ConsoleGaming Stuff

Kenalan Yuk Sama Nintendo Entertainment System (NES)!

Ya Halo Nubs! Bagaimana kabarnya? sudah gaming belom hari ini? Btw,mau tau ga Konsol Jadul yang melegenda lagi? Mau? Mau? Yuk Kita Sambut Konsol Terkenal Pada zaman 1980an!

NINTENDO ENTERTAINMENT SYSTEM

A.k.a

NES

Mungkin yang bukan manusia yang pernah melewati tahun 1980an tidak tau apa itu NES.

(PCworld.com)

Nintendo Entertainment System (NES) Adalah Konsol Klasik Generasi Ketiga dengan video 8-Bit yang dirilis oleh Perusahaan Nintendo Pada tahun 1984. Dirils di Amerika Utara,Brasil,Eropa,Asia Dan Australia. Dijepang sendiri,NES dikenal dengan nama Nintendo Family Computer (Famicom). NES/Famicom merupakan salah satu Generasi Ketiga Konsol Video gameNES merupakan Salah Satu “Best Selling Gaming Console” maka dari itu konsol ini memang sangat melegenda,apalagi dikalangan retro gamers, NES adalah Raja dari Gaming Retro. Untuk Detail Pengrilisan,Penjualan dan Harganya Dapat dilihat:

Pengrilisan

JP: 15 Juli 1983

NA/KR: 18 Oktober 1985

EU: 1 September 1986

EU/AU: 1987

Penjualan

Dunia: 61.91 Juta

Jepang: 19.35 Juta

Amerika: 34 Juta

Negara Lain: 8.56 Juta

Harga

$299=Rp4.017.065 ($1=Rp13.435)

(EN Wikipedia)

Nah Itu Data Pengirilisan Penjualan Dan Harga, Kamu harus tau Juga bahwa NES Dan Famicom itu memiliki Bentuk Yang beda. yap seperti ini lah contohnya.

Nintendo Entertainment System (NES)

(Nintendo.com)

Nintendo Family Computer

(Famicomworld.com)

Apakah Kamu tau Media game apa yang NES/Famicom pakai? Yap. Cartidge ROM!. Kamu tau Cartidge?  Cartidge itu berbentuk layaknya seperti Kartu,didalamnya terdapat semacam circuit board yang menyimpan memory dari Copy Game tersebut. Menggunakan cartidge layaknya memasukan Kartu memory atau SD Card,ada semacam connector yang berbentuk perunggu nantinya akan bertemu dengan connector pada Konsol NES. Maka dari itu pada saat Cartidge dimasukkan,maka Game langsung Menyala tanpa ada loading terlebih dahulu. Seperti ini lah Bentuk dari Cartidge

(Kiri NES Kanan Famicom)

(retro-video-gaming.com)

Ini adalah Cartidge dari NES (Kiri) Dan Famicom (Kanan), Beda ya Cartidge Dan Konsolnya? Mungkin Jepang mau beda dari yang lain biar anti mainstream (wkwk)

Uniknya Cartidge ini ada beberapa Cartidge yang bisa menyimpan Save file,ataupun tidak. maka jika kita membeli Second Use dari cartidge ini,maka kemungkinan besar kita akan mendapatkan juga save file dari pengguna pertama

Untuk NES Sendiri,Dia memiliki Saingan yang tidak terllau berpengaruh,karena konsol ini sudha benar benar raksaksa dan mungkin saingan seperti Sega Yang baru muncul tidak terlalu banyak diminati orang,maka dari itu lah NES sangat melegenda dizamannya bakan sampai sekarang Konsol NES masih di ingat oleh masyarakat sebagai Konsol legenda.

Yuk Sekarang kita lihat Contoller dari NES Dan Super Famicom

(Atas NES Bawah Famicom)

(Wikipedia) (Gizmodo.com)

Bisa dilihat, Contoller NES dan Famicom hanya terdapat 2 Tombol Pada Action Pad,yaitu Tombol B Dan A,Lalu 2 Tombol Ditengah yaitu tombil Select dan Start, Dan 4 tombil pada DPAD yang biasanya untuk menggerakan karakter. Controller untuk Famicom juga terdapat semacam in bulit speaker,terdapat pada Bagian diatas tombol Start and Select berada. Tidak banyak game yang menggunakan ini,tetapi Game Maskot Nintendo,Legend of Zelda dapat menggunakan Speaker in built ini untuk membunuh salah satu monster digame. Bentuk Kontroller ini berbentuk Persegi Panjang yang mungkin jika kita grip tidak akan nyaman,cuman Controller ini melegenda loh!. Untu

 

Nah untuk Game yang terkenalnya apa aja sih untuk NES? Ada 3 Game yang terkenal, Yaitu:

1.Super Mario Brother

Game Legenda ini adalah Platfromer 2d Side Scroller. Siapa yang tidak tau ini? Game yang menceritakan seorang Tukang Pipa (Plumber) Mario yang ingin menyelamatkan Seorang Princess dari Bowser. Game ini Juga merupakan game official pada saaat NES diluncurkan. dan Gamer Retro juga pasti mengingat salah satu kata kata terkenal ini:

“Thank You Mario,But Our Princess is in Another Castle”

Elah,banyak amat castlenya,mana dah princessnya oy! hahaha

2. Legend Of Zelda

Legend Of Zelda, salah satu game “masterpiece” Punya Nintendo ini, Game Ini merupakan RPG terbaik di NES. Sama Seperti Mario,Seorang Pemuda Kuat, Link Ingin menyelamatkan seorang princess, yaitu Princess Zelda. jadi yang kita mainin bukan Zelda tapi Link.

3. Contra

Game 2D Action Shooting Sidescroller ini termasuk Featured Games nya NES. Game ini juga mempunyai kesulitan yang mantap. banyak gamer yang kesusahan akan tetapi ketagihan dengan Rasanya yang Mantap.

Ketiga Game Ini Legend loh, Apalagi Super Mario Bros dan Legend Of Zelda,Sampai Sekarang,nintendo masih mengrilis title title itu pada konsol next gen nya loh,seperti WII U dan Nintendo Switch. Untuk Contra,Game ini sangat membekas dihati para gamers retro karena “tantangannya” yang Sangat mantap

Masih banyak game yang keren seperti Megaman dan teman teman,tapi karena sangat banyak game yang bagus,tidak mungkin semua di pos disini~

Mungkin dilain hari,Penulis akan Me-review game game jadul ini,karena mereka layak untuk terus diingat!

Satu lagi Nintendo Juga mengrilis NES Classic Edition 2016 Loh! NES classic ini bentuknya sama dengan Original NES cuma Bentuknya sangat kecil,hanya Setelapak Tangan Orang Dewasa. Tetapi Besar Controllernya Sama dengan Originalnya. NES Classic Ini Hanya ada 30 Game Legend NES. Dan tidak bisa ditambah atau dikurang,hmmm Mungkin jika NES Classic ini Laku,mungkin nintendo akan membuat NES Classic 2 untuk 30 game yang lain kali ya??? hahaha!

Terima Kasih!

Rekomendasi dari kami

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

eight − 7 =

Back to top button
Close

Adblock Detected

Tolong matikan Adblock untuk mensupport kami