Gaming Opini

Lebih Penting Mana? Perfoma Atau Kualitas Grafik Game?

Kamu sebagai Gamer memilih kubu mana? Perfoma atau Grafik? yang bisa kita tau bahwa dikalangan PC gamer dengan Berbagai macam Jenis Hardware yang berbeda terkadang menimbulkan argumen yang demikian. mungkin karerna PC mereka kurang kuat untuk Bermain secara maksimal maka harus memilihg antara Kualitas atau perfoma. maka kali ini kami akan bahas Lebih penting mana, Perfoma Game atau kualitas Grafik Game?

Sebenernya tidak hanya golongan PC Gamer aja, kadang juga mereka yang bermain Di konsol pun memikirkan hal serupa, Kenapa banyak Developer memilih kualitas grafik dibanding Perfoma, atau ada beberapa game yang mempunyai perfoma baim tapi kualitas tidak terlalu baik, apa sih Faktornya? ayok kita bahas dan kita mulai dari Zaman Konsol Nintendo Entertainment System atau NES.

Konsol Berkembang Karena Grafis Game Makin Bagus

Dari Zaman NES lalu Ke SNES dan Selanjutnya yang pasti paling dilihat oleh orang adalah grafis gamenya. NES ke SNES atau dari 8 Bit ke 16 Bit sangat terlihat perbedaan grafisnya, SNES jauh lebih baik dibanding grafis NES, maka dari itu kenapa banyak orang yang membeli konsol 16 bit dan meninggalkan konsol 8 bit.

Oleh karena developer sudah dapat membuat grafis game lebih baik, maka konsol tersebut juga berkembang dari Hardwarenya. dan konsumen pun lebih suka kepada grafis yang lebih “real” dibanding kartunist pixelated. bahkan pada saat SNES-Sega Genesis dan N64 keluar terdapat “War” dikalangan gamer dinamakan “Bit War”

Bit War ini simpelnya argumen dikalangan gamer dimana ada kelompok yang menyatakan bahwa Grafis itu lebih penting, semakin tinggi “bit” maka semakin bagus grafis gamenya. sedangkan ada juga kelompok yang “bodo amat” dengan grafis yang pentign Gameplay dan mekanisme dari game tersebut. dan karena waktu itu banyak sekali perusahaan yang milking kata kata “bit” di konsol mereka, maka pada zaman itu Grafis dari Game merupakan Hal yang sangat penting dan krusial bagi industri game

Contohnya adalah Konsol Atari jaguar yang menggemborkan bahwa konsol mereka merupakan 64 Bit Konsol dengan gradis lebih realistis, tetapi nyatanya tidak lebih baik dibanding konsol 32 Bit. lalu Nintendo 64 yang menaruh angka “64” do Konsol dan beberapa game mereka yang menunjukan “Nih Konsol dan Game gue udah 64 Bit, Grafis lebih realistis boy!”. dari situ terlihat bahwa “Grafis” game itu jadi hal yang terpenting.

Gameplay Dari Awal Sama Aja, Sekalinya Berubah Menjadi Revolusi

Lalu kita bahas gameplay. Gameplay itu juga sama pentingnya dengan Grafis, cuman sebenernya Gameplay yang “Baik” itu sebenernya lebih ke masing masing orang. Gameplay malah lebih subjektif dibanding grafis. dan tanpa kita sadari, gameplay yang sekarang di Konsol sekarang itu tidak jauh beda dengan Gameplay yang ada pada game di Playstation 1.

Pada Zaman NES-SNES dan Sega, 2D Platfromer itu bukan Genre, tetapi menjadi sebuah inti dari Gameplay. sangat jarang Konsol tersebut mempunyai Game dengan perpektif 3D, bahkan 3D merupakan sebuah Genre. Game Action,Adventure, Shooter dsb rata rata itu 2D atau Platfromer. sampai Playstation 1 dan Nintendo 64 Muncul yang Merevolusio Inti Gameplay dari Industri game ini

Playstation 1 dan Nintendo 64 sudah mempunyai Kontroller yang dapat mengkontrol game yang berbentuk 3D, PS1  mempunyai Dualshock dan N64 dengan kontroller uniknya. dan Developer juga lebih mudah dalam me-develop game dengan perpektif 3D. dari sini banyak Developer yang menggunakan 3D menjadi inti gameplay dan seterusnya 3D adalah sebuah Standar dari sebuah game dan 2D platformer menjadi sebuah genre.

Begitupun dengan Konsol zaman sekarang, Gameplay dari game di Playstation 4 sebenrnya tidak jauh beda dengan Playstation 1 atau Playstation 2, Contoh gamenya dalah Black dengan Call of Duty, Tomb Raider Series, Racing game seperti gran turismo dan sebagainya.

Bukan berati tidak ada perubahan, Konsol zaman sekarang mempunyai teknologi komputasi yang lebih canggih. dari situpun terdapat beberapa tambahan mekanisme di game yang menambah ke-Realistisan game tersebut. tetapi hal tersebut hanya “Enchance”, Gameplay lebih baik dibanding zaman PS1 tapi inti gameplaynya ya Sama aja.

Konsol Terus Berkembang Karena Tuntutan Grafis dan Fitur

Nah, Kita sudah bahas, Maka Kesimpulannya Grafis itu Lebih jauh diperhatikan daripada Gameplay. Karena Somehow Jika Grafisnya lebih realistis dan Fiturnya pun lebih baik, maka seakan akan gameplaynya pun akan ikut terbawa menjadi bagus. tetapi kalo kamu orangnya yang sangat teliti dengan gameplay, sebenernya mah Sama aja. maka dari itu mengapa ada beberapa orang yang masih enjoy dengan game jadul karena mereka gameplaynya itu sama aja.

Nah, Konsol berkembang karena tuntutan Grafis. Dari situpun juga Terdapat fitur fitur yang bisa ditambahkan untuk menambah pengalaman bermain game yang lebih baik. Tetapi Grafis dan Fitur tersebut membutuhkan teknologi pada Hardware yang baru, maka dari itu lah Setiap 5-6 Tahun sekali Manufaktur konsol seperti Sony, Nintendo dan Microsoft membuat kosnol dengan “Upgrade” Hardware ditambah Fitur fitur terbaru. Kalau kamu PC Gamer, sama halnya dengan Ganti VGA kamu jadi yang lebih kenceng.

BACA JUGA

Jadi, Lebih Penting Perfoma Atau Kualitas Grafik?

Nah Sekarang kita bahas, lebih MENDING mana nih? ya bagi kamu yang kaum mending, kita akan jelaskan kira kira lebih penting mana

kami singgung bahwa Gameplay itu sama aja dari Zaman PS1 walaupun zaman sekarang ditambah fitur yang lebih canggih. maka sudah ada standar Ukuran bagaimana Game tersebut “Playable” dari masing masing jenis Gameplay. Contoh:

Pada Konsol Playstation dari 1 ke 3. Kita bisa melihat bahwa Game yang mempunyai Grafis lebih bagus pada masanya itu berjalan pada Frame rate yang cukup rendah, misalkan kaya Tomb Raider, Lalu Crash Bandicoot dan sebagainya. kenapa? karena game tersebut tidak terlalu membutuhkan Akurasi si pemain. game tersebut bisa dibawa Santai, maka dari itu Developer dapat Mendorong Kualitas Grafisnya.

Lalu Game Shooter seperti Black, Call of Duty atau Game Racing Gran Turismo selalu mempunyai Frame Rate yang lebih tinggi. karena memang game tersebut memerlukan Akurasi dan keakuratan pemain dalam memainkan gamenya. nah itupun masih terus dibawa sampai konsol sekarang

Nah, dari itu lah kita bisa lihat kenapa game PS4 seperti The last of us, Uncharted 4, God Of War hanya 30 FPS, karena memang game tersebut bisa dibawa santai dan ga perlu ke akuratan maksimal si pemain. dengna itu Developer bisa membuat grafis game sebagus mungkin. beda dengan Call of Dutyy atau game Competitif, pasti grafisnya tidak terlalu realistis dibanding game lain tetapi lebih enteng di jalankan dan mendapat frame rate yang tinggi.

Jadi Konsol lebih Prefer Grafiis Lebih Baik dan realistis dibanding Perfoma.

Untuk Gamer PC,

Jadi bagi kamu yang Gaming Mid-End Pas Pasan, pasti sudah ngebayang kan ya? Harus memilih antara High 30FPS atau Low 60FPS, kira kira lebih penting Grafis atau perfoma jadinya?

Well, kami bagi Dua Katagori

  • Gaming Kompetitif: Gaming Kompetitif berati Game yang membutuhkan Akurasi dan keakuratan Pemain. Contoh genre Gamenya seperti Shooter dan Racing. dan contoh Gamenya adalah Counter Strike: Global Offensive, Valorant, Call of Duty, Gran Turismo dan sebagainya.
  • Gaming Casual: Berati Game yang bisa dibawa santai dan tidak memerlukan ke akurasi dan keakuratan pemain. Contoh genre gamenya Adventure-Action. Seperti Tomb Raider, Shadow of War, Grand Theft Auto V, Red Dead Redemption 2.

Untuk gaming Kompetitif, Lebih Penting Perfoma dibanding Kualitas Gambar. jadi kalian Set low ke Grafis agar mendapat perfoma yang tinggi. karena game kompeititf itu kalian harus lebih baik dibanding musuh kalian.  jadi Kalau Perfoma tidak baik, maka skill kalian bisa terhambat, kita bisa sebut “bottleneck” Hardware, karena hardware nya yang menghabat skill mu

Untuk Gaming Casual, Lebih Penting grafis dibanding Perfoma. Jadi Kalian Set High dan resolusi ketertinggi sampe Spek “pas pasan” kamu hanya mampu ngejalanin 30FPS saja. Karena memang dari awal Konsol NES, tidak disadari Grafis itu yang penting bahkan menggerakan industri game dan membuatnya hidup sampe sekarang. Plus memang orang lebih suka grafis yang memukau dan Gameplay secara teknis masih sama dari dulu.

Kesimpulan: Game Kompetitif = Perfoma, Game Casual = Grafik.

Kalau kamu punya Spek PC yang bisa Perfoma Atau Kualitas Grafik, ya itu lebih baik. dan itu lah “Keuntungan” bermain game di PC, tidak ada hambatan hardware selagi tabungan masih kuat.

 

 

Tags

Rekomendasi dari kami

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

thirteen − two =

Back to top button
Close

Adblock Detected

Tolong matikan Adblock untuk mensupport kami