Gaming Opini

Opini Teori: Final Fantasy VII Remake Itu Beneran “Re-Make”

Nasib Aerith Gimana? Bisa Jadi Berbeda

Final Fantasy VII Game Instalasi ke 7 Dari Franchise Final Fantasy Multiverse. Rilis tahun 1997 di PS1 sekarang Game tersebut punya Versi “Remake” untuk Playstation 4 Dan Playstation 5 yang rilis di tahun 2020 dan 2021 (FF7R Integrade PS5). Tapi Ternyata terdapat perbedaan antara Versi Remake dan originalnya loh, dan banyak bilang Versi ini Reboot lah sequel atau alternate. gimana tuh ya? Teori Final Fantasy VII Remake

Kami Akan menggunakan Kata “FF7R untuk Versi Remake PS4, dan “FF7O” Untuk Original PS1

Secara Plot, karakter, Tempat dan Tema Cerita itu Sama banget dengan versi original. Kalian bisa berjumpa dengan karakter Cloud, Berret, Tifa Aerith, Biggs, jessie, Wedge bahkan Sephiroth. Cait Sith Dari FF7 original bahkan muncul di Remake walaupun hanya seperkian detik.

FF7 Remake Sekarang masih part 1 dan hanya Mengcover 1/3 dari Total Cerita di FF7 Original. dan nantinya Square Enix akan trus merilis part part FF7R sampai selesai.

Banyak yang sudah bermain FF7R dan juga bermain FF7O memperhatikan bahwa Ada beberapa jalur cerita dari FF7R itu Berbeda dengan FF7O loh!. Banyak yang berspekulasi ini Revoot, Sequel, alternate Universe atau apalah, trus bagaimana dengan Film Film Sebelum Kejadian FF7O? apakah harus nonton itu sebelum main FF7R?

Khusus Untuk Pemain Baru FF7R dan yang udah kena Spoiler FF7O

Kalian Boleh Main Final Fantasy 7 Remake tanpa nonton Crisis Core Final Fantasy 7. Bagi yang sudah kena Spoiler FF7 Original, tenang kemungkinan besar ceritanya berbeda dengan yang versi original, Nasib dari karakter dan dunia Final Fanatsy 7 Remake masih Misteri. Kalian Bisa Baca Review Non Spoiler Kami Disini

—————————————————————————————————————————-

kami akan berikan Opini Teori mengenai FF7R, Sebelum itu, Artikel ini mengandung Spoiler

Dibawah ini Mengandung Spoiler berat Final Fantasy 7 Remake dan Final Fantasy 7 Original

Jadi Kami yang belum main Gamenya, Jangan baca Dulu! Minimal Kalian Selesaikan Final Fantasy VII Remake. Berikut adalah Opini kami Mengenai Teori Final Fantasy VII Remake.

Peringatan:

Teori Final Fantasy VII Remake Dibawah ini Adalah OPINI Dari Penulis. Cerita CANON yang bener masih harus menunggu Klarfikasi dari Square Enix, sang Director Tetsuya Nomura, dan juga Part 2 dan part selanjutnya. jadi Teori ini masih bisa di Tepis.

Kami tidak akan menjelaskan semua Detail Detail Cerita dari Final Fantasy 7 Original (Crisis Core, After Crisis, Advent Children, Dirge Of Cerberus, Ultimania) dan Final Fantasy 7 Remake karena Sangat Panjang dan Kompleks bisa bisa kami buat Buku.

1. Final Fantasy 7 Remake Itu Bukan Reboot, Sequel atau “Remake” Tapi bener Bener di “Re-Make”

Nah bingung kan sama sub judul diatas? Maksudnya adalah FF7R Bukan sekedar dibuat baru menggunakan Engine Game Terbaru, tapi bener bener “DIBUAT ULANG KEMBALI” di RE-MAKE.

Kalian bisa bilang FF7R ini Reboot, tapi menurut kami Reboot itu dimana jalan cerita dari sebuah game itu bener bener berbeda dari game sebelumnya, Contoh: Call of Duty 4 Modern Warfare tahun 2007 mempunyai jalan cerita yang sangat berbeda dari Call of Duty Modern Warfare 2019. Walaupun disana ada karakter yang sama yaiitu Captain Price.

Nah FF7R ini Plot dan Tema Ceritanya itu Percis banget dengan FF7O, tapi Jalan Cerita disini berbeda dengan aslinya, tidak 100% mengikuti dari FF7O

Contoh: Scene Dimana Shinra Menjatuhkan Plate Sector 7 ke Sector 7 Slum, DI FF7O dan FF7R Scene ini ada. Di FF7O Karakter yang Mati yaitu Biggs Wedge dan Jessie. Tapi di ending FF7R Biggs dan Wedge Hidup! dan kemungkinan besar Jessie pun juga masih hidup karena ada Sarung tangan miliknya di meja sebelah Biggs.

Nah itu Contoh dari Perbedaan jalan Cerita.

Nomura dan Square Enix Mau Kasih kejutan

Jadi Kalo Remake hanya Engine Game yang baru, VA yang baru, tambahan Cutscene, harusnya disini tidak ada Tambahan Penulisan pada cerita FF7R, tapi tampaknya Nomura dan kawan kawan Square Enix harus kembali Menulis Ulang Cerita dari FF7R agar tidak sama dengan FF7O

Karena Square Enix Ingin menambahkan Kejutan untuk Fans, mereka tidak mau FF7R bener bener sama dengan FF7O yang kemungkinan besar saat ini semua gamer tau ending dari FF7O. Bahkan Kematian Aerith Menjadi salah satu Scene yang paling berkesan di sejarah Video game.

Semua Orang Selalu Memasukan Kematian Aerith di List “Most Memorable Scene in Gaming History” tersebut yang dimana sangat susah untuk menghindari Spoiler dari FF7O pada saat ini.

Tapi bukan berati Square Enix bakal Mengganti Plot Besar dari FF7. Mereka sudah mengatakan bahwa Plot kurang lebih sama. Lalu Kami yakin Square Enix tidak akan menggunakan Plot Twist Murahan misalkan “Yang Mati nanti adalah Tifa bukan Aerith” atau “Cloud Kebunuh bla bla”. Tapi kemungkinan Nasib para Karakter hidup apa tidak kemungkinan bisa berubah, asal Plot Besarnya masih mengikuti.

Kata “Remake” Di FF7R itu adalah Sub Judul Game! (Seperti Crisis Core, Advent Children)

Kita mengansumsikan bahwa FF7R adalah Remake dari Final Fantasy 7 Original. Kata “Remake” adalah Pembuatan baru FF7O menggunakan Engine Baru. Tapi menurut kami Kata “Remake” disini adalah Bener Bener Dibuat Ulang, Di Desain Ulang. Apanya yang DI Buat Ulang? Timeline dan jalur Ceritanya.

Karena dari Seluruh game Jadul yang dibuat Remake, Tidak ada satupun yang menggunakan Kata “Remake’ Di Sub judulnya, Kecuali Final Fantasy 7 Remake. Contoh:

Original Remake
Crash Bandicoot Crash bandicoot N’sane Trilogy
Crash Team Racing (CTR) CTR Nitro Fueled
Trials Of Mana Trials Of Mana
Demon’s Soul Demon’s Soul
Destroy All Humans Destroy All Humans!
Diablo II Diablo II: Resurrected
Final Fantasy II Final Fantasy II
Final Fantasy III Final Fantasy III
The Legend of Zelda: Link’s Awakening The Legend of Zelda: Link’s Awakening
Ratchet & Clank Ratchet & Clank
Resident Evil 2 Resident Evil 2

Dan Seterusnya. Yang Menggunakan kata Remake disini adalah Hanya Final Fantasy VII Remake. Jadi menurut Kami Remake disini adalah Sub Judul Untuk Final Fantasy 7, ini adalah Final Fanatsy VII dengan Jalur Cerita yang berbeda dan bukan yang Original.

Karena dengan Budaya Developer tidak menggunakan Kata “Remake” pada Setiap judul game remakenya, maka kami asumsikan game Remake mereka hanya menggunakan judul game ori nya tanpa ada Gimmick “Remake”.

Square Enix apalagi Sang Director Nomura itu adalah Orang orang yang Otaknya Sangat Kreatif. Mereka bisa buat Game Fantasy yang Ribet dan cerita unik unik. maka Kesimpulannya Kata Remake itu adalah Final Fantasy 7: Remake dalam arti Dibuat kembali Game dan jalur ceritanya.

Diperkuat dengan Sub judul kedua, yaitu kehadiran Whisper.

2. Kehadiran dan Hancurnya Whisper, Mahluk yang Menjaga Timeline FF7O Terus Berjalan di FF7R

Teori Final Fantasy VII Remake Selanjutnya adalah Whisper

Whisper atau Arbiter Fate adalah Mahluk yang Muncul hanya di FF7R. Mahluk ini bertugas untuk menjaga Semua Nasib atau Takdir di “Planet” Sesuai dengan Scenario yang sudah ditulis pada Planet itu Sendiri.

Jadi Singkat Cerita, Whisper ini Menjaga takdir orang agar tidak melenceng dari apa yang sudah ditentukan atau ditulis. Nah Takdir yang kaya gimana yang dijaga oleh Whisper? Yaa Tentu saja takdir yang ada pada FF7O.

FF7O tidak ada Whisper, dan Planet jalan sesuai dengan takdir yang ditulis, tapi Di FF7R, Whisper ini ternyata terdekteksi Oleh Aerith (Sebagai Keturunan Cetra) dan juga orang orang yang disentuh Oleh Cetra (Cloud dan Party). Dan mereka melihat bagaimana Si Whisper ini menjaga Takdir takdir orang orang diplanet agar sesuai dengan Timeline pada FF7O.

Berikut adalah Buktinya:

2a Barret mati, Dihidupkan kembali oleh Whisper

Barret Tidak Seharusnya mati oleh Sephiroth. karena di Timeline FF7O, DIa ngga mati, Tapi saat diFF7R Dia terbunuh. Disini Whisper Menggunakan Perannya dengan Menghidupkan Kembali Barret.

Nah Saat Ending FF7R, Disini Aerith Membuka sebuah Portal dimana mereka bisa menyerang dan menghancurkan Whisper. Disini Whisper Berhasil Dihancurkan oleh Party. Party pun juga melihat Gambaran masa Depan yang sesuai dengan Timeline FF7O, Contohnya Gambaran Kematian Aerith dan juga Red XIII yang ……………

Nah Saat Whispher dihancurkan, TIdak ada lagi yang menjaga Takdir untuk jalan percis dengan Yang ditentukan oleh Planet. Siapapun bisa mengubah takdir mereka. dan Sehingga terjadi lah semacam Percampuran Timeline atau Paradox.

Disini Ada beberapa perubahan yang siginifikan pada Timeline yang saat ini FF7R lagi Gunakan. Contohnya

2b. Biggs dan Wedge Hidup Kembali. jessie Kemungkinan Juga Hidup

Kita mengetahui bahwa Biggs Mati saat penyerangan Pillar di Sector 7, Begitupun dengan Wedge dan Jessie, Mereka Dibuat “Mati” oleh Whisper saat terdapat moment mereka bisa Keluar dari Takdir kematian itu.

Wedge sudah dipastikan hidup, walaupun dia agak terjebak di Gendung Shinra saat Whisper mengelilingi bangunan tersebut. Tapi saat Ending dari FF7R, kita bisa lihat Biggs Selamat dan sedang dirawat di Sector 5, lalu meja disambing biggs terlihat Sarung tangan milim Jessie. Square Enix tidak memperlihatkan orangnya, tapi kemungkinan besar Jessie juga Hidup Kembali.

2c. Zack Selamat (TImeline lain)

Ini Agak Sedikit Kontroversi pada Kalangan Fans. Zack Diperlihatkan Selamat saat Penyergapan, dimana di FF7O dia Mati.. Tapi jika Zack masih hidup kenapa Cloud Megang Buster Swordnya Zack di FF7R?

Jika Cloud Megang Buster Swordnya Zack, berati Zack Mati pada Timeline di FF7R, tapi apa maksudnya Gambaran Zack itu Selamat pada Ending FF7R? ada Dua Kemungkinan.

A. FF7R Akan menghadapi percampuran Timeline karena sekali lagi, tidak ada yang menjaga TImeline Planet karena Whisper sudah dihancurkan. Zack Itu Hidup di Timeline yang lain, Timeline yang digunakan FF7R Sekarang Zack masih Mati. Kemungkinan besar dimasa depan Zack di Timeline lain itu bakal masuk ke timeline FF7R dan ikut campur.

B. Zack Hidup aja Gitu, Kaya Biggs. Yak Bisa jadi kan? Mungkin Konsep Bangkit dari kubur ini agak Murahan, Tapi Dengan Kondisi planet yang sudah tidak dijaga dan takdir bisa berubah rubah, Hal itu bisa terjadi.

3. Sephiroth Dan Aerith Tau Takdir Mereka di FF7R

Saat Melawan Whisper, Cloud dan teman teman di beri Gambaran Masa Depan. Yang paling banyak dapat adalah Cloud. Lalu DIsini Tampaknya Aerith sudah tau apapun yang terjadi, jadi mungkin ngga hanya gambaran gambaran singkat saja, tapi Aerith tau bagaimana masa depan nanti.

Mengapa kami sebut Aerith kayaknya tau Semua mengenai fenomena fenomena tersebut? soalnya saat awal Chapter Chapter Terakhir, kita diberi tahu bahwa Aerith sadar kalau dia itu The Ancient atau Cetra. Dan saat DIluar Kota Midgar, Aerith juga tau mengenai Whisper dan bagaimana dia bisa membuka portal ke “Dunia” lain agar Party bisa menghancurkan Whisper.

Contoh lagi dimana saat Resolution Scene dimana Aerith dan Cloud Ngobrol di Rumahnya Aerith (Jika kalian pilih Aerith Sewer Sector 6). Disana Aerith mengatakan ke cloud bahwa Cloud tidak boleh sampe jatuh cinta kepadanya, karena Cloud yang sekarang itu Ngga Nyata.

Disini tersirat jika Aerith tampaknya sudah tau nasibnya dia, dia ngga mau Cloud sampe merasa berdosa atau Stress kaya di kejadian FF7O. Lalu Cloud yang sekarang adalah Cloud yang terobsesi dengan Zack, Bukan Cloud Asli, dia menganggap dirinya Zack karena Saat di Crisis Core, Zack mengatakan kalo cloud adalah turunan legacy nya. Singkat cerita karena kematian zack, akhrinya Cloud jadi terobsesi. di FF7O, nantinya Cloud yang “asli” akan diselamatkan oleh tifa di lifestream.

Selain Aerith, Sephiroth juga udah pasti mengetahui Nasibnya dia dong, orang Digame dia tuh kayanya tau semau segala yang ada diplanet. Sephiroth sedang cari cara bagaimana dia bisa menjalankan rencananya dengan lancar. Karena yang kita tau, di FF7O Sephiroth kan gagal.

Didalam game kita memang tidak diperlihatkan kalo Sephiroth juga dipapar Gambaran Masa depan dan lain sebagainya, tapi saat sephiroth juga bisa membuka portal ke “dunia” yang dimana Whisper berjaga, jadi kita asumsikan bahwa Sephiroth juga dapet gambaran gambaran tersebut, Sephiroth tau apa yang akan terjadi dimasa depan, dan dia bakal cari cara lain dong?

3a. Diperlihatkan Gambaran Masa Depan Saat Mengancurkan Whisper (Pernyataan Red XIII)

Kami sudah singgung bahwa Saat Party melawan Whisper, Mereka diperlihat gambaran gambaran masa depan yang akan terjadi. Darimana tau gambaran gambaran itu adalah masa depan? dari pernyataan Red XIII. Dimana saat Party melihat gambaran masa depan dimana Red XIII sedang berlari disebuah Padang Pasir.

Scene tersebut tersedia di FF7O ending Scene, 500 Tahun setelah Kejadian FF7O. Nah saat party bingung karena melihat gambaran itu, Red XIII menjawab kalau Gambaran tersebut adalah Gambaran Masa Depan jika kita Gagal.

Gagal? Maksudnya adalah Jika Party Gagal Menghancurkan The Whisper. Jadi kalo Misalkan Party Gagal menghancurkan Whsiper, Maka Masa depan akan Sama Percis dengan FF7O.

3b. Sephiroth Ngga Mungkin melakukan kesalahan dua kali

Sephiroth adalah Salah satu villain terbaik, terbadass, terkuat di Franchise Final Fantasy. Jadi Ngga mungkin lah dia Bodoh amat sampe melakukan kesalahan Dua Kali?

Kesalahan apa tuh? Saat kejadian di FF7O, Dia kan Gagal. Padahal dia udah ngebunuh Aerith agar Whiter Materianya ngga ngeberhentiin meteor, eh kalah kalah juga. bahkan Tampaknya Aerith jauh lebih kuat di Lifestream dibanding dia hidup.

nah di FF7R, Sephiroth yang sudah tau masa depan kaya gimana, Maka dia ngga mungkin melakukan kesalahan dua kali, pasti dia cari cara lain bagaimana Rencananya itu ngga Gagal, Apakah dia harus melakukan Hal hal yang fans belum ketahui atau diduga duga? atau dia bakal biarin Aerith hidup? atau bunuh semua teman teman cloud? atau siapapaun tidak tahu lah.

Makanya di FF7R ini, Semua masih misteri karena hancurnya Whisper.

3c. Apapun yang dikatakan Aerith, Kemungkinan besar berdampak besar terhadap Timeline.

Aerith yang tampaknya mengetahui ilmu apapun di planet karena peran dia sebagai Keturunan Cetra. mungkin apapun yang akan di bicarakan Aerith akan berdampak besar kepada timeline.

Mungkin disini Ada “Perang Dingin” antara Aerith yang sephiroth karena sama sama mengetahui masa depan. Tapi seharusnya kalo whisper sudah mati, Maka ngeramal masa depan jadi lebih susah karena mereka ngga tau apa yang akan terjadi besok.

4. Nasib Planet dan karakter di FF7R sekarang tidak ada yang menentukan, Kemungkinan Bentrok antar Universe/Timeline di FF7 Remake

Menurut Kami, FF7R ini Bakal Jadi Misteri. Memang sih Square Enix tidak akan mengganti Plot Utama dari FF7R, yaitu Planet sekarang sekarat dan ada ancaman dari Sephirtoh. tapi Jalur cerita dan nasib karakter pasti akan Berubah. dan kami yakin cara sephiroth untuk melancarkan rencananya juga berubah. Lalu Gambaran Zack Selamat pada Ending FF7R juga membuat Game ini jadi tambah misterius. apakah Zack akan bangkit dari kubur lalu tiba tiba ngebantu Cloud dan teman teman? apakah dia tau juga masa depan seperti apa? kita tidak tahu

Jadi kita lihat saja bagaimamana FF7R part 2 nanti. Kita lihat bagaimana Cloud dan teman teman berjuang di Timeline FF7 yang beda dari yang asli. Berikut adalah Teori Final Fantasy VII Remake

Rekomendasi dari kami

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

10 + 17 =

Back to top button

Adblock Detected

Tolong matikan Adblock untuk mensupport kami