Gaming OpiniPC Tech

Jangan Beli VGA Murah, Tidak Merekomendasikan Graphics Card Low-End

Dalam dunia perakitan PC, banyak sekali komponen dengan nama-nama yang membingungkan dan memiliki harga yang sangat bervariasi. Tetapi kalau misalkan kita lihat dengan jelas, manufaktur seperti Nvidia dan AMD sudah membagi produk mereka dengan 3 kategori yaitu Low-End (Entry Level), Mid-End dan High-End. Dari ketiga katagori itu kami sangat tidak merekomendasikan VGA murah atau Graphics Card Low-End. Mengapa?

Manufaktur GPU seperti Nvidia dan AMD memang memiliki kategori Graphics Card Low-End. Untuk sekarang GPU Low-End yang paling terbaru adalah GPU yang dibuat Nvidia yaitu GT 1030. Akan tetapi masih banyak Low-End GPU yang dijual dipasaran, apa saja?

(Keterangan, GPU=Processor Grafik, Graphics Card= Board dengan GPU dan VRM didalammnya, VGA=Sebutan untuk GPU yang sudah menjadi kebiasaan di Indonesia)

Contoh VGA Murahan (Graphics Card Low-End)

Untuk Kubu Hijau, Graphics Card yang Low-End/VGA murah biasanya dinamai dengan angka kecil pada 2 angka terakhir di serial nama produk mereka. Misalkan GT 210, GT 630, GT 710, GT 1030 dan yang paling terlihat adalah di bagian “GT”. Biasanya nih, untuk seri “GT” kalian hanya bisa menjalankan beberapa komputasi grafik yang ringan, untuk GTX kalian bisa pakai untuk Gaming.

Lalu untuk AMD, penamaannya ini agak sedikit membingungkan sebelum AMD menggunakan RX Series. Memang tidak banyak GPU Low-End yang mereka buat, tapi ada beberapa yang sering muncul di pasaran seperti R5 230 dan R7 240.

VGA Murahan Tidak Bisa Melakukan Banyak Aktifitas, Apalagi Gaming

VGA Murah seperti GT 210, GT 710, GT 1030, R7 240 itu hanya bisa melakukan aktifitas ringan, Contohnya, untuk GT 1030 mungkin bisa memainkan Game AAA tapi tidak Game AAA untuk Zaman sekarang, mungkin untuk 5-10 tahun kebelakang.

Lalu untuk editing video dengan resolusi tinggi pun juga sudah ngebuat GT 1030 ini keringetan loh! Karena memang dari segi hardware, Cuda Core atau Compute Unit juga dipasang lebih sedikit untuk menekan biaya. Yah, jadinya kamu punya perfoma yang tidak memuaskan.

Dan lebih parahnya VGA Murahan seperti GT 210 tidak bisa me-playback beberapa video di resolusi tinggi. Untuk gaming? Kalian bakal stuck di game-game 10 tahun kebelakang.

Kalian Bisa Mendapatkan GPU 4x Lebih Kencang Dengan 2x Harga Dari Graphics Card Low-End!

Yak, kalian bisa mendapatkan Perfoma 4x – 6x kali lebih tinggi dengan harga cuman 2x Lebih banyak dari harga VGA murahan. Jadi bukan kalian Mendapatkan 2x perfoma dengan harga 2x lebih banyak, tapi 4-6x perfoma!

Misalkan untuk GT 1030 kalian diharuskan membayar Rp. 1.050.000, kalian mendapatkan perfoma yang kurang lebih Sama dengan GPU Flagship dari 11 Tahun lalu seperti GTX 275 atau Sama dengan APU nya Ryzen.  Lalu dengan menambah lebih Budget Kalian 1 Juta saja, Kalian bisa Mendapatkan Graphics Card Seperti RX 570

 

Kedua GPU ini, GT 1030 dan RX 570 ini dirilis dengan perbedaan umur kurang lebih 1 tahun. dan untuk 2020, RX 570 Menjadi GPU paling Murah untuk 1080p gaming.  untuk perfomanya RX 570 mempunyai perfoma 352% Lebih kuat dibanding GT 1030. yak 4 Kali lebih Kencang dengan harga cuman 2x lebih banyak yaitu 2.050.000 Rupiah.

Jadi, Perfoma RX 570 4x Lebih kencang dibanding GT 1030 yaitu 352%, tapi kalian hanya ngeluarin uang 2x lebih banyak dibanding GT 1030 yaitu 2 Juta (Dari 1 juta). Mantap ga tuh? Karena memang didunia Komponen PC seperti ini, Kalian bisa mendapatkan Nilai Perfoma lebih tinggi dengan Kocek yang cukup rendah.

BACA JUGA

Penggunaan GPU Low-End Pada Kehidupan Nyata. (Spoiler: Tidak Untuk Gaming+Editing)

Memang sih, GPU low-End Ini masih berguna pada Dunia nyata, Biasanya VGA Murahan hanya digunakan pada Komputer Perkantoran yang GPU nya digunakan sebagai “Display Adapter” saja. Misalkan digunakan agar Komputer mempunyai Display, Lalu Komputer hanya digunakan untuk Office Work saja, dan hanya beberapa Gambar dan Video Ringan.

Dan juga digunakan pada komputer yang mempunyai Processor tetapi tidak mempunyai iGPU/APU, hanya untuk sekedar Menampilkan Display di Monitor, GPU Ini digunakan karena memang beberapa VGA murahan hanya dikenakan kocek sebesar 500ribuan.

Untuk Gaming? ooo tidak my friend, apapun itu Graphics Card Low-end, Sangat tidak Worth it! walaupun secara teknis kalian bisa main di VGA murahan, tapi tetep saja jika kalian nabung sedikit lagi, kalian bisa mendapatkan Perfoma 4x lebih besar.

iGPU/APU Di Processor sudah sekuat Graphics Card low-end, Gratis lagi.

Untuk tahun 2020, iGPU dan APU sekarang sudah menjadi lebih kuat karena berkat Teknologi Transistor yang terus menyusut. Contohnya untuk AMD Ryzen Zen 2, Mereka menggunakan Teknologi 7nm yang menjadikan AMD bisa memasukan banyak Core lebih banyak pada 1 Silicon di processor. yang berati Perfoma jadi kencang.

Contohnya adalah AMD Ryzen 3 dan 5 Versi G Series seperti 3200G dan 3400G. Kedua Processor ini mempunyai Integrated GPU yang dinamakan APU. APU mereka ini sangat kuat untuk sekelas iGPU. Untuk Versi Ryzen 3 Dinamai RX Vega 8 dan Ryzen 5 dinamai RX Vega 11.

Jika Kalian Membandingkan iGPU dengan Low-End Graphics Cards, kurang lebih Perfomanya sama dan kalian mendapatkan GPU ini Secara “Gratis” karena sudah Bundling dengan CPUnya. Contoh: Ryzen 5 3400G Dengan RX Vega 11 mempunyai Perfoma kurang lebih Sama dengan GT 1030.

Jadi secara Teknis, Jika Dari awal kalian Rakit PC menggunakan Ryzen 5 3400G, kalian sudah mendapatkan CPU 4 Core 8 Threads dengan Gratis GT 1030 (Tanpa Cuda Core). mantap ga tuh? Untuk perfoma Single Threaded Ryzen 5 3400G kurang lebih sama dengan i5 9400F hanya saja kurang 2 Core.

Dibanding kalian membeli i5 9400F (CPU Intel tanpa iGPU) dan kalian pasang dengan GT 1030, harga jauh lebih mahal.

dan perfoma Vega 11 Untuk Gaming? ga terlalu bagus sih cuman ya kalian bisa pakai dulu sambil Nabung Sedikit lagi untuk beli GPU yang lumayan seperti RX 570-RX 580 atau GTX 1650 Super dibanding kalain beli VGA murahan seperti GT 1030.

VEGA 11 Menggunakan Ryzen 5 2400G

VGA Murahan/Graphics Card Low-End Itu Ngga Masuk Akal Harganya. MAHAL

Kita sudah jelasin beebrapa point kenapa VGA murahan itu ga worth it. Dan ternyata Graphics Card Low End itu Harganya Ngga ngotak. Kami singgung bahwa kalian bisa ngeluarin biaya 2x Lipat dan mendapatkan 4x perfoma. Tapi ternyata kalo diitung perfoma per uangnya Graphics Low-end Itu MAHAL

Sudah otomatis ya, seperti GT 1030 dihargai 1-1.3 Jutaan dengan RX 570 dengan harga 1.8-2 Jutaan. GT 1030 cuman dapet 42 FPS di Rainbow Six Siege tapi RX 570 bisa 150-200 FPS. dari hitungannya aja GT 1030 itu FPS per uangnya tinggi sekali.

Kesimpulan: VGA Murahan/Graphics Card Low-End Tidak Worth it!

Jadi, Dari alasan yang diatas, kita bisa ambil kesimpulan bahwa Graphics Card Low-End / VGA Murah itu Tidak Worth it bagaimana apapun alasannya, mau budget ataupun penggunaan. apalagi untuk gaming dan Editing, kalian hanya bisa memainkan game di low dan resolusi rendah di FPS yang rendah pula. dan Editing Video? good Luck buat nunggu Rendernya.

Kalian masih tetap melihat GPU low-end ini dijual bahkan Dipasang pada PC tapi sebatas PC Kantoran. tapi jika kalian ingin Rakit PC sendiri untuK kebutuhan Gaming apalagi Editing, kami sangat Tidak Merekomendasikan VGA Murahan atau Graphics Card Low-End.

Kalo kamu juga bersikeras pengen beli GPU low-end karena Video output kalian amti atau pengen punya Post buat monitor banyak, ga perli beli VGA murahan yang sekarang2, Beli aja GPU low-end Jadul atau lebih tinggi (Sesuai target Resolusi Monitor) yang harganya itu bener bener Jatoh atau beli Bekas

 

Ref: Techpowerup,EnterKomp

 

Rekomendasi dari kami

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

17 − thirteen =

Back to top button

Adblock Detected

Tolong matikan Adblock untuk mensupport kami