Gaming Opini

Penjelasan “Cerita” Dari Game Horror One Night At Flumpty’s

One Night At Flumpty’s adalah game indie horror gratis yang termasuk ke dalam program Fazbear’s Fanverse Initiative. Game ini merupakan hasil buatan fans dari Five Night at Freddy’s yaitu Jonochrome yang disupport oleh pembuat franchise FNAF, Scot Cawthon.

Seperti pada game FNAF pada umumnya, game ini tidak ada lore atau cerita. Tetapi, kami akan coba membuat teori mengenai lore dari game tersebut berdasarkan cutscene ataupun quote dari si developer.

One Night a Flumpty’s adalah 1 dari 4 game yang termasuk anggota Initiative yang termasuk paling simpel untuk di jelaskan ceritanya dibandingkan FNAF. Kira-kira bagaimana sih cerita dari game horor yang satu ini?

One Night at Flumpty’s

Game Horror ini  menggunakan mekanik utama yaitu CCTV yang digunakan para player untuk mengetahui dimana letak lawannya. Antagonis utama dari game ini dikenal dengan nama Flumpty.

Gamenya simpel.Jika sudah ada tanda-tanda lawan akan menyerang, kamu harus melakukan suatu counter seperti menutup pintu atau mematikan lampu yang mirip dengan Five Night at Freddy’s. Kamu harus lakukan hal ini dari jam 12 malam hingga 6 pagi dalam waktu game atau sekitar 9 menit dalam dunia nyata. Dan selama 9 menit ini kamu harus survive dari lawan agar tidak terbunuh atau game over.

Flumpty, Dewa Kematian yang sedang Gabut.

Dikutip langsung dari sang developer yaitu Jonochrome, Flumpty adalah “Chaos God of Death” yang kalau di Bahasa Indonesia-in bisa disebut sebagai “Dewa kematian sang pengacau”. Sebagai dewa kematian, dia ini tentunya kejam dan sangat suka kekerasan.

Dewa kematian ini tidak disebutkan nama aslinya, tapi dia menggunakan figur karakter berbentuk telur yang dinamai Flumpty Bumpty yang terinspirasi dari karakter Humpty Dumpty.

Flumpty ini “immune to plot” yang berati dia ngga bisa dikontrol oleh plot sehingga bisa melakukan apapun sesuka hatinya tanpa dikontrol. Hal ini membuat dia tidak bisa mati dan tidak bisa dihentikan. Selain itu, Flumpty juga mempunyai kekuatan bisa menembus ruang dan waktu yang berati dia bisa membunuh siapapun, menghacurkan apapun sesuka hatinya. Namun, Flumpty ga punya skill komunikasi yang baik, makanya dia ga punya banyak teman. Hal ini mungkin bsia dimaklumi karena  sebagai akibat dari sifat alaminya yang kejam.

Jadi awal ceritanya, Flumpty ini menculik orang random karena dia ngerasa lagi gabut aja selain karena pengen punya temen baru. Tapi syarat jadi temennya Flumpty ya dia harus survive dari permainan yang di buat olehnya. Jika Flumpty menangkap sang player, maka dia langsung membunuhnya dan memakan kedua matanya. Jika sebaliknya, maka sang player akan menjadi teman baik Flumpty yang baru. Berteman baik sama dewa kematian? Hmm, what could possibly go wrong?

Rumah “Senang” Flumpty dan Sahabat Flumpty Lainnya

Sebenernya, dimanakah lokasi One Night at Flumpty’s? Kalau FNAF kan di Pizzaria, Kalau ONAF? Well, sekali lagi sayangnya hal ini tidak diketahui secara resmi. Tapi kami asumsikan dari layout lokasinya, tampaknya seperti di sebuah rumah. Dugaan ini diperkuat dengan beberapa faktor seperti, terdapat kamar mandi, ada ruang keluarga, dapur dan lain sebagainya. Bedanya, “rumah” ini ada kantor security guard tempat dimana player berada.

Rumah ini kami sebut “Flumpty’s House of Fun”, dimana disini esensinya dia sedang bermain dengan player dan  lokasi permainannya adalah rumah tersebut. Terdapat 3 lokasi dari ketiga game dan letaknya berubah-ubah. Lucunya, map dari ONAF 2 berbentuk sistem ekskresi manusia dimana dua ruangan diatas ayitu ginjal, vent nya yaitu saluran ureter dan office, dimana player berada adalah kantung kemih. Untuk ONAF 1 dan 3 sepertinya hanya random map saja.

Letak rumahnya ini diasumikan bukan di bumi, tapi di dunia lain atau kemungkinan di “akhirat”. Flumpty tentu punya kuasa penuh untuk mengubah dimensi “dunia” tersebut.

Di dalam Flumpty’s House of Fun, ada beberapa sahabat Flumpty lainnya, yaitu Birthday Boy Blam, The Red Man, Grunkfus The Clown, Golden Flumptys, Eye Sour, The Beaver dan The Owl.

Mereka semua teman dari Flumpty dimana terdapat satu yang menarik yaitu The Eyesaur. The Eyesaur adalah monster yang dibuat dari korban-korban Flumpty yang gagal di dalam permainan One Night at Flumpty. Mereka yang terbunuh, digabung menjadi satu monster yang seram.

The House of Fun One Night at Flumpty’s 1

Lawanmu disini adalah Flumpty, Borthday Boy Blam, The Red man, Grunkfus The Clown, Golden Flumpty’s, dan The Beaver.

Disini simpel aja, cek kamera untuk mengetahui letak lawan. Jika sudah ada tanda mereka akan menyerang, langsung tutup pintu!

Fase ini hanya berlangsung satu malam saja. Flumpty di sini berakting meski bisa dihentikan oleh kedua pintu. Meski demikian, sebenernya, dia bisa langsung masuk ke kantor dan langsung membunuh player. Walaupun demikian, dia tentu bertindak sportif dengan mengikuti aturan permainan.

Para sahabatnya juga ditugaskan untuk membunuh player meski juga bisa dihentikan dengan pintu. Namun ada yang istimewa dimana Grunkfus bisa menembus dinding. Salah satu cara untuk menghentikannya adalah memperlambat pergerakannya dengan tidak terlalu sering membuka kamera.

Awal pembukaan One Night at Flumpty 2 dimana ternyata salah satu dari sahabat Flumptys, yaitu The Beaver tidak sengaja tersedot kedalam WC dan tewas. Di sini Flumpty menggantikan The Beaver dengan The Owl pada game kedua. Batu Nisan The beaver juga bisa dilihat di mapONAF 2. Kemungkinan The Beaver sengaja dibunuh oleh Flumpty.

The House of Fun One Night at Flumpty’s 2

Lawanmu disini adalah Flumpty, Birthday Boy Blam, The Red man, Grunkfus The Clown, Golden Flumpty’s, The Owl, dan The Eyesaur.

Di sini, pintu hanya bisa menghentikan The Owl yang keluar dari vent tapi digantikan dengan exposure meter. Esensinya adalah ketika Flumpty dan sahabatnya sedang mencari player dan exposure meter full, maka salah satu lawanmu akan mengetahui keberadaanmu dan langsung membunuhmu. Counternya adalah dengan mematikan lampu office pada saat lawan melihat ke office.

Hanya 2 lawan yang sebenernya mengetahui kalau player ada di office yaitu Flumpty dan Owl. Owl disini tidak terpengaruh sama exposure meter melainkan dengan pintu.  Jika The Owl lolos, maka dia langsung membunuh player. Nah, untuk Flumpty, sekali lagi dia itu sedang bermain sama player sehingga dia pura-pura tidak tahu. Makanya, setiap Flumpty nyerang, dia selalu “ciluk ba” sebelum melihat player.

Saat player survive, diceritakan kalau The Owl Meninggal karena ga sengaja ke sedot urinal yang memang tempat awalnya The Owl. Dan lagi-lagi Flumpty harus kehilangan salah satu sahabatnya.

The House of fun One night at flumpty’s 3, Malam Normal

Lawanmu disini adalah Flumpty, Birthday Boy Blam, The Red man, Grunkfus The Clown, Golden Flumpty’s, The Beavol, dan The Eyesaur.

Disini kamu diletakan di dirumah dengan kulkas besar. Office mu adalah kulkas dan disediakan pemanas untuk menghangatkan diri. Semua sahabat Flumpty hadir di sini termasuk The Beaver dan The Owl. Yap, mereka yang sudah mati, dihidupkan kembali oleh Flumpty dan badannya digabung menjadi satu dengan nama The Beavol.

Di sini, kamu harus survive dengan senjata yaitu flash kamera agar mereka kabur kecuali Grunkfus dan Redman. Grunkfus tidak boleh di flash karena dia tidak akan membunuh player jika tidak diflash. The Red Man tidak akan membunuhmu jika kamu tidak menggunakan pemanas.

Dalam normal night, Flumpty tidak ikut serta sebab ingin melihat apakah teman-temanya bisa membunuh player.

The House of Fun One Night at Flumpty’s 3, Malam Flumpty’s

Lawanmu disini hanya Flumpty.

Flumpty kesal karena teman-temannya tidak bisa membunuh player. Akhirnya, dia memutuskan untuk maju seorang diri untuk membunuh player.

Di sini Flumpty membunuh semua teman lamanya dan kita bisa lihat jasad mereka di CAM 6. Flumpty akan benar-benar nge-test calon teman barunya ini apakah benar bisa menjadi sahabat.

Di malam Flumpty, semua mekanik dari seluruh ONAF dijadikan satu. Ada pintu, exposure meter bahkan ruangan yang dapat bertukar. Flumpty membuat semua varian dirinya untuk mengisi peran  temannya.

Flumpty Night ini kamu asumsikan agak sedikit berbuat curang meski masih agak sportif. Curangnya adalah dia menambahkan tantangan di tengah malam sehingga membuat player semakin tertekan untuk bertahan. Sportifnya adalah Flumpty tidak langsung membunuh player, tapi ngikut dengan peraturan permainan walaupun sebenernya, dia bisa aja langsung bunuh.

ONAF 3 Ending, Player Sebenernya Tidak Akan Bisa Kabur

Di cerita ONAF, sebenernya kamu itu tidak bisa kabur karena apapun yang terjadi, kamu akan stuck di permainan sampai Flumpty kasian. Jika diperhatikan, di ONAF 1, 2 dan normal mode di ONAF 3, kamu ga pernah ke 6 AM. Pasti 6 AM diganti sama kata-kata ga jelas seperti SPAM, SAM, dan SALAMI. Jadi sebenernya, mau sekeras apapun kamu bertahan, ujung-ujungnya kamu MATI!

Tapi tampaknya Flumpty punya rasa puas walaupun ia punya kekuatan untuk mengulangi permainan tersebut.

BAD ENDING: Jika kamu menyelesaikan normal mode di ONAF 3, 6 AM akan diganti oleh SALAMI. Di sini Flumpty akan membiarkanmu keluar dari “dunia”-nya. Tetapi ada twist nya dimana ternyata eh ternyata, bumi sudah HANCUR!

Yak, Flumpty baru saja membuat kiamat di bumi karena dia ingin membunuh jutaan burung dengan sebuah batu. Batu ini adalah meteor yang besar yang cukup merusak satu dunia. Berita ini bisa kamu baca pada koran Ending ONAF 2, tapi sayangnya tulisannya diblur.

GOOD ENDING: Jika kamu berhasil menyelesaikan Hard Boiled Mode, 6 AM akan benar-benar datang. Flumpty membiarkanmu keluar dari dunianya dan bumi tidak dihancurkan. Di sini player dan Flumpty sudah Resmi menjadi sahabat.

Karena Flumpty sudah puas dengan permainannya dan Player berhasil menjadi sahabatnya sehingga ia dibiarkan keluar. Endingnya Flumpty terbang ke “akhirat” dengan mengatakan “I’ll Miss You”. Di sini menandakan kalau Flumpty tidak akan lagi kembali membuat kekisruhan dengan menculik orang random dan membuat kerusakan di dunia.

Yak, Itu dia cerita dari One Night At Flumpty’s. Salah satu game horror terbaik di Fazbear Fanverse Initiative dengan Genre “FNAF”. Mungkin kamu ingin kami nge-cover cerita game horror lainnya? Atau mungkin mau kami cover cerita dari Five Night at Freddy’s? Komen di kolom komentar ya!

Kamu bisa main langsung game One Night at Flumpty’s 1,2,3 di Gamejolt. GRATIS untuk PC, dan berbayar untuk Android/IOS.

 

 

 

Rekomendasi dari kami

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

eight + eighteen =

Back to top button

Adblock Detected

Tolong matikan Adblock untuk mensupport kami