Tips n Trick

Setting AMD Link – Tips Membuat Streaming Deck Ala Ala Menggunakan HP Khusus Pengguna AMD

Kita lagi asik asik main game terus ketemu Scene yang mantep banget, indah banget, atau scene yang Seru, trus pengen diabadikan dengan mescreenshot atau merekamnya,eh tapi Tombol untuk ngerekam atau screenshotnya bentrol dengan Kontrol game akhrinya merusak momen, atau mau streaming tapi ribet sama tombol Shorcutnya? Mau Punya ELagto Stream deck eh Mahal banget gila. nah Untuk pengguna AMD Radeon kita punya tips nih membuat Streaming Deck menggunakan HP lama dan Setting AMD Link.

Kita tau sendiri Alat Streamdeck Semacam Elgato memang buat Tombol tombol shortcut yang bisa di program untuk tombol shorcut seperti Screenshot,membua Video, gonta ganti kamera dan sebagainya. Tapi untuk pengguna AMD, untuk kegiatan yang Sederhana aja kaya Ngerekam atau Streaming ke Sosial media bisa lebih mudah dan ga perlu takut bentrok sama kontrol games.

yak Aplikasi AMD Link ini merupakan Fitur dari Kartu grafis Radeon yang dapat disambungkan dengan Aplikasi pada Smartphone mu. di AMD Link kalian bisa Memonitor Perfoma GPU dan CPU mu, Terdapat Tombol Dedicated untuk Rekam, Screenshot, Membuat GIF bahkan Streaming tanpa harus bentrok sama Tombol Shorcut di Keyboard. kamu bisa lihat “Preview” SS kamu dan bisa launching game mu dari HP bahkan bisa Main Secara “Remote play” di HP mu. Wah mantep ya. gimana nih caranya? berikut adalah TIpsnya

fyi: untuk Nvidia Tidak bisa menggunakan AMD Link secara langsung, bisa diakali menggunakan APU (Bagi yang punya). dan Nvidia belum ada Aplikasi Nvidia Shadowplay di Android maupun IOS. 

Tips membuat Stream deck ala ala menggunakan AMD Link (Khusus Pengguna Kartu Grafis AMD Radeon)

1. Install AMD Link

1. Setting AMD Link

a. Buka Radeon Setting (Driver harus yang sudah Radeon Software Adrenalin)

b. Klik Setting (Gambar Gir) lalu Klik Device.

c. Lalu “enable” AMD Link Server”

2. Setting Pada Smartphone

a. Siapkan Smartphone (atau HP yang tak terpakai)

b. Buka Playstore dan Cari AMD Link, Lalu Install

c. setelah install Buka Aplikasinya

3. Koneksikan AMD link PC ke Smartphone

a. Pastikan PC dan HP kamu terkoneksi pada Koneksi yang sama

(pengguna WIfi/Router) pastikan terkoneksi pada Router yang sama

(Bukan pengguna Wifi) Bisa menggunakan Wifi Thethering dari HP

b. Lalu Pada PC di Radeon Software klik kotak “Link Device”

(Menggunakan QR Code)

Lalu Pada HP Klik Scan QR lalu Scan Barcode pada PC.

(menggunakan Server Pin)

Kamu akan melihat Nama “PC” Mu di bawah Local Network, Klik Nama PC mu.

c. Lalu Ketik “PIN” yang kamu dapatkan pada PC mu (Setelah klik Link Device)

4a. Tersambung.

Setelah Tersambung, kamu akan melihat ke Radeon Software mu Nama HP dan tulisan “Connected”

4b. Troubleshooting (Bagi yang tidak bisa terkoneksi)

a. Jika tidak bisa, Pastikan HP dan PC mu Terkoneksi pada satu jaringan (1 Router, 1 Wifi, Thethering)

b. Pastikan Koneksi mu tidak terhalang Proxy, caranya:

Buka Control panel–>Buka Network and Sharing Center–> Klik Change Adapter Setting –> klik Koneksi yang kamu Gunakan  (Jika Wifi/Thethering makapilih Wifi, Jika menggunakan Kabel LAN maka Pilih Ethernet) –> Lalu Klik Kanan, pIlih Properties —>Pilih Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4) lalu klik Properties –> pilih kedua Kotak ke “Obtain an IP Adress Automatically“. —> Klik Ok.

C. Coba Lagi Koneksi ke AMD Link.

BACA JUGA

2. menggunakan AMD Link (Smartphone)

Terdapat 5 Tab Disana, Yaitu Home, Gaming, Streaming, perfomance dan Settings. berikut adalah kegunaanya.

  1. Tab Home: Untuk melihat Aktifitas kamu yang baru saja kamu Lakukan “Recent Activity”

Tab Ini akan memperlihatkan Aktifitas  Gaming dan Media terbaru mu, jadi jika kamu baru saja Bermain game misalkan CSGO, GTA V, dan Fortnite, maka Kgame game tersebut akan muncul pada tab home. lalu jika kamu baru saja Screenshot gamenya, gambat tersebut juga diperlihatkan pada Tab Home

2. Tab Gaming: (Sub Tab Games) Sebagai Tombol Shortcut untuk PC Memainkan Gamemu tanpa harus nyari dan (Sub Tab media) Sebagai Daftar gallery Screenshot dan Rekaman mu. (Tombol “Play”) dibagian atas sebagai “Remote Play”

Semua Game yang sudah di Scan Oleh Radeon Software di PC mu akan muncul pada Tab Gaming di Sub tab Games. Gunanya jika kamu males klik atau nyari .Exe Gamenya di PC mu, kami simpel tinggal pencet daftar game yang tersedia lalu PC mu otomatis akan menjalankan gamenya. Lalu Sub tab media ini sebagai Daftar gallery, jadi semua Screenshoot dan Rekaman Gameplay mu akan muncul di sini

Lalu ada tombol “Remote Play”, Tombol ini terletak bagian atas di tab Gaming, bentuknya itu Bulat dna ditengahnya ada bentuk “Play”. jika kamu tekan maka kamu akan mengaktifkan “remote Play”. Untuk fitur ini nanti dijelaskan dibawah.

3. Tab Streaming: (Sub Tab Capture) Sebagai Tombol Shortcut dalam merekam Gameplay . (Sub Tab Streaming) sebagai Tombol Shorcut untuk menjalankan program Streamingnya, Terdapat beberapa sosial media yang tersedia seperti Twitch, Facebook,youtube dan sebagainya.

Tab Streaming ini yang seakan akan AMD link menjadi Streaming Deck Budget. di Sub tab Capture terdapat Tombol Shorcut seperti Screnshoot, Recording, Instant Replay dan membaut GIF tanpa harus bentrok dengan Tombol Keyboard. Lalu terdapat layar Preview, jadi kali kamu ga suka,tinggal pencet aja lagi. Kedua adalah Tab Streaming, Kamu bisa pilih sosial media yang kamu ingin Streaming (Login dahulu) lalu smpel klik “Go Live”. secara otomatis kamu Streaming.

4. Tab Perfomance: Tab ini akan memperlihatkan Statistik perfoma dari GPU dan CPU mu.

Tab ini memperlihatkan seberapa besar Penggunaan CPU dan GPU, RAM, Kecepatan processor bahkan Frame Rate Game mu. pada Tab ini kamu juga bisa me Setting Kecepatan GPU untuk keperluan Overclocking.

5. Tab Setting: Tab ini untuk mengkonfigurasi Settingan pada Aplikasi AMD Link mu.

Kamu bisa mengubah Susunan setting pada masing masing Tab disini.

3. Atur Letak HP mu.

Sudah Semua Di Setting dan Tekoneksi. maka Tinggal Atur aja Setup mu. Kalian Bisa Menggunakan Phone Holder atau Phone Stand sebagai dudukan HPmu. Kamu bisa meletakan secara posisi Berdiri (Vertical) atau posisi Tidur (Horizontal), pastikan Settingan “auto Rotate” di HP mu menyala.

Lalu Letakkan Phone Holder dan Hp mu di manapun sesukamu. misalkan Di letakkan di Samping Monitor didepan Keyboardmu. jadi kalo ingin screenshot langsung klik di HPmu. Nah Setup ini menjadikan HPmu Seperti Streaming Deck Ala Ala Elgato.

Contoh Setup:

Informasi Tambahan: AMD Link Remote Play

Nah Fitur Paling menarik menurut Penulis adalah Remote Play. Simpelnya Remote play ini membolehkan kamu bermain game pada PC di HPmu. Layaknya Aplikasi Steamlink atau PS4 Remote play untuk Konsol PS4. Pada Remote play ini kamu bisa menggunakan “Kontroller” yang ada pada aplikasi atau Kontroller beneran, kamu harus setting kontroller beneran ini terlebih dahulu di Settingan HP dan juga AMDlimk. Kamu juga bisa menggunakan Touchpad sebagai Mouse dan keyboard.

Gimana caranya Remote Play? Simpel aja kalian tinggal klik Game yang ada pad Sub Tab Games. secara otomatis AMD link akan membuat koneksi Remote play sekaligus PC mu membuka gamenya. Jika Gamenya sudah terbuka maka Kontroller Virtual di HP mu akan masuk sebagai “DirectInput” digamenya jadi langsung Play aja dalam mode Kontroller.

Jadi kalo pengen main Game PC mu di Ruang tamu, atau ruang keluarga tapi PC di Kamar. kamu bisa menggunakan Fitur Remoteplay AMD Link.

Itu Dia Tips Setting AMD Link dan membuat Streaming Deck Budget Ala ala Elgato. Mudah mudahan bermanfaat.

fyi: untuk Nvidia Tidak bisa menggunakan AMD Link secara langsung, bisa diakali menggunakan APU (Bagi yang punya). dan Nvidia belum ada Aplikasi Nvidia Shadowplay di Android maupun IOS. 

Ref: AMD

Tags

Rekomendasi dari kami

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

17 − 11 =

Back to top button
Close

Adblock Detected

Tolong matikan Adblock untuk mensupport kami