PC Tech

Nvidia Umumkan RTX 2050, MX570 dan MX 550

Nvidia baru-baru ini telah mengumumkan VGA/GPU untuk laptop terbaru mereka. Ada 3 tipe yang diumumkan, yaitu dari RTX 2000 Series dan MX Series. Yang pertama adalah RTX 2050, lalu MX 550 dan terakhir adalah MX550. Ketiga GPU ini akan menjadi OEM untuk laptop yang diperkirakaan akan rilis di awal hingga pertengahan 2022.

Kita langsung saja ngomongin GPU nya nih. RTX 2050 akan tiba sebagai Entry Level Laptop Gaming/Professional. Lah, telat amat baru ngeluarin versi 50-nya? Bedanya RTX 2050 ini sudah berasitektur AMPERE. Yak, seangkatan sama RTX 3050. Bahkan beberapa chip-nya menggunakan GA107, chip yang digunakan untuk RTX 3050.

Nah, memang sih RTX 2050 itu AMPERE. Tapi, gimana dengan speknya? Berikut perbandingannya :

Spek RTX 2050

RTX 2060 Mobile RTX 3050 Ti Mobile RTX 3050 Mobile RTX 2050 Mobile
Architecture Turing Ampere Ampere Ampere
Cuda Cores 1920 2560 2048 2048
RT Core 30 20 16 32
Tensor Core 240 80 64 256
ROPs 48 48 40 48
Clock Speed 960 Mhz 735 Mhz 712 Mhz 1155 Mhz
Boost Clock 1200 Mhz 1035 Mhz 1057 Mhz 1477 Mhz
Memory Clock 14gbps 12gbps 12gbps 14gbps
Memory Bus 192 bit 128 bit 128 Bit 64 Bit
VRAM 6GB GDDR6 4GB GDDR6 4GB GDDR6 4GB GDDR6
TDP 60W-115W 35W-80W 35-75W 30W-45W

Yak itu dia spesifikasi RTX 2050 yang dibandingkan dengan RTX 3050 dan 2060. Ternyata memang 2050 bakal menjadi “Entry level” yang melebihi RTX 3050 (bahkan penulis bilang mending dinamain RTX 3040 aja). Ya 2050 akan menggunakan Ray Tracing. Tapi sayangnya hal ini hampir impossible karena GPu nya mempunyai clock speed. Memang sih bisa menggunakan DLSS karena terdapat 256 tensor core. Tapi dengan TDP yang rendah sekitar 35-45 Watt saja, mungkin ngga akan bisa mompa game-game Ray Tracing sampe 60FPS di 1080p.

Selain itu, VRAM-nya yang hanya 4GB GDDR6 di RTX 2050 membuat hal ini semakin mustahil. Ray tracing minimal membutuhkan 8GB di 1080p untuk all ultra.

MX 550 MX 570

Nah, kita akan bahas Laptop Entry level selanjutnya. Untuk MX 550 dan MX 570 merupakan GPU terbaru dari kedua arsitektur. Untuk MX570 menggunakan AMPERE, dan MX 550 menggunakan Turing. GPU ini hanya diperuntukan untuk laptop tipis, laptop kantoran dan laptop “murah”.

Gimana Speknya?

MX 550 MX 570
Arsitektur Turing Ampere
Cuda Cores 1024 2048
ROPs 16 32
Clock Speed 1000 Mhz 1087
Boost Clock 1320 Mhz 1155
Memory Clock 12gbps 12gbps
Memory Bus 64 bit 64 bit
VRAM 4GB GDDR6 4GB GDDR6
TDP 25W 25W

Itu dia spek dari kedua GPU tersebut. Tampaknya MX 570 terlihat menjanjikan sekali ya untuk nge-game. Tapi sekali lagi kami tidak terlalu menyarankan karena GPU ini tidak diperuntukkan untuk nge-game berat. Mungkin ya cocoknya untuk kamu para pekerja kantoran yang ingin nge-game ringan di waktu istiahat, GPU ini cukup menarik.

 

Rekomendasi dari kami

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

seven − 5 =

Back to top button

Adblock Detected

Tolong matikan Adblock untuk mensupport kami