First ImpressionGaming Opini

PS3 udah ketinggalan zaman kah ? – Review and First Impression Playstation 3 Super Slim

Halo anak anak milleniel !! siapa diantara kalian yang pernah memainkan PS 3 di rental ? wahh pasti kalian sering cabut sekolah nihh buat main games PS 3 di rental kan? Hayo ngaku aja wkwkw…. Oke pada kali ini penulis akan melakukan review sedikit nih tentang PS 3 di zaman sekarang apaka masih  layak membeli PS 3 dan memainkanya ataukah tidak di zaman era 2018 ini, mau tau pembahasanya kuyyy lah kita bahas..

Playstation 3

Playstation 3 adalah sebuah console besutan sony playstation yang dimana sebagai penerus playstation yang terdahulu yaitu Playstation 2 yang dirasa cukup laku dipasaran kala itu,dan pada akhirnya sony menggeluarkan edisi console terbarunya yaitu Playstation 3. Untuk edisi Playstation 3 ini bahwasnya memiliki 3 versi yaitu Playstation 3 Fat (1000 Series) Playstation 3  Slim (2000 Series) dan playstation 3 (2000 – 3000 Series). Tentu saja masing masing versi ini memiliki sebuah perbedaan namun tidak terlalu signifikan saja.

Sony mengrilis versi versi Playstation 3 ini karena beberapa alasaan yang salah satu adanya masalah overheating sony di kala itu memiliki masalah yang sangat mendasar yaitu masalah panas berlebih pada perangkat mereka dan itupun termasuk ke jenis HP mereka  beserta console di bidang Playstationya tersebut. Diketahui pada Playstation 3 Edisi pertama kali atau Fat ini memiliki masalah yang cukup membuat sebel yaitu masalah panas pada perangkat hingga membuat perangkat ini tidak bisa dimainkan,

dan masalah yang paling seriusnya ialah hingga Playstation 3 fat ini tidak dapat dimainkan sama sekali. Namun selalin maslalah overheating bahwasnya sony juga kejebolan pada masalah software yang dimana beberapa bulan setelahnya games games bajakan pun mulai bermunculan dimana mana yang membuat games games original ini tidak laku dipasaran dan pembeli lebih memilih games bajakan dibandingkan original.

Sehingga akhirnya mereka terpaksa mengrilis PS 3 Slim sesegera mungkin agar dampaknya kerugian sony ini berkurang dan mengikat  para gamers akan senantiasa membeli produk mereka. Dan di PS 3 slim ini syukurnya masalah oerheating ini cukup selesai akan tetapi juga ada PR yaitu masalah pembajaan games hingga akhirnya membuat sony ini harus sering melakukan update teruss terusan agar mereka bisa aman aan tetapi para pembajak ini lebih pintar hingga akhirnya sony tidak berhasil menggatasi pembajakan tersebut.

Dan langkah yang terakhir sony akhirnya memuculkan sony PS 3 super slim yang dimana dia mengkalim bahwa playstation ini tidak akan overheating terlalu cepat, lalu dari segi listrik itupun juga hemat, serta bermain games online kini lebih terasa. Sehingga ddengan device ini bahwasnya sony ingin seserius mungkin untuk menghilangkan pembajakan. Menurut penulis sony ini hampir berhasil menggatasi hal tersebut namun faktanya PS 3 super slim ini pun juga masih bisa dibajak dengna menggunakan metode backdoor.

Spesifikasi Playstation 3

Berikut ini adalah spesiifkasi dari Playstation 3 all Series yaa :

  • Media : Blu-ray Disc, DVD, CD
  • OS : PlyStation 3 system software (BSD)
  • CPU : 3.2 GHz Cell Broadband Engine with 1 PPE & 7 SPEs
  • Memori : 256MB XDR DRAM system & 256MB GDDR3 video
  • Penyimpanan : 2,5 inch SATA hard drive (up to 500GB)
  • Grafik : 550 MHz NVIDIA/SCEI RSX Reality Synthesizer

Untuk  processor sendiri bahwasnya menggunakan teknologi terbaru IBM di kala itu yaitu cell processor-nya, yang dimana processor ini dapat mengoptimalkan operasi floating point yang berguna untuk meningkakan kinerja dari processor. Tentu saja tekhnnologi ini sangat berbeda prosesor desktop yang murni menggunkan core sebagai inti dari kinerja atau performa komputer tersebut karena kemampuan cell processor PlayStation 3 ini untuk mengoptimlakan grafis yang juga tertanam dari processor tersebut. Lalu tau kah kalian playsstation ini menggunakan Ram berapa ? RAMnya itu hanya 512 MB lohhh!! Waduuhhh beneran 512 MB!! Jadi memang benar bahwasnya spesifikasi dari playstaion ini sangat lah rendah untuk waktu sekarang akan tetapi untuk waktu dulu behh itu udah lumayan lohh… namun perlu diingat bahwasnya dengan OS mereka yang sangat optimal di PS 3 membuat spesifikasi playstation 3 ini menjadi sangat optimal banget

Games yang dimiliki beserta grafis

Untuk games yang ada di PS 3 ini bahwasanya hingga sekarang masih ada beberapa games yang masih tetap rilis di playstation 3 lohh salah satunya games yang terkanl yaitu FIFA 19. Dan untuk record penjualan games terbesar sony Playstation 3 ini adalah Grand Theft Auto 5. Lantas bagaimana grafis yang dimiliki oleh PS 3 ini? dari beberapa grafis yang ada ini bahwasnya penullis menggasumkan kalau grafinya ini berada di settingan HDMI ya.. jadi menurut penulis grafis yang ada di PS 3 ini bisa dikatakan cukup bagus hal ini dikarenakan tekhnologu Cell processor yang dimana dapat mengoptimalkan seluruh kinerja core besrta grafisnya juga. ditambah lagi dengan games yang menyesuaikan dengan sistem sehingga menjadi sangat optimal sekali dengan playstation 3 ini.

Apakah worth it untuk dibeli ?

Menurut penulis jika kalian kekurangan budget untuk membeli Playstation 4 bahwasnya Playstation 3 ini bisa menjadi pilihan yang logis untuk kalian beli. Namun untuk seperti pada postingan sebelumnya kalau Playstation 3 ini sudah resmi ditutup atau tidak di produksi lagi sehingga yang bereda sekarang ini adalah edisi reffurbish atau edisi servisan. Sehingga menurut penulis mendingan kalian nabung buat beli PS 4 dari pada beli PS 3 cepet rusak terus main gamesnya bajakan hehehe…. Namun itu kembali lagi kepada kalian yaaa maunya bagaimana.

Rekomendasi dari kami

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 × 4 =

Back to top button
Close