Tips n Trick

Penjelasan Dendro Reaction Di Genshin Impact

Genshin Impact baru saja update ke versi 3.0. Disini gamenya mempunyai mekanik baru yaitu elemen Dendro. Element Dendro sebenernya sudah ada dari awal game, cuman baru punya varian reaksinya di 3.0. Fyi, elemen di Genshin itu ada 7 yaitu, Anemo (angin), Geo (Bumi/Tanah), Pyro (Api), Cryo (Es), Electro (Listrik), Hydro (Air) dan Dendro (Tumbuhan). – Penjelasan Mengenai Reaksi Element Dendro di Genshin Impact

Elemen Dendro di 3.0 akhirnya punya reaksi varian baru yang tadinya hanya bisa bereaksi dengan Pyro. Nah, kira-kira apa aja reaksi Dendro ini?

Yok kita bahas.

Reaksi Element Dendro di Genshin Impact

DendroPyro (Burning)

Jika Pyro ketemu dengan Dendro ini akan menyebabkan reaksi “Burning”.

“Burning” ini akan membuat musuh atau karakter yang terkena “Damage over Time” (DoT) berelemen Pyro selama beberapa detik. “Burning” discaling oleh “Elemental Mastery”. Damage ini akan lebih tinggi jika “Elemental Mastery”mu banyak.

Reaksi “Burning” akan terus membuat musuh terkena “Pyro Gauge”. Kamu bisa terus menyebabkan reaksi “Burning” dengan cara terus-terusan menimpa musuh dengan elemen Dendro.

Tapi jika saat “Burning” kamu timpa dengan elemen Hydro atau Electro, maka musuh akan terkena reaksi “Vaporize” (Hydro) atau “Explode” (Electro) dan menghapus “Pyro Gauge”. Maka kamu harus timpa lagi dengan Pyro dan Dendro kalau ingin reaksi “Burning”.

DendroElectro (Quicken –> Aggravate/Spread)

Jika Dendro ketemu dengan Electro, Ini akan menyebabkan reaksi “Quicken”.

Quicken ini reaksi “Debuff Aura” untuk musuh. Reaksi ini sendiri tidak ada efeknya jika tidak ditimpa oleh reaksi elemen lain yang utamanya Dendro atau Electro.

Jika “Aura Quicken” bertemu dengan Electro, maka akan terkena reaksi “Aggravate” dimana akan ada tambahan damage bonus untuk elemen Electro yang discaling dengan “Elemental Mastery”.

Jika “Aura Quicken” bertemu dengan Dendro, maka akan terkena reaksi “Spread” dimana Akan ada tambahan “Damage Bonus” untuk elemen Dendro yang discaling dengan “Elemental Mastery”.

 

Kalkulasi “Damage” pada “Quicken” ini beda dengan “Melt” atau “Vaporize”.

Berikut adalah rumusnya:

Melt/Vaporize

(Base Damage x DMG% x Crit DMG) x Vape/Melt Bonus

Quicken Aggravate/Spread

(Base Damage+Quicken Bonus) x DMG% x Crit DMG

Jadi “Quicken” tidak mengkali “Overall Damage”mu, tapi lebih menambah “FLAT DAMAGE” ke “Base Damage”mu. “Quicken” akan semakin kuat jika kamu mempunyai “Elemental Mastery” yang banyak.

“Aggravate” dan “Spread” mempunyai “Internal Cooldown” (ICD). Jadi, karakter seperti Yae Miko atau Fischl, tidak semua damage mereka akan bereaksi “Aggravate”. Begitu pun nanti Dendro, karakter yang mempunyai daya serang seperti mereka berdua.

DendroHydro (Bloom)

Jika Pyro ketemu dengan Hydro, maka akan menghasilkan Reaksi Bloom”. “Bloom” ini akan mengeluarkan semacam “buah” atau suka disebut “Seed”.

 

Seed ini mempunyai waktu 6 detik sebelum meledak. Ledakan ini menghasilan “AOE Dendro Damage” ke musuh dan karakter. Yap, “Bloom” bisa melukai si pengguna. AOE pada “Bloom” ini tidak cukup besar.

Damage yang dihasilkan “Bloom” tergantung dengan “Elemental Mastery” si “orang” yang menghasilkan reaksi tersebut.

Contoh, jika “Bloom” yang kamu hasilkan meledak karena 6 detiknya habis atau terkena reaksi dari non-karakter, maka kalkulasi damage “Bloom” tetap mengikuti “Elemental Mastery” karakter. Sebaliknya, jika “Bloom” dihasilkan oleh musuh, maka damage “Bloom” akan mengikuti EM musuh. Kecuali kamu timpa oleh elemen lain maka akan discaling berbasis EM karaktermu.

“Seed” ini bisa dipindah-pindah menggunakan karakter Anemo seperti Kazuha dan Sucrose. Seed hanya bisa timbul 5 biji dalam waktu bersamaan. Jika kamu reaksi ke-6, maka “Seed” yang pertama akan meledak.

Nah, “Bloom” ini bisa loh ditimpa lagi oleh elemen lain seperti Pyro dan Electro.

DendroHydro (Bloom) –> Pyro (Burgeon)

Jika “Seed” ditimpa dengan Pyro, maka akan terjadi reaksi Burgeon” dimana reaksi ini menghasilkan “AoE Dendro Damage” yang cukup besar (discaling dengan “Elemental Mastery”). Walaupun menghasilkan “Dendro Damage”, “Burgeon” dikalkulasi menggunakan “Pyro Damage” bonus si karakter Pyro.

 

DendroHydro (Bloom) –> Electro (Hyperbloom)

Jika “Seed” ditimpa dengan Electro, maka akan terjadi reaksi Hyperbloom” dimana reaksi ini akan menghasilkan “Target Missile” (Misil Target) yang ber”damage Dendro” ke musuh. Walaupun misilnya ber”damage Dendro”, “Hyperbloom” dikalkulasi menggunakan “Electro Damage” bonus si karakter Electro.

Reaksi Dendro dan Cryo

Sebenernya Dendro dan Cryo tidak bisa bereaksi jika keduanya bertemu. Maka kedua gauge akan timbul bersamaan.

Elemental Gauge Timbul bersamaan

Tapi jika reaksi Dendor-Pyro alias Burning” ditimpa oleh Cryo, maka akan timbul reaksi “Melt”. Ini akan menghapus gauge “Burning” dan Dendro dan gauge Pyro akan masih tetep ada. Jadi kamu bisa timpa lagi dengan Cryo untuk “Melt” dan Dendro untuk “Burning”. Ini bisa dilakukan karena “Burning” eksklusif untuk Pyro.

Sayangnya, reaksi Dendro-Electro alias “Quicken” adalah reaksi eksklusif Dendro dimana Jika kamu timpa dengan Cryo, kedua gauge akan tetep ada bersamaan tanpa bereaksi apa-apa.

Tapi “Aggravate” dan “Spread” tidak menghapus gauge “Quicken”, malah gauge “Quicken” dan Electro bisa muncul bersamaan. Jika seperti itu, setelah mendapat “Damage Aggravate”, kamu bisa timpa dengan Cryo untuk mendapatkan “Superconduct”. Menghapus gauge Electro tanpa harus kehilangan gauge “Quicken”.

Bagaimana dengan Reaksi DendroGeoAnemo

Untuk saat ini, Dendro tidak bereaksi dengan Geo dan Anemo. Jika keduanya bertemu, maka kedua gauge akan timbul bersamaan.

Anemo tidak bisa “swirl” Dendro, maka artifact Viridicent Venerer tidak berguna pada Dendro dan Geo tidak bisa crystalized Dendro. Jadi tidak ada shield Dendro.

Tabel Elemen Reaksi Dengan Dendro

Reaction Dendro Burning  Quicken Bloom
Pyro Burning  Burning Burgeon
Hydro Bloom Vaporized Bloom
Electro Quicken Explode Aggravate Hyperbloom
Cryo Melt
Anemo Pyro Swirl
Geo Pyro Crystalized
Dendro Burning Spread

Itu dia penjelasan mengenai reaksi elemen Dendro di Genshin Impact.

Gameplay mekanik yang cukup menarik ya Noobs…

Baca Build Karakter Genshin Impact di Legion Noob ID

Rekomendasi dari kami

Satu Komentar

  1. Saya coba dengan kuki 4 set gilded, dengan goblet HP% dan Electro dmg bonus sebagai komparasi
    karena diatas disebutkan dmg berasal dari elektro dmg bonus karakter.
    dengan EM 765, dmg hyperbloomnya
    goblet HP% > 29.579
    goblet Electro dmg bonus > 29.579
    jadi electro dmg bonus tidak berpengaruh terhadap dmg hyperbloom
    Sekian, Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eleven − five =

Back to top button

Adblock Detected

Tolong matikan Adblock untuk mensupport kami