung Apple dalam drama yang terjadi antara Apple dengan Epicgames.

Fachmi Dimas

Fachmi Dimas admin and content creator, DKM of Al Hidayah, Relawan Al Kahfi, and leader of IKRIMAH.

Rekomendasi dari kami

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 + three =

Back to top button

Adblock Detected

Tolong matikan Adblock untuk mensupport kami