Gaming InfoOther TechPC TechTechnology Info

Macam macam garansi laptop

Hai noobs siapa disini yang Ketika hendak membeli barang elektronik pasti selalu melihat garansinya ? hal ini patut diwajari mengingat garansi sangat penting sebagai jaminan sebuah produk bahwa produk ini dapat dimanfaatkan hingga batas waktu tertentu.

Nah noobs tahu kah anda bahwa jenis jenis garansi itu cukup banyak, terutama di Indonesia sendiri. Banyak sekali para perusahaan, distributor hingga toko retail ini menawarkan berbagai macam garansi. Berikut ini merupakan macam macam garansi laptop berdasarkan penggalaman penulis serta pada fakta yang ada di lapangan.

  1. Garansi RESMI

Garansi RESMI merupakan garansi yang ditanggung oleh perusahaan tekhnologi yang dimana perusahaan ini merupakan perusahaan resmi di negara yang berkaitan dalam hal ini Indonesia. Adapun garansi resmi ini memiliki keunggulan yang sangat banyak sekali Ketika kalian membeli produknya. Salah satunya ialah kalian dapat mengservice perangkat kalian apabila terjadi kerusakaan di tempat customer service di seluruh gerai Indonesia.

Hingga tulisan ini dibuat garansi resmi memiliki banyak tanggungan after sale seperti garansi part, garansi servis, hingga garansi kerusakaan akibat keteledoran pengguna. Garansi Resmi sangat direkomendasikan apabila kalian khawatir dengan perangkat kalian, karena jika rusak maka kalian akan mendapatkan kemudahan dalam memperbaiki perangkat secara gratis.

  1. Garansi International

Garansi International merupakan garansi yang memiliki keluasaan dalam pelayananya namun dengan catatan tertentu. Sepertinya Namanya International maka kalian dapat mengservis perangkat anda di seluruh negara yang tercatat dalam kartu garansi.

Sebenarnya garansi resmi dan international ini mirip, hanya saja yang menjadi perbedaanya ialah beberapa produk sebuah perusahaan itu tidak bisa di servis garansi resmi. Seperti contohnya anda membeli produk dengan garansi international, Ketika produk tersebut rusak maka kalian tidak bisa mengservisnya di garansi resmi sehingga harus ke garansi international.

Kebetulan di Indonesia tidak menerima garansi international hal ini dikarenakan masalah regulasi tertentu, sehingga kalian harus membawa produk tersebut ke servis international yang berada di negara negara tertentu. Yang paling mudah kita temui biasanya berada di singapur.

Garansi International biasanya cukup beredar luas di Indonesia yang dimana biasanya penjualnya itu menggunakan nama garansi toko. Sehingga Ketika barang kalian rusak maka akan di bantu oleh pihak toko.

Namun kekurangan dari garansi international ini ialah dari segi waktu yang sangat amat lama sekali. Hal ini pernah penulis amali Ketika hendak mengservis laptop penulis yang dimana kerusakaan pada laptop penulis ini ialah motherboardnya. Penulis menunggu hingga 6 bulan waktu itu baru bisa diperbaiki sehingga garansi international mungkin tidak bagus bagi kalian yang agak sensitive dengan garansi.

  1. Garansi DistributorGaransi Distributor Resmi

Garansi Distributor Resmi merupakan garansi yang ada pada sebuah toko yang sudah dipercayai oleh sebuah perusahaan untuk menjual produknya hingga dijadikan tempat pengklaim garansi. Nah sebenarnya garansi Distributor Resmi ini hamper mirip dengan garansi resmi.

Namun yang menjadi pembedanya ialah alur atau jalan servisnya, Ketika kamu mengservis di garansi distributor maka produk kamu akan ditampung dulu baru dikirim ke servis center. Sebenarnya pun kamu juga bisa langsung ke servis centernya langsung tanpa perlu ke tempat distributornya.

Sehingga keuntungan yang ada pada garansi distributor resmi ini mirip sekali dengan garansi resmi.

Garansi Distributor Lokal

Garansi Distributor local merupakan sebuah garansi yang ada pada sebuah produk, akan tetapi produk ini biasanya merupakan produk yang tidak resmi atau illegal yang dijual di Indonesia. Adapun produk yang dijual biasanya hanya dijual di negara negara tertentu saja dan tidak di jual resmi di Indonesia.

Sebenarnya garansi Distributor local ini mirip seperti garansi toko yang dimana produknya tersebut menjadi sebuah tanggung jawab si pemilik toko. Penulis tidak mengetahui apakah Ketika produk rusak akan langsung dibawa ke service center local tersebut.

Sehingga garansi Distributor local ini sangat tidak direkomendasikan, sebab Ketika produk kalian rusak maka ada kemungkinan kalian tidak bisa mengklaimnya atau bisa diklaim tapi dengan jangka waktu yang lama sekali.

  1. Garansi Toko

Garansi Toko merupakan garansi yang dimana hanya ditanggung oleh si penjual di level paling bawah. Biasanya garansi toko ini tidak memiliki koneksi terhadap perusahaan terkait. Sehingga Ketika produk kalian rusak maka akan dibetulakan oleh toko tersebut atau bisa dikatakan menjadi tanggung jawab si penjual tersebut.

Biasanya garansi toko ini memiliki jangka garansi yang sedikit semisal 1 minggu atau 1 bulan, dan untuk produknya sendiri itu bis akita curigai karena garansi toko ini sangat amat tidak worth it sekali untuk membeli produk elektronik.

Itulah Noobs beberapa macam macam garansi yang ada di Indonesia yang terdapat pada toko toko elektronik di seluruh Indonesia.

Fachmi Dimas

Fachmi Dimas admin and content creator, DKM of Al Hidayah, Relawan Al Kahfi, and leader of IKRIMAH.

Rekomendasi dari kami

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 × two =

Back to top button

Adblock Detected

Tolong matikan Adblock untuk mensupport kami