Gaming InfoGaming Opini

PS Vita di Tahun 2022

PS Vita di Tahun 2022

Halo Noobs! Pada tulisan kali ini penulis melakukan review sekaligus analisis terhadap konsol mobile milik Sony divisi PlayStation yaitu PS Vita. Mungkin beberapa dari para pembaca udah pada tau tentang konsol ini meski ya tentunya ada juga yang belum.

Gaming Opinion

PS Vita Worth It di 2022 ?

Mungkin bagi yang belum kayaknya hal tersebut wajar soalnya Ps Vita emang udah cukup lama keluarnya. Konsol ini dirilis di Electronic Entertainment Expo (E3) di Los Angeles, California, America Serikat pada tanggal 6 juni 2011.

Ya kurang lebih udah ada 8 tahun ini konsol mobile beredar di seluruh dunia. Maka dari itu, penulis akan menganalisis apakah masih worth it membeli PS Vita di tahun 2022?

Sebelum itu, penulis ingin menjelaskan di awal bahwa PS Vita ini ada 2 tipe yaitu PS Vita Fat (1000 Series) dan Ps Vita Slim (2000 Series). Tapi penulis enggak ngomongin konsolnya melainkan sistem, games dan aksesibilitas kita ketika main games.

PS VITA Gambar
Tampak depan PS Vita

Apa itu PS Vita?

Kalau kata Wikipedia, PS Vita adalah konsol video game yang diluncurkan oleh Sony Computer Entertainment setelah meraih kesuksesan oleh Playstation Portable generasi pertama.

Menurut penulis, PS Vita itu adalah konsol mobile yang bisa dimainin kemana aja. PS Vita ini muncul sebagai lanjutan dari penerus kakaknya yaitu PlayStation Portable. Pasti kalian udah pada tau kan PSP dulu lakunya kek gimana?

Dan juga kalau udah punya PSP, itu udah seperti kayak kebanggan sendiri gitu buat pamerin ke temen-temen sekolah. Karena hal ini, Sony melihat sebuah peluang yang sama, lalu menciptakan PS Vita sebagai penerus PSP.

PS VITA Tampak depan
PS VITA Tampak depan

Apa Bedanya PSP dengan PS Vita?

Perbedaan dari PSP ke PS Vita menurut penulis sangat signifikan sekali. Berikut ini beberapa perbedaannya:

Analog

Yang pertama dari segi analognya. Kalau PSP hanya memiliki satu analog akan tetapi PS Vita ternyata memiliki 2 analog kiri-kanan sehingga kalau main FPS, Sport, RPG, dan lain-lainnya itu enak banget kayak main konsol seperti PS2, PS3, dan PS4.

Tombol (Button)

Yang kedua dari segi tombol sebenarnya sama saja lengkapnya kayak PSP. Cuman dimensinya yang agak beda sebab PS Vita ini gede secara dimensi atau ukuran sehingga tombolnya jadi lebih presisi sama jadi lebih enak dipencet.

Layar atau Display

Ketiga dari segi layar. Kalau untuk mengakses PSP menggunakan tombol sementara kalau PS Vita ini sudah bisa touchscreen. Untuk bentang layarnya, PS Vita lebih besar dari PSP. Resolusinya juga 6 kali lipat lebih tajam dibandingkan PSO. Yang paling keren, touchscreen di PS Vita ini ada 2 yaitu depan belakang yang disebut dengan touchpad. Fungsinya adalah sebagai pendukung kontrol di game kalau ada yang support dan juga sebagai R2, R3, L2, L3 di fitur Remote Play Ps 4 (nanti dibahas ya di fitur PS Vita).

PS VITA Tampak depan dan belakang
Tampak depan dan belakang PS Vita

Design

Yang keempat, dari segi design tentu saja PS Vita ini menggunakan design yang baru serta lebih elegan sebab konsol ini 80% menggunakan material kaca loh. Tapi sayangnya, PS Vita enggak menggunakan semacam pelindung seperti GorilaGlass karena memang pada saat perilisannya, itu belum ada sehingga memang wajar. Tapi bisa dipasang skin kok.

Spesifikasi

Yang terakhir yang tak kalah penting yaitu spesifikasi. Dari segi processor sudah menggunakan ARM Cortex A9. Untuk processor emang kurang terkenal ya perusahaanya yaitu “ARM Holdings”. Tapi jangan salah loh! Perusahan ini malahan sudah berpartisipasi dalam beberapa device yang ada. Contohnya,  Apple, Exeynos, Samsung, Mediatek, dll, sebelum mereka akhirnya bisa berkembang sendiri.

Walaupun begitu, tahukah kalian kalau processor itu udah dibekali 4 Core dengan kecepatan hingga 2 Ghz.Ini kalau diibaratkan pake Antutu, menurut penulis scorenya udah bisa nyentuh angka 80 hingga 100 ribuan. Soalnya emang processor ini difokuskan ke gaming sehingga ya harus optimal.

Untuk GPUnya menggunakan GPU SGX543MP4 Power dimana VGA ini paling powerfull buat mobile gaming bahkan perusahaan ini sebagai distributor VGA di Device iPhone yang terkenal dengan device yang paling powerfull. Sehingga secara spesifikasi udah super bangetlah di jaman dulu.

Fitur yang Ada di PS Vita

Nonton Film atau Video

Untuk fitur sendiri, PS Vita bisa digunakan untuk memutar video hingga resolusi 1080 x 1920 60FPS. Menurut penulis, ini adalah resolusi yang cukup bagus untuk tahun ini walaupun memang tidak bisa 4K sebab permasalahan perkembangan teknologi pada waktu itu serta buat apa resolusi 4K untuk nonton video. Dan juga di PS Vita juga bisa memutar film dengan syarat download resmi di Sony.

Memutarkan Lagu

PS Vita juga bisa digunakan untuk memutar musik dan hebatnya lagi kalian bisa main games sembari mendengarkan lagu kesukaan tanpa heng. Dan juga di PS Vita ini, memiliki fitur browsing loh mulai dari buka sosial media, Google, Youtube dan lain sebagainya. Kalian juga bisa mengakses aplikasi Playstation seperti Massage, Party, Friend, Trophies, dan lain sebagainya.

Kamera

Yang paling tidak disangka ketika penulis pertama kali membeli PS Vita ialah konsol ini memiliki kamera depan dan belakang dengan resolusi 5 MP serta bisa merecord hanya dengan resolusi 480p–720p. Penulis waktu itu sempat berfikir untuk apa Sony memasukan kamera di PS Vita ? Ternyata jawabannya adalah PS Vita ini bisa menggunakan AR (Augmented Reality) dan AR ini digunakan untuk bermain games bahkan ada beberapa game yang harus menggunakan AR ataupun sebagaian menggunakan AR.

Hebat tidak? Di jaman dulu AR belum begitu terkenal. Fitur ini baru dimunculkan Sony sekitar 2013 pada Hpnya yaitu Sony Xperia.

BACA JUGA!

Persona 4 kini hadir di PC yang awalnya ekslusif di PS VITA

Uncharted Golden Abyss, Game terbaik di PS Vita – Remember Review

Remote Play dengan PS Vita

FITUR YANG TAK KALAH PENTING!

PS Vita ini bisa digunakan untuk Remote Play Playstation 4 loh! Maksud Remote Play itu apa sih? Remote Play itu fitur yang digunakan Sony Playstation untuk mengontrol PS4 dengan menggunakan PS Vita sehingga kalian bisa memainkan games PS4 di PS Vita. Mau sambil tiduran kek, di toilet dan di tempat lain, semuanya bisa. Lalu gimana dengan R2 R3 nya? Seperti yang dijelaskan sebelumnya, PS Vita ini memiliki touchscreen belakang atau bisa disebut touchpad. Nah, peran dari touchpad ini sebagai tempat R2 dan R3. Kalau kurang enak, tinggal beli aja case khusus untuk R2 dan R3 sehingga ketika TV kalian lagi dipake sama keluarga dan mau main, tinggal hubungin aja Remote Play ke PS Vita dan main di kamar. Untuk remote Play harus memiliki perangkat pendukung

KESIMPULAN

Sebenarnya dari sini kami dapat simpulkan bahwa PS VITA masih sangat worth it sekali bagi kalian yang hendak ingin bermain games secara mobile seperti PSP. Namun menurut kamu karena PS VITA ini sudah sangat tua sekali sehingga sudah banyak sekali bajakan dari games ini yang membuat sangat sulitnya mencari PS VITA Original. akan tetapi selama PS VITA belum ada regenerasi atau penerus dari PS VITA menurut kami PS VITA saat ini cukup worth it di tahun 2022.

Fachmi Dimas

Fachmi Dimas admin and content creator, DKM of Al Hidayah, Relawan Al Kahfi, and leader of IKRIMAH.

Rekomendasi dari kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × four =

Back to top button

Adblock Detected

Tolong matikan Adblock untuk mensupport kami