Gaming Stuff

Review WD Black P10 Game Drive

Memori menjadi sebuah hal yang paling penting bagi seorang gamers, apalagi game-game AAA memiliki ukuran yang semakin besar. Maka dari itu, harddisk menjadi sebuah hal yang penting untuk game Anda.

Nah Noobs, penulis telah menemukan solusinya! Untuk mengatasi kekurangan size saat mengunduh game, maka penulis merekomendasikan salah satu harddisk “gaming” dari WD yaitu WD Black P10 Game Drive.

WD Black P10 Game Drive

  1. WD Black P10 Game Drive

WD Black P10 Game Drive merupakan sebuah harddisk milik perusahaan yang terkemuka yaitu Wastern Digital. Nah, harddisk ini sejatinya ialah harddisk eksternal yang di desain sedemikan rupa sehingga kompatibel dengan perangkat konsol dan PC.

WD Black P10 Game Drive memiliki berbagai macam varian memori yaitu 2 TB, 4 TB, 8 TB, dan 10 TB. Seperti yang sudah penulis sebutkan di awal, harddisk ini support dengan konsol sebagai memory size di sistem konsol tersebut.

Sebenarnya, harddisk selain WD Black pun sudah bisa melakukan ini. Lantas apa yang menjadi kelebihanya? Berikut ini adalah beberapa fiturnya :

  1. Fitur fitur WD Black P10 Game Drive

WD Black merupakan kasta paling tinggi diantara seluruh merek WD dimana elemen WD sendiri terdiri dari biru, hijau, merah, ungu, dan hitam. Karena merupakan kasta tertinggi, maka tentu saja kecepatanya pun juga paling tinggi yaitu 7200 RPM.

Harddisk ini juga memiliki desain yang lebih berotot serta gagah di bagian sudut-sudutnya. Apalagi seluruh bagiannya ini menggunakan metal yang membuatnya lebih solid. Secara durabilitas, harddisk ini lebih kokoh ditimbang harddisk eksternal lainya.

Berikutnya adalah harddisk ini memiliki kecepatan yang penulis bisa tandingkan dengan SSD SATA dimana kecepatan Read and Write ini bisa menyentuh angka 130 Mb/s. Lebih kerennya lagi, dapat dipastikan bahwa WD Black ini langsung Plug and Play ke perangkat konsol yang membuat Anda tidak perlu khawatir dengan game-game di Playstation anda.

  1. Penggalaman Pemakaian WD Black P10 Game Drive

Penulis menggunakan WD Black P10 Game Drive ini di perangkat PC Laptop Asus ROG Strix Series. Penulis menggunakan harddisk ini sebagai memori penyimpanan games yang sekarang sudah menyentuh angka 2 TB. Sementara, penyimpanan memorinya saja hanya 512 Gb.

Ketika penulis memainkan game di harddisk ini hal yang pertama disadari ialah dari segi kecepatannya yang sangat memukau. Apalagi ditambah dengan desainnya yang elegan membuat table penulis semakin keren.

Tidak ada hal negatif  dari harddisk ini semenjak penulis menggunakanya 3 bulan yang lalu. Mungkin memang yang menjadi permasalahannya ialah bahwa hdd eksternal ini tidak praktis karena susah dilepas pasang. Namun karena penulis orangnya hanya diam di satu table, maka harddisk ini bisa dibuat berdiri serta tinggal dicolok saja.

  1. Garansi WD Black P10 Game Drive

Garansi WD Black P10 ini menurut WD Official Store memiliki masa garansi selama 3 tahun. Di garansi ini kalian juga dapat mengklaimnya di service center nya WD. Hal tentunya ini memudahkan kalian ketika ada masalah masalah pada perangkat tersebut.

Namun, penulis sendiri belum pernah mengalami kerusakaan pada harddisk ini sehingga tidak mengetahui apakah saat rusak akan diperbaiki atau diganti dengan unit baru. Penulis juga tidak mengetahui apa saja klaim garansi yang ditanggung oleh WD.

  1. Harga WD Black P10 Game Drive

Nah, kita masuk ke soal harga dari WD Black P10 Game Drive. Mungkin bagi kalian yang merupakan kaum “mending”, lebih baik minggir saja. Sebab, harga dari WD Black P10 Game Drive ini adalah Rp.1.999.000 atau dibawah 2 juta sedikit.

Namun, menurut penulis harga ini sudah tergolong murah untuk sebuah harddisk apalagi dengan merek yang WD serta dengan kecepatan 7200 RPM.

Fachmi Dimas

Fachmi Dimas admin and content creator, DKM of Al Hidayah, Relawan Al Kahfi, and leader of IKRIMAH.

Rekomendasi dari kami

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 + 7 =

Back to top button

Adblock Detected

Tolong matikan Adblock untuk mensupport kami