Gaming NewsMobile

Kolaborasi Qualcomm dan Samsung Dalam SnapDragon 865

Bakal seberapa hebat ya performanya?

Tau ga kalian kalau Chipset Smartphone atau SOC di jaman sekarang sudah semakin canggih? Bahkan mungkin Chipset yang ada di smartphone ini sudah bisa bertanding dengan processor PC loh! Walaupun begitu, nampaknya masih perlu beberapa tahun lagi agar Chipset bisa lebih efektif dan efisien untuk mobilitas dan menggantikan PC.

Chipset smartphone saat ini di pasaran masih didominasi oleh Qualcomm dan Mediatek. Di postingan saat ini kita akan membahas chipset terbaru Qualcomm, yaitu Snapdragon. Chipset dari Snadragon saat ini ialah Snapdragon 855 yang dimana merupakan SOC yang paling powerful saat ini. Dari SOC ini saja kita sudah bisa melihat bagaimana powerful-nya chipset ini, mulai dari melibas game-game online dengan settingan grafik high hingga sudah tertanam ke laptop.

Dikabarkan bahwa nanti Next generation Flaghship Qualcomm ini, yaitu Snapdragon 865 akan segera dirilis. Namun dari beberapa sumber yang ada, teknologi dari Snapdragon lanjutannya ini akan menggunakan teknologi Samsung EUV atau Ultra Violet.

Biasanya Qualcomm menggunakan teknologi TSMC untuk membuat Chipset mereka, namun sekarang untuk bisa menciptakan SOC yang Powerfull, Efektif dan Efisien akhirnya Qualcomm menjalin kerja sama dari sektor teknologi dengan Samsung. Mengingat Samsung juga membuat chipset tersendiri, yaitu Exynos..

Qualcomm mengklaim apabila produk mereka diproduksi menggunakan teknologi EUV maka ada beberapa peningkatan mulai dari peningkatan kinerja 20-50%. Namun pihak mereka belum mengetahui angka pasti dari peningkatan kinerja tersebut.

Untuk urusan dapur pacunya, CPU yang akan digunakan ini menggunakan kombinasi Quad Core Cortex-A77 serta Delapan Core pendukung yang kemungkinan menggunakan Cortex-A55. Namun untuk manufakturnya ini masih belum dirincikan secara pasti bagaimana. Kita tunggu info selanjutnya setelah pengumuman press release mereka.

Fachmi Dimas

Fachmi Dimas admin and content creator, DKM of Al Hidayah, Relawan Al Kahfi, and leader of IKRIMAH.

Rekomendasi dari kami

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 × five =

Back to top button
Close

Adblock Detected

Tolong matikan Adblock untuk mensupport kami