Gaming InfoGaming News

Hasil Sidang Apple vs Epic Games : DRAW!

Mungkin beberapa kalian masih ingat tentang perseteruan antara Epic Games dengan Apple terkait dengan masalah pembayaran microtransaction yang dilakukan oleh pihak ketiga. Awal mula kisah ini berawal dari pihak ketiga yaitu Epic Games itu sendiri.

Hal ini tidak diperbolehkan berdasarkan regulasi dari Apple dimana setiap pembayaran yang dilakukan di aplikasi AppStore harus melalui mereka. Hal ini membuat harga yang dibayar cukup mahal dibandingkan dengan pembayaran melalui pihak ketiga.

Karena ketahuan oleh Apple maka mereka secara sepihak melakukan pemblokiran game Fortnite selaku game yang mengaplikasikan pembayaran pihak ketiga. Tidak mengakui kesalahannya, Fortnite langsung membuat pernyataan bahwa Appstore melakukan monopoli dan kasus ini diangkat ke meja hijau.

Singkat cerita, hasil dari pengadilan memiliki beberapa poin inti diantaranya,

  1. Fortnite dalam hal ini Epic Games harus membayar kerugian akibat pembayaran pihak ketiga pada game Fortnite untuk iOS.
  2. Apple harus memperbolehkan developer untuk memberikan link pembayaran pihak ketiga di seluruh aplikasi Appstore baik itu game ataupun aplikasi.

Pasca hasil sidang ini keluar, pihak Apple belum memberikan tanggapan terkait dengan hal ini. Namun dari sisi Epic Games melalui Tim Sweeny selaku CEO dari Epic Games menjelaskan bahwa :

“Epic berjuang untuk kompetisi yang adil dalam hal metode pembayaran di Appstore yang berisi miliaran konsumen. Fortnite akan kembali lagi ke iOS Appstore ketika kami bisa memberikan metode pembayaran dalam game untuk bisa berkompetisi yang adil dengan metode pembayaran Apple”.

Fachmi Dimas

Fachmi Dimas admin and content creator, DKM of Al Hidayah, Relawan Al Kahfi, and leader of IKRIMAH.

Rekomendasi dari kami

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

20 − fourteen =

Back to top button

Adblock Detected

Tolong matikan Adblock untuk mensupport kami