Gaming Opini

Masih Ngegame Versi Bajakan? Nih Keuntungan Membeli Game Original!

Anti Tani Tani Club!

“Boy, Tobat deh. Kasian tuh Developer karyanya lu bajak mulu. Ntar dia makan apa kalau kerjannya ga dibayar. Game Original tuh lebih enak, Lebih membanggakan.”

Ya cukup segitu aja ya marah-marah penulis. Jadi kali ini kita akan membahas nih tentang manfaat ketika memainkan game original dibandingkan dengan bajakan. Penulis sebelumnya juga sudah merilis beberapa keburukan ketika memainkan game bajakan. Nahh maka dari itu kali ini penulis akan bahas memang apa sih manfaat ketika memainkan game original? yuk kita bahas!

Selalu Ada Bug Fixed dan Bebas Virus

Perlu kalian ketahui, membeli game saat ini sudah berbasis online dan jarang sekali yang offline seperti kaset. Untuk kaset sendiri kebanyakan ada di console. Nah keuntungan yang pertama ketika kalian membeli game secara original adalah selalu update ketika ada crash ataupun bug tertetnu yang terjadi didalam game. Hal ini dikarenakan para developer menyadari  pasti ada banyak celah didalam gamenya. Maka dari itu mereka membuat sistem update di gamenya untuk menanggulangi masalah tersebut.

Namun ada juga loh game yang tidak memiliki sama sekali update. Hal ini sangat sedikit terjadi sebab biasanya game-game besar apalagi game online pasti akan ada sistem updatenya. Entah itu dari gamenya sendiri ataupun update dari pihak ketiga seperti Steam, ataupun Playstation. Namun update ini biasanya terjadi apabila masalah tersebut terjadi secara masal yaa! Sehingga ketika game kamu menggalami crash atau ada bug belum bisa langsung bener melainkan menunggu prosesnya dulu dari pihak developernya baru ada update.

Main game original juga terhindar dari virus loh! Ingat lah bahwa File Crack yang dibuat oleh cracker itu sebenernya virus yang dapat menjebol pertahanan di game tersebut. Mungkin memang virus itu cuman bekerja buat mebobol pertahanan, kalau misalkan cracker memanfaatkan hal tersebut untuk virus yang lain seperti Virus Cryptocurrency yang dapat membaut PCmu Lambat atau Trojan yang dapat mencuri File pribadi kamu ataupun kena backdoor gimana??

Bisa Bermain Multiplayer Online

Keuntungan berikutnya ketika kalian membeli games orginal ini kalian akan mendapat fitur online playar, namun fitur ini tidak semua ada tergangunt gamesnya itu sendiri. contohnya saja red dead redemption 2 yang awal peluncuranya ini tidak bisa main online sekarang sudah bisa online. Sementara untuk games bajakan sendiri bahwasanya tidak bisa main online, contohnya saja ketika kalian main CS GO memang games ini merupakan games online tapi ada loh bajakanya, nah ketika kalian ingin main online itu tidak bisa main online. Sebab server akang menggap games kalian ini belum terverifikasi sehingga servernya menolak.

Memang ada realitas kalau main bajakan pun bisa main online namun onlinenya itu terbatas pada sesama pemain games bajakan dan tidak terintegrasi langsung dengan server games aslinya sehingga ketika kalian ingin main online itu hanya sebatas dengan sesama main bajakan dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Sementara untuk games original ini kalian dapat bertemu pemain di seluruh jagat di dunia, sehingga jangkauanya sangat luas karena sudah terintegrasi langsung server utama dari games tersebut.

Akan ada update terbaru di fitur gamesnya

Nah ini yang paling penting ketika kalian membeli original ini biasanya pihak developer akan membuat fitur fitur baru atau tambahan dari games buatanya tersebut. biasanya update ffitur ini bersamaan dengan bug pada games, nah fitur fitur yang dimaksud ini seperti update senjata pada CS GO, Skin pada Dota 2, dan yang paling sering kita jumpai yaitu pada Fortnite entah itu terbang, senjata, dance, dan lain sebagainya. Namun ketika kalian memainkan games bajakan bahwasnya tidak akan mendapatkanya, kalau mendapattkanya pun biasanya menggunakan patch baru yang istilah ini sering ada di PES. Namun tidak semua games ini support patch tersebut sehingga ketika kalian ingin menambahkan fitur baru tersebut harus instal lagi gamesnya dengan versi yang baru tentunya. Dan si pembajak ini juga belum tentu menggeluarkan bajakan yang sama seiring dengan pertahanan games itu sendiri juga pasti diperketat.

Menghargai Developer yang membuat game tersebut

Nah ini nih yang paling penting ketika kalian membeli games original bahwasnya kalian itu sama saja seperti menghargai orang yang membuat games tersebut atau setidaknya balas jasa karena sudah menciptakan games tersebut. dan hal ini juga sebagai motivasi mereka untuk berkarya dan menciptakan games lanjutanya juga loh. Bayangkan aja ketika kalian membeli games bajakan, analoginya seperti kalian membuat masakan baru tapi masakan barunya itu di tiru sama orang lain tanpa seizin kalian. Nah bisa dibayanginkan gimana perasaan kalian ? nah kurang lebih sama lah dengan games cuman mungkin kalau games lebih perih aja kalau mendengar gamesnya bisa dibajak.

Berpotensi menggeluarkan edisi lanjutanya

Nah ketika kalian membeli game original maka tentu saja penghasilanya ini akan balik ke perusahaanya bukan ? nah balik modal ini lah yang ditunggu tunggu oleh perusahaan agar mereka terus bisa berproduksi. Namun hal ini berubah dengan kehadiran dari games bajakan bahwasnya kebanyakan pola pikir orang lebih mending gratis dari pada bayar bukan ? sesungguhnya ini salah besar tahu kenapa ? sebab ketika kalian membajak games maka dampaknya ialah kallian sama saja ingin menghancurkan perusahaan tersebut. dan dampak yang paling besaarnya adalah games tersebut akan tamat riwayatnya dan tidak akan lanjut sebab perusahaanya saja sudah tutup karena enggak bisa balik modal. Maka dengan kalian membeli games original kalian akan memotivias para developer dan memberikan modal pada perusahaan tersebut untuk menggembangkan games baru mereka.

(Tambahan Untuk Mendukung Developer Lokal)

Membantu per ekonomian Indonesia

Tahu kah kalian games yang masuk resmi di indonesia baik itu dari pihak gamesnya maupun melalui pihak ketiga seperti steam bahwasnya merekka ini juga dikenakan pajak loh. Hal ini dikarenakan indonesia sangat ketat sekali dengan barang dari luar negri masuk ke indonesia yang dimana ddalam prosesna sendiri juga harus melalui beberapa lembaga di indonesia. Nah perlu kalian ketahui bahwa negara Indonesia ini juga mendapatkan pemasukan dana dari pajak juga baik itu dari masyarakatnya maupun dari barang barang import. Sehingga dengan kalian ini membeli game original maka kalian berperan juga dalam menumbuhkan per ekonomian Indonesia. Namun hal ini berbeda dengan games bajakan yang dimana mereka saja udah masuk tanpa melalui tahapan formal yang berlaku dan juga gak bayar pajak lagi. Dan juga kalau kalian tahu games bajakan di Indonesia  saja itu udah melanggar hukum loh ! jadi ya jangan main main.

Jadi Gamer. Tolong ya yang sudah bajak gamenya ataupun lagi pengen bajak, BELI GAMENYA! mau lagi diskon juga ga apa apa yang penting Beli. mungkin yang berfikiran “Ga Punya Duit” atau “Buat apa bayar kalau gratis” itu buang jauh jauh,kalau kalian Berpikir gitu, coba pikirin lagi, “Developer Makan apa nanti ya?” “Anak istrinya nanti dikasih apa kalau karyanya gw bajak” gitu deh,

RESPECT KEPADA KARYA ORANG LAIN!

#ANTIBAJAKAN!

 

BY: Fachmi FDM

Rekomendasi dari kami

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

nineteen + thirteen =

Back to top button
Close

Adblock Detected

Tolong matikan Adblock untuk mensupport kami