Gaming Opini

Inilah Alasan Kamu Mending Pilih Konsol Dibanding PC – Gaming Opini

Banyak Sekali gamer di dunia ini bilang bahwa “PC lebih baik dibanding Konsol” atau “Konsol Mahal mending PC” dan sebagainya. Tapi ingat bahwa “Konsol” itu Adalah hardware Komputer yang tujuannya hanya untuk ngegame. Dari Zaman dahulu sejak  ngegame memang di konsol. konsol pertama Magnavox Odyssey sampai Nintendo Switch, Hardware tersebut memang di modifikasi sedemikan rupa agar optimal dalam bermain games. Nah ga hanya itu terdapat faktor lain yang membuat Kenapa Kamu harus Pilih Konsol dibanding PC.

Konsol lebih Mudah “dipasang”

Dari sejak dulu, Konsol memang sangat efesien waktu, kamu hanya tinggal colokin ke listrik, colokin Kontroller, masukkan Disc atau Cartidge langsung play. Kamu ga perlu install gini, install Program itu dulu, Install Framework,Install Driver, install DirectX dan sebagainya. PLUG N PLAY!

Sebenarnya Untuk Konsol Zaman modern tetap menggunakan Teknik seperti itu, walau implementasinya berbeda. Konsol Zaman Modern mencopy terlebih dahulu Game dari Disc ke HDD/SSD/Memory Card. Gunanya untuk memaksimalkan perfoma dari konsol tersebut, lalu memperpanjang umur dari optik.

Update Update gimana tuh? Ya kamu ga perlu update jika bermain offline, cuman karena Manusia “tidak ada yang sempurna” maka sering game tidak terlalu optimal pada Disc Retailnya, seperti Bug, atau kurangnya konten tambahan dan sebagainya. Era Informasi seperti sekarang juga internet sudah barang “Wajib” dimiliki jadi ya apa salahnya mengupdate sebentar.

Konsol Lebih Optimal

Sudah Rahasia Umum bahwa Konsol lebih Optimal dibanding PC. Mengapa? Saat developer membauat game baru, mereka akan merancang spesifikasi game sesuai dengan kekuatan Spesifikasi Konsol, lalu Mereka akan lebih fokus kepada konsol dalam hal developing dan optimal. Dan untuk Versi PC, mereka hanya tinggal nge “Porting” game tersebut agar dapat dimainkan di OS di PC

Lalu Konsol tidak ada “Processing Background”. Walaupun ada hanya sebatas Operating Systemnya itupun sangat kecil,bahlan Manufaktur sudah memasukkan “RAM” Tambahan untuk OSnya, jadi Proses non game tidak akan terlalu berdampak kepada perfoma Konsol.

Berikut adalah Bukti Bahwa Developer memang sangat sepenuh hati membuat game di konsol Lebih Optimal dibanding PC

Kami Telah menguji PC dengan Spesifikasi

  • Intel Core i7-6700HQ Quad-Core 2.6GHz (3.5 GHz Turbo)
  • Nvidia Geforce GTX 960m 4GB 1097 MHz (1.5 Tflops)
  • RAM 8GB

Dengan Xbox One S dengan Spesifikasi

  • Custom 1.75 Ghz AMD 8 Core APU
  • AMD Radeon GCN Architecture 853 MHz (1.41 Tflops)
  • 8GB RAM (Shared dengan VRAM)

CPU Xbox One S diperkirakan Setara dengan Athlon X4 750k, jika Intel sekitaran Pentium G5400 kemungkinan lebih. Maka Intel Core i7 6700HQ JAUH lebih kuat dibanding Prosessor milik Xbox One

Untuk GPUnya sudah dilihat GTX 960m lebih kuat  5% dibanding GPU milik Xbox One S. Xbox One memang menggunakan RAMnya untuk proses Aplikasi dan Gambar, tapi inget Xbox One tidak banyak Background Proccesing jika dibanding PC.

Nah Kami menguji 3 Game yaitu

  • Final Fantasy XV
  • Forza Horizon 4

Untuk Final Fantasy XV

PC:

Bisa berjalan di 900p dengan Scaling hanya 75%, dengan arti Resolusi sebenarnya sebesar 678p saja. Kalian dapat juga mengganti resolusi di 720p. Settingnya Yaitu Medium Preset. Game ini dapat berjalan sekitar 30-40 FPS.

Xbox One S.

Game ini berjalan di 900p dynamic Resolution ke 720p. Game ini kalau dilihat sedikit lebih “High” dibanding setting sebelumnya. Bisa berjalan 30FPS walaupun ada beberapa scene dia dibawah 30FPS

BACA JUGA

Untuk Forza Horizon

PC:

Game ini dapat berjalan di 768p High Preset dengan Frame Rate 30FPS, jika di scale lagi ke 900p, FPS bisa Turun sampai 25 FPS jika berada di scene hutan atau busy scene.

Xbox One

Game ini Smooth dengan Grafis High dengan Resolusi Dinamis 900p ke 1080p 30FPS Smooth!

Itu adalah Bukti bahwa Konsol selalu dipriotitaskan dalam Hal Ke Optimalan game kepada Hardware, sedangkan PC biasanya Developer terlalu malas bekerja extra dalam mengoptimalkan gamenya, dan juga sudah jadi kebiasaan PC selalu mempunyai Hardware yang jauh lebih baik dari Konsol dan Upgradeable. Jadi RIP Gamer PC pas pasan

Xbox One X

Jauh Lebih Murah.

Konsol Sebenarnya lebih murah dibanding PC, yak jika kamu melihat secara detial dari segala aspek. Kamu hanya perlu mengeluarkan Kocek sekitar 3.500.000 rupiah kamu sudah bisa mendapatkan Sebuiah Konsol PS4 dan Xbox One. Kami merekomendasikan PS4 karena PS4 lebih baik perfomanya dibanding Xbox One.

Konsol Playstation 4 Original itu GPUnya setara dengan GTX 1050TI dengan clock terendah. Mencapai 1.81 Tflops. PS4 sekarang masih dapat bermain game AAA 2019 dengan Resolusi 1080p Dynamic ke 900p. sedangkan Xbox One 900p ke 720p. dengan Tampilan High ditambah Frame Rate yang Decent, 30FPS Smooth.

Jika Kamu Membangun PC atau membeli Laptop dengan Spesifikasi yang “Lumayan” mirip dengan PS4, Kamu harus mengeluarkan Kocek Sekitar 6-8 Juta untuk PC dan 12 Juta untuk Laptop. Dan sudah kamu lihat pada Sub Penjelasan diatas, Perfoma nya lebih optimal Konsol dibanding PC.

Lalu Harga game. nah katanya Game di Konsol “Mahal Mahal” well, sebenarnya tidak juga. Mungkin memang perbandingan harganya bisa sampai 100-200 ribu, cuman Bukan berati Store Digitalnya tidak diskon, malah Diskon Untuk Playstation Store ternyata bisa lebih murah dan sering dibanding Steam loh

Kamu Dapat lihat Harga PSN Vs Steam Selengkapnya disini

Apalagi jika kamu beli Fisik,dapat mengkoleksi Blu-Raynya. Kualitas dari Disc BD dan Casenya sudah menambah “Value” dari Game tersebut. Kadang Toko retail seperti itu juga menurunkan harga gamenya, dan tentu saja diskon jika ada Event event tertentu

Jadi itu lah alasan mengapa kamu Mending Pilih Konsol Dibanding PC. Untuk Jawaban panjangnya sudah kami jelaskan, nah jawaban pendeknya? Jauh Lebih Murah!

Rekomendasi dari kami

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ten + 11 =

Back to top button
Close