Gaming Opini

[Opini] Benarkah Playstation Store Lebih Pelit Diskon Dari Steam?

Trus siapa bilang harga di Playstation lebih mahal?

Hallo noobs, kali ini penulis ingin beropini nih. Banyak dari gamer-gamer Indonesia maupun gamer internasional yang sangat mendewa-dewakan Steam karena diskonnya yang ga masuk akal dan banyak. Karena itu juga banyak dari mereka yang akhirnya memberikan pandanan kalo Platform lain seperti Playstation Store maupun Windows Store itu pelit diskon. Tetapi tau ga sih kalo sebenernya ada salah satu platform yang justru lebih banyak memberikan diskon daripada Steam bahkan tidak dalam waktu mingguan, tapi Bulanan.

Ya, Playstation Store merupakan Platform Toko Game Digital yang digunakan bagi para Gamer Playstation untuk membeli Game. Sama seperti Steam, cuman ia khusus untuk Playstation. Terkadang di Store tersebut juga diberikan diskon-diskon mingguan dan bulanan, cuman katanya mah ga se “humble” Steam. Masa sih?

Playstation Store Pelit Diskon

Emang iya ya? Well, ternyata pas dilihat lihat dan tidak sadar oleh kita Playstation justru lebih sering memberikan diskon Game AAA dibanding Steam, loh! Dan frekuensi diskon setiap “event” juga sering. Playstation Store memberikan Diskon secara Mingguan, Bulanan, ataupun event dengan jangka waktu 1 bulan.

playstation store pelit diskon

Dengan Jangka waktu diskon yang terkadang sampe sebulan, Gamer tidak perlu merasa terburu-buru membeli game tersebut. Selama waktu diskon berlangsung, gamer masih bisa mikir 30x kali lagi, memilih ataupun menyisakan uang bulanan. Jika dibanding dengan Steam, game AAA yang di diskon biasanya masuk di Weekend Deals maupun event-event tertentu yang biasanya jangka waktunya 2 minggu saja.

Lalu emang event apa aja sih yang bikin diskon di PlayStation Store? Ya dari Summer Sale, Winter Sale, Autumn Sale maupun Spring Sale di Playstation Store ada loh! Terus Event acara publisher seperti Quakecon juga masuk kedalam sale di Playstation. Bahkan event-event yang yang hanya beberapa negara saja yang merayakan, Playstation terkadang ikut serta merayakan event tersebut dengan mendiskonkan game gamenya. (Contoh: Pemberian Voucher Diskon dalam rangka merayakan Hari Raya Idul Fitri.)

playstation store pelit diskon

Ditambah Playstation Store juga mempunyai banyak event internalnya seperti Days of Play, PlayStation Hits dan sebagainya, menambah list event diskonan bagi PS Store.

“Ahh Weekend Dealsnya PSN game ga seru”, statement ini bisa dibalikan loh ke steam! Weekend Deals Steam juga terkadang bukan Game AAA yang gamer mau. Wajar kalo¬† Jumlah game yang di diskon di Weekend Deals PSN tidak banyak karena memang katalog game indie di PSN tidak banyak

Game di PS Store Mahal Mahal, Ga Kaya Steam!

Ngga juga loh, bahkan ada yang lebih murah dibanding Steam! Harga dari game-game ini sebenernya dipengaruhi oleh banyak unsur. Bisa dari Regional price maupun kesepakatan pihak perusahaan yang memegang store kepada Publisher. Indonesia sebenarnya termasuk negara yang mempunyai Regional Price Terendah! Harga gamenya bisa dikurangin hingga 80% dari harga yang biasanya.

PSN ada ga Regional Pricenya? Tentu saja ada, kalo ga ada mah mau di diskon 80% juga tetep aja mahal. Sony pasti menyesuaikan harga game dengan daya beli masyarakat indonesia tanpa terlalu merugikan publisher.

Contoh nya adalah Assassins Creed Series. Dimana harga serial game ini di Steam lebih mahal dibanding PSN. Lalu beberapa game Ubisoft juga ada yang lebih mahal di Steam. Sebagian penyebab mahalnya kemungkinan dipengaruhi karena adanya Platform UPlay di PC. Kita ambil contoh Assassins Creed Origin di Steam dan PlayStation Store.

Jadi, PSN Lebih Murah nih?

Kalau Penulis bilang mah “BALANCED”. Jadi ada Plus Minus dari kedua Toko Digital ini. Mau Steam ataupun PSN pasti memberikan pelayanan yang terbaik bagi konsumen. Jadi ga ada tuh mana yang lebih mahal maupun murah. Ada yang mahal di Steam tapi ada juga lebih mahal di PSN. Ada diskon yang lebih humble Steam tetapi disisi lain PSN lebih Humble.

Yang penting GAME ON dan ga Bajak!

Rekomendasi dari kami

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 × 4 =

Back to top button

Adblock Detected

Tolong matikan Adblock untuk mensupport kami