Review Sir!Wow Review
Trending

Red Dead Redemption 2 – Wow Review

GTA era Cowboy? Bener ga tuh Sebutannya? atau beda?

Holla Noobs! kembali dengan Wow Review. Kali ini penulis akan Review Game yang “hampir” GOTY neh! Harusnya mah dapet tapi entah kenapa dia kalah dengan game sebelah yang ga kalah bagus. Gamenya tentang Maling Maling gitu sih. Ya Ini dia

Red Dead Redemption 2

Legion Noob ID – Wow Review

Jadi, Red Dead Redemption 2 merupakan seri ke dua dari franchise Red Dead Redemption. Menceritakan tentang kehidupan Wild West. Ya jadi tentang Cowboy cowboy gitu. suasana Amerika tahun 1800 an. Developer dan publisher game ini adalah Rockstar. Dirilis Untuk PS4 dan Xbox One pada tanggal 26 Oktober 2016. Tidak ada informasi untuk Versi PC. Take Two selaku Parent Organization Rockstar diam seribu bahasa tentang nasib versi PC. Red Dead Redemption 1 waktu itu juga tidak rilis di PC, hanya di PS3, dan Xbox 360.

Oke tanpa basa basi lagi ini dia Review Kami

Story

Kerasnya Kehidupan di Wild West

Game ini menceritakan tentang kehidupan Wild West amerika tahun 1800an. Menceritakan seorang Outlaw Arthur Morgan (Protagonist) dan Pemimpin dari Gangnya, Dutch Van Der Linde. Mereka hidup dalam “outlaw” yang artinya sedang diburu oleh pemerintah. Mereka lakukan segala cara untuk bertahan dari Outlaw, mulai dari kejahatan, mencuri, maling, menipu, ataupun cara lembut.

Storytelling yang pada game ini sangat bagus, tidak repetitif, selalu saja ada event yang baru setiap misi yang kamu jalankan. Dari awal story sampai akhir, tidak ada yang terpotong atau menggantung. Banyak pengalaman yang kamu dapatkan dari cerita ini. Sebenernya banyak event yang terjadi, tetapi tidak benang merah tetap berlanjut.

Tidak hanya benang merah (Main Story) yang bagus, Side Quest dari RDR 2 juga mempunyai cerita masing masing. Side Quest yang ber-part biasanya memiliki cerita yang panjang dan menarik. Lagi lagi cerita yang menggambarkan Suasana Wild West Tempo dulu yang sangat amat menarik.

Disamping menjalankan kerasnya menjadi Outlaw dan harus menghalalkan segala cara untuk hidup. Kamu juga mendapatkan semacam “sosial value”. Yak Nilai Sosial di Cerita Red Dead Redemption 2 ini benar benar nyata dan hidup. Ada Romansa, Kepemimpinan, Loyalitas, dan sebagainya Game ini benar benar membuatmu seperti Hidup.

Berasa Hidup di Wild West Beneran (Detail yang luar biasa)

Yak, sudah disinggung, kamu akan berasa Hidup Beneran sebagai Cowboy. Dari berbagai macam event seperti loyalitas, persahabatan dan sebagainya.

Diluar geng dan story mu juga menambah nyatanya game ini. Contohnya NPC, orang virtual yang dapat berinteraksi dengan kita. Yak NPC itu ga hanya diem saja, mereka seperti trus memperhatikan gerak-gerik mu! Mereka bisa kapan pun benci dan suka kepada mu. Kamu harus menjaga “Attitude” mu jika ingin menjadi “Good Cowboy”

Red Dead Redemption 2_20181206132322

Tingkahmu terhadap geng mu dan orang lain juga akan mempengaruhi sifat dan reputasi mu, bakal menjadi Baik atau jahat. Lalu kamu juga bisa membantu orang sakit, membantu orang yang kesusahan, ataupun sebaliknya kamu dapat memeras orang yang sedang kesusahan tersebut.

Pilihan dan kebijakan ada di Player, tinggal memilih yang terbaik bagi mu. Membantu orang dan sebagainya tersebut masuk sebagai Free roam Event (akan dijelaskan di Section Gameplay)

Penulis Akan Kasih Contoh Detail dari Kehidupan di Red Dead Rdemption 2 yang amat Detail. Kami akan peringatkan ini adalah MINOR SPOILER. (Menunjukan Detail dari Event Free Roam,Tidak Main Story) bagi kamu yang demen nyari detail sebuah game, kami rekomendasikan untuk Skip Section ini.

(MINOR SPOILER DIMULAI DARI SINI)

Saat kamu sedang berjalan menggunakan kudamu, kamu akan bertemu Orang yang sedang kesakitan. Orang tersebut mendapat luka karena digigit ular. kamu dapat memilih Mau memberi obat, atau membantunya mengeluarkan Racun. Saat kamu selesai dengan Free Roam Event tersebut, NPC yang kamu temui akan berterima kasih dan bilang “Ia akan membalas perbuatan mu”.

Setelah itu, saat sedang berjalan dikota. Kamu akan dipanggil-panggil oleh NPC. Yak, ternyata orang tersebut yang kamu tolong berada disebuah teras toko. Ia mengingat apa yang kamu lakukan tempo dulu. Akhirnya NPC tersebut akan membelikan apapun yang ada di toko yang sedang ia singgahi. Apapun yang kamu ambil (1 item_) akan gratis dan biayanya akan diberatkan kepada NPC.

Itu contoh “Sosial Value” yang terjadi di Red Dead Redemption 2. Balas Budi adalah kata yang cocok dalam Event tersebut. Penulis yang memainkannya merasa kagum atas detail ini, serasa manis dan nyata di hati. Apalagi penulis waktu itu membutuhkan Senjata, eh ditraktirin deh gara gara nolong dia. hehehe.

(MINOR SPOILER SELESAI)

Jadi,apapun yang kamu lakukan. harus berhati hati,ya sama seperti kehidupan nyata ya, jangan sembrangan dalam memutuskan sesuatu. Perlakuan NPC kepada kamu di game ini mirip banget dengan kenyataan. Tapi ya balik lagi, ini hanya game dan simulasi, jadi kamu respawn kalo kenapa napa. Hehe.

Rockstar Bener Bener Briliant dalam Menyusun Story di Red Dead Redemption 2. Ga hanya fokus di Main Story, bahkan Side Quest dan Free Roam Eventnya pun benar benar diperhatikan! Good Job Rockstar! Dan estimasi menyelesaikan Main Story ini sekitar 42 Jam LEBIH!

Gameplay

Berkuda, Menembak dan Berburu di Map yang Luas!

Ya, Gameplay Intinya adalah kamu Mempertahankan diri dari segala musuh mu. yaitu Shooting. Mekanik Shooting di Red Red Redemption 2 ini Amazing. ya Senjata mu itu susah digunakan, namanya juga tahun 1800an (tepatnya 1899) dimana teknologi masih terbatas. Ngga ada Machine Gun waktu itu, jadi tembak menembak harus lebih fokus dan jangan terlalu bar-bar.

Dalam memembak kamu akan dilengkapi oleh “slow mo” ability yang dinamakan “Dead Eye”. Kalau kamu pernah main Grand Theft Auto V dan menggunakan karakter Franklin, Skill Franklin sama percis dengan Dead Eye nya Arthur.

Berkuda merupakan jawaban bagi “kendaraan” di Red Dead Redemption 2. Game ini mempunyai MAP yang sangat Luas. Topografi dan Bioma di game ini juga berbeda beda. Padang rumput, kebun, sungai, danau, salju Dan sebagainya.

Berkuda juga ada limitnya! Kudamu bisa laper dan capek, jadi jangan keras-keras dengan kuda mu. Kamu harus menjaga dan merawat kudamu dengan baik, agar kuda mu dapat terus bersama mu menelusuri dunia Wild West yang luas.

Red Dead Redemption_Rainbow_

Masing-masing Bioma mempunyai binatang yang berbeda beda. Banyak sekali hewan yang ada di game ini. Dari Rusa, Bison, Kalkun, Babi Hutan, Buaya dan sebagainya. Hewan hewan ini dapat kamu buru dan kamu ambil Bagian pentingnya untuk makan dan crafting.

Dan juga terdapat tumbuhan yang bermacam-macam hasil SDA nya. Untuk kepentingan hidupmu di wild West yang keras ini.

Makan dan Istirahat

Ya, Red Dead Redemption emang sangat memperhatikan detailnya. Health bar ada 2 bagian, Bar luar, dan Core. Core tersebut sebagai Health Cadangan. Jika bar luarnya habis, kamu tidak perlu khawatir masih ada Core yang siap regenerasi. Health Core tidak dapat regen. Kamu bisa dapatkan dengan Makan, ataupun isturahat. Jadi jangan paksain player mu terus beraktifitas atau nanti game akan menjadi sulit.

Terdapat juga Energy dan Dead Eye, mereka sama mekanismenya dengan health. Core tidak dapat Regen dan kamu harus istirahat/makan untuk mengisinya kembali.

Lakukan Apa Yang Mau Lakukan, Ga Harus Main Story dan Nembak Nembak Melulu

Rockstar tidak hanya memfokuskan dalam Main Story, mereka juga sangat memperhatikan Side Quest dan Free Roam Event. Bahkan Aktifitas Kecil seperti nonton Theater, Entertainment, Judi juga diperhatikan dengan Baik.

Kamu Dapat Mengunjungi Beberapa Bangunan, seperti Saloon. Kamu dapat menginap hotel, mandi, bahkan berinteraksi dengan NPC seperti Main Poker dan sebagainya. Banyak sekali aktifitas kecil yang dapat kamu lakukan.

Side Quest akan terdapat dan tersedia setelah kamu menjalankan beberapa Main Story. Side Quest ini ada yang berbentuk Story, atau hanya Aktifitas Selingan. Side Quest yang aktifitas selingan akan hanya bermanfaat dalam menambah Uang dan Item mu, Side Quest Story ini macam Main Story tapi bukan benang merah dari Cerita RDR 2.

Free Roam Event akan tersedia saat kamu sedang berjalan jalan di Map. Banyak sekali Variasi yang tersedia di Free Roam Event, seperti menolong orang, atau sekesar mendengar ocehan si NPC. Free Roam Event ini sangat Menarik, karena se waktu waktu akan mempengaruhi Mudah atau gampangnya Game mu, dan juga memperlama Waktu main mu di Game ini dengan memberikan gambaran kehidupan di Old West.

Red Dead Redemption 2_20181209173134

Lalu Kamu juga dapat Memancing, berburu, Meramu Tumbuhan. Bahkan Mencari Fosil. yak Red Dead Redemption 2 mempunyai “Collectible” yang dapat kamu dapatkan selama game. Collectible ini akan “Triggered” sebagai Side Quest. Jadi ga tiba tiba aja kamu punya tugas collectible,tapi kamu harus mencarinya terlebih dahulu yak seperti kehidupan real ya.

Mekanisme Game

Visual

Grafis Dari Game ini jangan ditanya…. Rockstar bener bener berulah lagi. mereka memberikan Grafik yang memukau dan Realistis.

Dari Texture, Lightning, Anti Aliasing, Shadow dan sebagainya itu bener bener mind Blowing untuk Hardware yang udah berumur 5 tahun. Rockstar memang tidak pernah mengecewakan dalam hal Visual, apa yang mereka lakukan terhadap game lamanya, mereka lakukan juga di game barunya.

Red Dead Redemption 2_Waterfall_Legion Noob ID Docs

Lalu Interaksi Antar Objek dengan objek lainya juga sangat realistis. Dari Angin yang menghembus Dedaunan, Rumput yang bergoyang karena interaksi player, burung burung berterbangan saat mendengar suara tembakan, debu yang bertebangan karena kuda yang berlari, Kabut Rawa yang menyeramkan….Apapun Terdapat di game ini. Game ini bisa dibilang sangat Detail Dan Realistis

Suara

Semua bentuk Suara dari game ini  juga Bagus. Suara Tembakan Senjata yang sangat high quality. Rockstar benar benar melakukan observasi bagaimana Senjata tahun 1899 itu terdengar. Suara Kuda, Suara Angin suara perkotaan pun juga sangat Bagus. menambah Realistis dari game ini yang membuatnya menjadi lebih Hidup

Red Dead Redemption 2_20181114120900

Voice Acting dari karakter pun juga dikerjakan sungguh sungguh. Lip Syncnya yang bagus, dan besar rendahnya suara sangat singkron dengan apa yang lagi terjadi pada Scene. tidak ada terdengar Voice Actor sedang membaca Script. Mungkin mereka saat membawakanya benar benar sepenuh hati dan merasa mereka sedang di  Wild West beneran. pokoknya Bagus banget.

Control

Control Di Red Dead Redemption jujur agak sedikit, Sedikit Banget Choppy. mungkin karena terlalu Realistis, jadi kontrol agak sedikti banyak belajar. Contoh kaya menembak. mungkin kamu sering Spam R2 atau RT. tapi disini sebenernya ada Delay untuk menembak, karena ya senjata zaman dulu tidak otomatis.

Mengendarai kuda juga kadang agak susah dalam kontrolnya. ya kadang kuda Stuck lah, atau susah dibelokin atau belok banget, dan sebagainya. terkadang juga seperti ada yang menghalangi jalan mu dan Stuck.

Overall, Walau Kamu harus lebih fokus dan membiasakan agak lama di kontrol RDR2,  Kontrol tetep Fluent dan tidak ada Delay. tetep top markotop!

Perfoma

Game ini hanya ada DI konsol tepatnya PS4 dan Xbox One, Visual Preset sangat identik Semua Platform, tidak ada salah satu konsol terkena downgrade. yang membedakan adalah Konsitensi Frame rate dan Resolusi. Kami menggunakan Konsol PS4 Base (Mayoritas Punya Konsol ini) dan mendapat hasil sebagai berikut

PS4 Base [Fat/Slim] (30 FPS Lock, 1080P Native Resolution)

  • Di Ruang Terbuka: Perfoma Steady 30FPS Saat Busy (Seperti Perang atau Ramai): Tetap 30 FPS
  • Diperkotaan Padat: Perfoma Turun hingga 25 FPS Saat Busy: tetap 25 FPS
  • Kota Kecil: Perfoma Turun Hingga 27 FPS Saat Busy: Turun Hingga 26 FPS
  • Hutan: Turun Hanya 29 FPS dan sangat jarang terjadi Saat busy: Masih Konsistent
  • Salju: Perfoma Steady 30FPS Saat Busy: Tetap 30FPS
  • Cutscene: Bisa turun Hingga sampe 22 FPS tetapi hanya persekian detik.

Kesimpulan: List Diatas merupakan beberapa Kecil Scene dimana Perfoma dapat  berpengaruh, dan hasilnya Perfoma Playable, tidak akan terlalu berpengaruh dengan Gameplay. Cukup Konsistent

Red Dead Redemption 2_20181115222810

Keuntungan Bermain Game ini

Kamu menganalisis Game ini, dan mendapatkan beberapa poin poin keuntungan dalam bermain Red Dead Redemption 2 sebagai berikut

  1. Konsentrasi, Game ini dapat menambah Konsentrasi mu, ya seperti Hunting dam menembak itu sudah sangat cukup dalam memperkuat konsentrasi mu
  2. Life Learning, Rockstar bener bener observasi terlebih dahulu dalam membaut game ini, yang menjadikan persentasi game ini sangat bagus, sudah disinggung,gmae ini terdapat Nilai Sosial.
  3. Menambah Kemampuan Literasi, Kamu harus sering sering baca di game ini dan mencari informasi. Game ini akan mengajarkan mu  untuk dapat mencari informasi. terkadang bacaan bacaan yang terdapat digame akan membuat mu Dapat Dolar.
  4. Menambah kecerdasan, Game ini agak tricky di Mission ataupun Free Roam Eventnya. Dengan kamu bisa Menyelesaikannya, kamu dapat melatih kecerdasan.
  5. Mendapat Wawasan Gambaran Sejarah Kehidupan Zaman Dulu, Walau Game ini Fiksi, seperti Nama Tempat yang tidaka da didunia nyata, tetapi Rockstar sepertinya melakukan Survey terlebih dahulu, Pretty Much Kehidupan Wild West yang benar terjadi didunia nyata itu Indentik dengan yang ada di Game. dari gaya Bahasa, Gaya Pakaian, Gaya Hidup ataupun Budaya Amerika zaman dulu.
Red Dead Redemption 2_20181209173717

Verdict

Red Dead Redemption 2 ini game yang sangat briliant.  Rockstar benar benar berhasil Develop Game ini benar benar matang. Harga yang agak mahal dan Release Date  yang Didelay mulu merupakan hal yang Wajar dan tolerable jika Presentasi dari game ini Amazing. Dari Story,Gameplay Hinggal mekanikal game yang benr benar Matang hingga Tulang. membuat game ini Pantes dikasih Rating Full!. Rockstar Strike again!

Catatan: Red Dead Redemption 2 Mempunyai Mode Online bernama Red  Dead Online, kami akan Review Secara Terpisah dan Review ini foksu ke Single Playernya.

Terima Kasih Telah Membaca!,tunggu Wow Review Selanjutnya!

 

Red Dead Redemption 2

Overall - 10

10

Masterpiece!

Red Dead Redemption 2 Game yang Realistis, Yang memainkannya akan berasa seperti Hidup Nyata di Tanah Wild West

User Rating: Be the first one !

Rekomendasi dari kami

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 × three =

Back to top button

Adblock Detected

Tolong matikan Adblock untuk mensupport kami