Gaming StuffPC

Review WD Black SN750 500GB

Review WD Black SN750 500GB

Halo Noobs! Pada kali ini kita akan me-review salah satu komponen yang terpenting dalam merakit PC yaitu memori atau bisa disebut dengan Harddisk (HDD) atau Solid State Drive (SSD). Yang akan di review pada tulisan kali adalah SSD dari brand yang cukup terkenal yaitu WD atau Wastern Digital seri WD Black SN750 500GB. Mau tau seperti apa kecepatan SSD ini serta keistimewaanya? Yuk kita bahas.

WD Black SN750 500GB merupakan Solid State Drive berjenis Nvme M.2 Pcie Gen 4 yang sudah masuk dalam label gaming dengan kategori WD Black. WD Black sendiri merupakan sub-produk yang dikhususkan untuk gaming. Kelebihan dari WD Black pada umumnya ialah dari segi design yang sangat elegan dan kecepatan “Write and Read” yang tinggi.

Kecepatan dari WD Black SN750 ini sangat cepat sekali. Berdasarkan hasil test CrystalDisk 8, kecepatan “Read” dari SSD ini mencapai 4875 MB/s dan “Write” mencapai 3396 MB/s.

Hal ini selaras dengan klaim yang diberikan oleh WD Black yang mengatakan kecepatan “Read” 5000 MB/s dan “Write” 4000 MB/s.

Lantas gimana kecepatanya dengan Harddisk biasa? Tentu saja tidak “apple to apple” apabila penulis mengambil HDD dari brand yang tidak terkenal. Maka dari itu, kami mengadu SSD ini dengan HDD WD Black P10 Game Drive.

Dengan software yang sama, WD Black Game Drive P10 dengan kecepatan HDD 7200 RPM mendapatkan kecepatan “Read” 110 MB/s lalu untuk “Write” 103 MB/s.

Bagaimana Noobs? Terlihat jelas sekali bukan perbedaannya? Kelebihan “Write and Read” yang besar ini ialah dari segi loading games atau file yang cepat serta performa kecepatan komputasi yang tinggi. Sehingga itulah kelebihan dari SSD ini.

Jika dibandingkan dengan HDD, justru HDD lebih banyak kekuranganya dibandingkan SSD karena lebih rawan rusak. Hal ini dikarenakan HDD menggunakan piringan semenatara SSD full menggunakan chip.

BACA JUGA!

Berikut Cara Membersihkan dan Mengatasi Hard Disk/SSD Yang Penuh di Komputer

Hati hati! Anda Wajib Beli SSD Dengan DRAM Cache! – Penjelasan Cache di SSD

Salah satu kekurangan dari SSD ini adalah harganya Noobs. Bagaimana tidak? WD Black SN750 500GB memiliki harga di kisaran Rp.1.200.000. Tapi, dengan harga tersebut kalian memiliki garansi hingga 5 tahun dengan syarat memiliki boksnya dan juga invoice.

Itu dia Noobs review dari kami atas SSD WD Black SN750 500GB.

Jika ada kritik, masukan dan saran, langsung aja tulis di kolom komentar ya…

Fachmi Dimas

Fachmi Dimas admin and content creator, DKM of Al Hidayah, Relawan Al Kahfi, and leader of IKRIMAH.

Rekomendasi dari kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Tolong matikan Adblock untuk mensupport kami