Gaming Info

Map Shipment CODM Mirip dengan Crackdown PB, Plagiat? Liat Dulu Sejarahnya!

Point Blank merupakan game “Multiplayer Shooter Arcade” yang rilis tahun 2008. Game ini sangat populer di Indonesia karena game ini dipasang di warnet-warnet gaming. Game ini sangat populer karena memperkenalkan pertama kali game “Shooter Arcade”. Game sebelumnya yang populer yaitu CS 1.6 hanya mempunyai mode tactical yaitu “Bomb” dan “VIP”.

Mode paling populer dai game tersebut adalah mode “Death Match” dimana player akan selalu respawn sampai point tercapai. Jadi banyak banyak-banyakan kill. Setelah itu, disusul dengan mode “Bomb”.

Call of Duty Mobile (CODM) merupakan game yang rilis di tahun 2019 untuk Android dan iOS. Game ini juga melopori game “AAA Shooter Arcade” untuk Mobile Phone. Game ini mempunyai mode lengkap mulai dari “Battle Royale”, “Search and Destroy” (Bomb), “Zombie” sama “Deathmatch”.

Nah, ada yang menarik dari Call of Duty Mobile. Mereka merilis map Shipment. Map ini termasuk map kecil yang diperuntukan untuk 4v4 atau 5v5 di Call of Duty Series.

Jika melihat map Shipment dari CODM, ternyata mempunyai layout dengan banyak kontainer. Bentuknya persegi dan hanya dipisah oleh 8 kontainer dimana kalau dilihat dengan teliti, map tersebut mirip sama map Crackdown dari Point Blank.

Shipment versi 1944 CODM Dan CODWW2
Crackdown Point Blank

Eits tapi jangan salah! Ternyata, PB lah yang ngikutin map Shipment karena map tersebut rilis pada saat Call of Duty Modern Warfare 2007 keluar. Tanggal rilis CODMW di November 2007, sedangkan Point Blank di Oktober 2008, setahun setelah CODMW. Maka dari itu, bisa dilihat kalau Point Blank lah yang sangat “terinspirasi” dari map Shipment.

Shipment Call of Duty Modern Warfare 2007

Uniknya, map Shipment dan Crackdown sangat populer di kalangan fansnya karena memang map-nya kecil sehingga sangat cocok untuk by one, atau pun 5v5 “Death Match”.

Di Call of Duty, gamers yang main di Shipment akan pake senjata SMG, Dual Handgun san RPG. Pasti sangat chaotic apalagi di COD bisa main 10 orang/5v5. Di Point Blank, orang biasanya menggunakan senjata Dual Kriss Vector dan P90. Ya sama sama chaotic sih, tapi hanya sebatas 8 orang atau 4v4.

Jadi, mau apapun gamenya yang penting main dan senang. Engga usah lihat game A plagiat atau game B seperti ini.

Rekomendasi dari kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Tolong matikan Adblock untuk mensupport kami