Gaming Opini

Perlu gak sih pake SSD buat ngegaming ?

Halo guys pada hari ini penulis akan memberikan opini terkait hal yang terpenting untuk para kalangan gamers console dan PC nih yaitu Memory Disk atau orang orang biasanya sih manggilnya HardDisk. Namun sebenarnya HardDisk ini sudah termasuk kedalam katagori tipe Memory Disk Cuman biar enggak binggung penulis langsung aja deh sebutin ajaa harddisk biar enggak binggung. Harddisk ini berfungsi sebagai menyimpa memory game game kalian kalau diibaratkan di bagian tubuh itu HardDisk itu kayak bagian otak kita, yang berfungsi untuk menyimpan data data atau memory tertentu. Fungsi Harddisk dalam ngegames ini sangat fatal atau paling signifikan penggaruhnya karena kalau enggak hardware ini bisa enggak ngegames sama sekali kalian Hehehe… pada kali ini penulis akan membahas terkait dengan lawanya Harddisk yaitu SSD atau Solid State Driver, Solid State Driver secara prinsip sama dengan HArddisk atau HDD, hanya saja SSD ini lebih cepat 2 hingga 10 Kali lipatnya HardDisk akan tetapi bahwasnya SSD ini masih tergolong mahal untuk 1 TB saja membutuhkan uang hingga 5 Juta dibandingkan dengan HDD dengan memory 1 TB saja dapat dibeli dengan harga 1 Juta 1 saja tergantung mereknya serta kecepanya. Maka dari itu penulis  akan membahas pada tulisan ini apakah memang seorang gamers perlu dengan SSD ataukah tetap stay di HDD ?

Apa itu SSD ?

SSD atau disingkat Solid State Driver adalah salah satu media penyimpnan utama yang ada didalam computer dengan menggunakan teknologi chip/IC sebagai tempat penyimpananya yang membuat kecepatan membacanya (Read/Write) sangatlah cepat. Untuk jaman sekarang tahun 2018 SSD Sendiri adalah memory yang paling cepat untuk saat ini dibandingkan dengan memory disk lainya. Bayangkan saja untuk booting windows 10 saja hanya memerlukan 1-3 Detik saja, dan untuk kecepatanya harddisik ini bahwasnya hingga saat ini sudah sampai 1 Gb/Sec bahkan bisa lebih. Maka dari itu SSD ini sudah terlampau jauh dengan HDD di berbagai sector termasuk juga daya listrik, ketahanan, potensi kekurangan harddisik dan lain sebagainya. Hal ini dikarenakan SSD menggunakan Chip/IC yang membuat ketahanan serta daya konsumsinya jauh lebih rendah.

Bedanya SSD dengan HDD (Harddisk ) apa ?

Perbedaan yang paling mencolok dari HDD dengan SSD ini adalah kompenen yang digunakanya, kalau SSD ini menggunakan IC sementara HDD menggunakan kepingan seperti DVD. Jika kalian membongkar harddisk kalian atau melihat review membuka harddisk bahwanya ada benda berbentuk lingkaran seperti kepingan cd, nah inilah kompenen yang digunakan harddisk untuk menyimpann memory memory kalian prinsipnya sama seperti kelian memburning DVD loh hanya saja untuk harddisk penggelolaanya lebih cepat dan lebih efisien ditimbang Dvd. Secara gambaran proses bahwasnya didalam HDD terdapat seperti jarum jam dan bergerak gerak jika dinyalakan komponen ini berfungsi sebagai write and read nya harddisk sehingga ketika kalian menggakses harddisk bahwasnya jarum tersebut akan bergerak gerak serta mencari data yang kamu inginkan serta merubah data sesuai kamu inginkan. Sehingga semua jalanya proses memory di harddisk ini menggunakan kompenen seperti jarum jam tadi, dan juga termasuk kecepatan harddisk tersebut, maksud dari kecepatan ini adalah kecepatan pada lempengan dvd tadi. Makanyaa ketika kita membeli harddisk ini ada kecepatanya dalam satuan RPM. Untuk SSD bahwasanya seperti yang dijelasskan penulis tadi bahwa SSD menggunakan IC atau Chip hal ini sama seperti memory internal yang ada di Hp kalian itu. Untuk prses pembacaanya sendiri bahwasnya murni menggunakan listrik yang menggalir oleh karena itu kecepatan membaca SSD lebih cepat dibandingkan dengan HDD.

Apa untungnya menggunakan SSD untuk para gamers ?

Seperti yang dijelaskan bahwasnya SSD ini memiliki fitur yaitu kecepatan akses yang sangat tinggi, ketahanan komponen yang membuat kalian tidak  perlu khwatir kalau nanti akan rusak, memiliki daya yang rendah yang membuat beban power suplai atau listrik kalian enggak anjlok, dan masih banyak lagi kelebihanya. Ketika kalian menggunakan SSD buat gaming bahwasnya kalian akan merasakan perbedaan yang signifikan yang pertama dari starting games itu sendiri yang sangat cepat, lalu kalian akan merasakan kecepatan akses mengload data yang dimana kalian tidak perlu minggu lama untuk loading games, yang ketikga tentu saja FPS dari games tersebut akan meningkat walaupun hal ini akan dipenggaruhi juga oleh Processor, Vga, dan ramnya. Namun SSD ini juga berperang penting dalam peningkatan performa games kalian.

Kesimpulan untuk memilih

Memang semua kelebihan pasti akan ada kekurangan termasuk juga SSD ini bahwasnya menurut penulis SSD ini memiliki kelemahan yaitu harganya yang mahal namun mungkin bagi beberapa orang hal ini relative saja, namun jika kamu membeli SSD dengan kapasitas yang rendah maka kelemahanya adalah kurangnya data penyimpanan untuk game games yang kamu miliki hal ini dikarenakan games games sekarang memiliki memory yang sangat besar sehingga games sekarang dituntut untuk memiliki kapastias yang besar juga. Maka dari itu ketika kamu membeli SSD haruslah membeli yang memiliki kapasitas yang tinggi maka resiko yang kamu ambil juga harganya yang tidak bisa dikatakan murah.sehingga SSD ini diperuntukan untuk seorang gamers yang memiliki budget lebiha atau gamers sultan. Namun jika kalian seorang gamers yang low budget maka kalian tanggal tetap stay di HDD saja.

Fachmi Dimas

Fachmi Dimas admin and content creator, DKM of Al Hidayah, Relawan Al Kahfi, and leader of IKRIMAH.

Rekomendasi dari kami

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

eight − 7 =

Back to top button

Adblock Detected

Tolong matikan Adblock untuk mensupport kami