Playstation 4Review Sir!Wow Review

Gran Turismo Sport (PS4) – Wow Review

Hallo Nubs kembali lagi nih! Di Wow Review, Kali ini Penulis akan me review game yang sudah satu tahun, Game balapan, Simulasi lagi, ya ini dia

GRAN TURISMO SPORT

LEGION NOOB ID – WOW REVIEW

Jadi, kali ini penulis akan membahas game balapan exclusive Sony nih. Yap, Gran Turismo merupakan game Simulasi balapan khusus untuk Playstation 4. Developer Game ini adalah Polyphony Digital dan Publishernya adalah Sony Interactive Entertainment (SIE). Game ini menjadi best selling urutan ke-6 untuk PS4 dengan angka penjualan mencapai 3.3 juta copy. Game ini dirilis pada 17 Oktober 2017.

Jika kamu pernah main Gran Turismo di PS1, game ini pun tidak terlalu beda dengan yang klasik. Dari grafik yang lebih memukau, gameplay yang lebih realistis, serta mobil dan track yang berbeda. So check it out!

Gameplay

Race

Gameplay pada Gran Turismo Sport sangat fluent dan mantap. kamu akan balapan dengan 10-20 AI ditrack yang berbeda beda lingkungan. Setiap Track memilki karakteristik dan skill mengemudi yang berbeda.

Jika kamu balapan pada jalan aspal, kamu akan lebih muda mengemudinya. Namun, bila kamu balapan di tanah, akan agak sedikit sulit untuk mengontrolnya.

Race pada game ini sangat seru dan realistis. Kamu dapat menggunakan perspektif kamera sesuai kesukaanmu. Baik third person, ataupun dashboard view. Apapun yang dipresentasikan sangat detil dan mantap.

Kamu akan balapan 2-4 lap tergantung panjang dari track. Kamu dapat customize pada mode Custom Race. Kamu dapat melihat waktumu dengan pembalap lain, map dan juga kecepatanmu.

Track dan Lingkungan

Track pada game ini bermacam-macam loh! Ada yang aspal dan juga tanah. Aspal biasanya ada pada track bernuansa kota maupun sirkuit, cocok untuk mobil berkecepatan tinggi. Sedangkan tanah lebih cocok dengan mobil dengan HP tinggi dan dengan handling yang tajam.

Track aspal diantara lain Sirkuit Nascar (Berbentuk Oval) lalu Express Way (Jalan Tol), Sirkuit Biasa dengan berbagai macam Lintasan dal lain lain.

Track bertanah hanya berupa Track Sirkuit tanpa aspall. Jadi jika kamu salah menyeting mobilmu, mungkin agak sedikit susah mengontrol mobil mu ditrack ini.

Lingkungan di game ini juga sangat mendukung sekali, kamu dapat memilih Pagi, Siang dan Malam yang diurutkan melalui jam. Pada Pagi hari ada Pagi Subuh, Pagi Sunrise, lalu Pagi Terik. Pada Siang Hari terdapat Siang Hari Terik, Siang Hari mendung dan Menjelang Sore. Untuk Malam Terdapat Lingkungan Sunset dan juga Malam Gelap. Walau seperti itu, hari pada Game ini tidak dinamik. Jadi pada satu sesi permainan tidak ada pergantian Jam.

Lalu terdapat banyak sekali latar pada track seperti Hutan, Perkotaan, Padang Pasir dan sebagainya. Masing masing tempat juga mempunyai Scenery yang cantik dan mendukung. Jika kamu balapan diperkotaan, kamu akan merasakan sensasi balapan diperkotaan nyata.

Kontrol

Kontrol pada Gran Turismo sangat bagus, tidak membingungkan dan tidak ada delay. Pokoknya mantap deh! Tidak ada yang benar-benar harus dikomentari dengan kontrolnya.

Kamu juga dapat mengubah kontrolmu seperti Gran Turismo PS1. Jadi jika kamu tidak suka gas pake R2, kamu bisa mengubahnya ke X.

Jika kamu mempunyai masalah dengan kontrol mu, mungkin saja kamu salah setting mobilmu terhadap track. Misalnya, kamu menggunakan ban untuk aspal ternyata kamu balapan di track tanah. Tentu saja hal itu membuat mobil kamu tidak bisa stabil! Pada saat ini juga kamu pasti berpikir bahwa kontrol Gran Turismo Sport itu jelek, meski kesalahan ada pada settingan mobilmu.

Detail

Detail Pada Game ini bener bener Detail. Sebelumnya telah disinggung “settingan mobil mu kepada Track”. Kamu harus dapat Mesetting Mobil mu sebelum Balapan, Settingan harus disesuaikan dengan Peraturan dan juga Track.

Detail pada Settingan mobil yaitu Power level (HP),,Traction,Rem,Aerodinamis,Suspensi ban Mobil, Hydraulic,Handling dan sebagainya. kamu dapat mensetting sesuka hati mu,dan tidak dipaksakan pada Angka berapapun, Settingan mu Bebas!

Hasil Settingan mu juga Di perlihatkan pada Panel Informasi mobil, Kamu dapat melihat Meteran dan angka dari hasil settingan mu. Kamu dapat mengupgrade HP mu agar lebih Tangguh menffunakan Mileage Point.

Lalu Settingan Selanjutnya adalah kamu dapat merubah Shift kamu,menjadi manual atau Automatic. lalu Driver Assistant untuk membantu mu seperti belok dan Rem. Lalu Realistisnya seperti Bensin, Ban, Lampu dan sebagainya. jadi jika kamu mengaktifkan Fuel Consumption,kamu harus terus monitoring Bensin mu agar tidak habis ditengah Balapan.

Beranjak Dari Settingan ke Balapannya, Pada User Interface (UI) terdapat Ban, Durabilty Badan mobil, Indikator Bensin, 4 Logo Warning sebelah kiri, , Speedometer (Termasuk RPM dan Shift), dan Logo Warning lainya disebelah kanan.

Jika kamu menghidupkan semua Realistis Settingnya, Kamu harus melihat UI ini. Contoh kamu harus melihat Ketipisan Ban dan juga Ketahanan body mobil, Lalu Bensin,kamu juga harus melihat Warning yang nyala. Warning ini membantu mu me evaluasi gaya balapan mu biar agar terus lancar tanpa ada gangguan ataupun Crash.

Fitur

Mode

Pada Campaign Mode, kamu akan disuguhi beberapa Mode yang berbeda, Mode Mode tersebut adalah Arcade, Campaign, Sport dan juga Lobby. nah apa saja sih isi dari Mode Mode Tersebut? berikut adalah Penjabarannya

  • Arcade: Balapan Bebas!
    • Single Race: dalam sub-mode ini kamu akan bermain dengan AI, kamu dapat memilih Bebas Mobil dan juga Track Yang kamu suka, Nanti AI akan menyesuaikan dengan apa yang kamu pilih. Kamu hanya dapat balapan Sekali dalam satu Sesi permainan, jika Selesai,kamu dapat hendak Restart atau Keluar
    • Time Trial: Pada Time Trial,kamu harus bisa melajukan Mobil Super mu dibeberapa track secepat mungkin, akana da beberapa Score yang telah tersedia,dan tugas mu untuk mencapai rekor terbaru. atau jika kamu telah punya rekor,kamu bisa dapat menembus rekor mu sendiri
    • Drift Trial, Mode kini kamu akan lebih banyak balapan Drift,Lakukan Drift sebanyak mungkin dan kalahkan Rekor Rekor sebelumnya!
    • Custom Race, Pada Custom Race,kamu dapat mengkostumisasi Peraturan Permainan sesukamu, Stelah kamu selesai dengan peraturan permainan buatan mu, kamu bisa balapan seperti biasa
    • 2 Player Battle. Nah inimungkin Fitur yang telah lamat hilang lalu muncul Kembali, Sub Mode ini merupakan Split Screen Play,jadi kamu dapat menantang teman mu untuk balapan secara Couch Multiplayer, jadi hanya menyediakan dua stik, Just Plug and play!. Mode ini tidak memiliki AI, ada beberapa alasan kenapa AI tidak di ikut sertakan,bisa jadi Perfoma PS4 yang tidak memungkinkan,atau emang mode ini buat Duel aja.
    • VR Tour: Sub mode ini mode untuk kamu yang punya PSVR, kamu dapat menggunakan Headsetr VR mu dan pada Mode ini kamu akan disuguhi sensasi Virtual Reality Balapan!
  • Campaign: Balapan Ber-misi!
    • GT Leauge: Sub Mode ini menyuruh mu Balapan dengan Syarat, akan ada tingkatan Kesulitan disana, dari beginner sampai Professional. masing masing Kesulitan akan ada beberapa Sub Menu lagi yaitu List Balapan bersyaratnya, Maksud Dari Balapan bersyarat kamu harus balapan sesuai dengan Syarat dari Modenya, Contoh, ada Mode yang menyuruh mu Menggunakan Mobil dengan HP 300 tidak boleh lebih, atau Mobil dengan HP bebas tetapi Ban harus Sport dan tidak diperbolehkan Ban untuk Race. banyak macam macam balapan bersyarat yang menantang!
    • Driving School: Seperti namanya, Kamu akan disuurh untuk belajar mobil dulu,dari cara jalan,belok,menyalip pada setiap Track,Spesifikasi mobil yang berbeda
    • Mission Challenge: pada Mode ini akan ada Misi yang harus kamu selesaikan,jika kamu dapat melakukannya,maka kamu berhasil menyelesaikan Tantangan.
    • Circuit Challenge: kamu akan ditantang pada Sirkuit Sirkuit yang telah di tentukan, Masing masing Sirkuit mempunyai tantangan sendiri yang harus kamu selesaikan.
  • Sport:

Mode ini merupakan Mode macam Ranked/Tournament mode, kamu akan Balapan oleh pemain lain dan menjadi Terbaik, nama mu akan dipamerkan pada Leader board dan menunjukan bahwa kamu terbaik dalam game ini. tak hanya itu kamu juga bisa mendapatkan hadiah berupa In game content atau kadang Hadiah Real life,sesuai Event yang dilaksanakan pada mode itu.Mode ini bersifat Daily

  • Lobby:

Merupakan Mode Multiplayer, kamu akan lompat ke Online Lobby untuk menantang Pemain Seluruh Dunia lain secara Online, Multiplayer ini Menggunakan Dedicated Server,jadi ga usah takut host Rage Quit.

 

Brand Central Dan Mileage Shop

Brand Central ini merupakan Cars Shop.kamu dapat membeli Mobil Mobil yang tersedia menggunakan Credit kamu yang telah dikumpulkan dari balapan.

Ada Banyak mobil dari beberapa Benua. ada Asia/Oceania, Europe dan USA. Mobil Mobil ini juga banyak Merek ternama dari masing masing Negara, Seperti Chevorlet,Bugatti,Jaguar,Honda,Lamborghini,Ferari dan lain lain

Mobil yang tersedia juga macam rupanya, Ada yang Biasa saja, ada yang sudah di Setting, ataupun Concept. Concept ini mobilnya Aneh aneh dan juga bagus, Seperti namanya, mobil ini hanya berupa konsep yang mungkin saja akan beneran dibuat di Dunia nyata.

Mileage Shop juga menyediakan beberapa Mobil dan Aksesoris mobil sepert ban, Paint Job, Stiker mobil, Baju Pembalap yang dapat kamu beli menggunakan Milage Point.

Scapes

Scapes ini merupakan fitur yang tampak seperti Photo Mode. Lebih tepatnya, Photo Mode yang menyerupai Photo Studio. Jadi, kamu dapat mengambil foto dari mobil Kesayanganmu menggunakan backgroud yang cantik dan bagus. Latar yang tersedia antara lain Kota, Track, Jalan Tol dan masih banyak lagi.

Penempatan mobil di latar pun juga sangat detail, tidak ada penempatan khusus. Kamu tinggal taruh aja sesukamu, kamu juga dapat resize mobil mu sesuai dengan latarnya. Mantap!

Kamu hanya tinggal menaruh mobil kesayanganmu pada space yang tersedia dari latar tersebut. Setelah itu kamu dapat menyimpannya pada Harddiskmu menggunakan screenshot dari PS4.

 

Modif Mobil dan Pembalap

Kamu dapat Memodif Mobil mu loh! tetapi hanya sebatas Stiker/Liverynya saja, Pada game ini sangat disayangkan tidak bisa Modif Bodyworks.Akan tetapi kamu bisa membeli beberapa mobil yang telah dimodif Bodyworksnya,akan tetapi kamu tetap tidak bisa mengkostumisasinya.

Modif Livery untuk mobil sangat detail,kamu dapat menaruh Livery mu dimana pun, kamu bahkan dapat merotate,memperbesar dan lain lain. Livery yang disediakan juga banyak,Liverynya termasuk Merek, Angka, garis dan sebagainya.

Kamu juga dapat mengkostumisasi Baju pembalap mu oleh Livery livery tersebut, dan Mekanismenya sama percis dengan Modif Livery Mobil. kamu juga dapat menguibah warna baju,helm yang dipakai oleh pembalap

Grafik, Suara dan Perfoma

Gran Turismo Sport Mempunyai Grafik yang Realistis dan Bagus. Dari lingkunganya, Texture,Cahaya Dan Bayanganya benar dibuat se Realistis Mungkin. Akan tetapi ada satu aspek di grafik yang sepertinya sengaja di turunkan, Yaitu Anti-Aliasing. Jika dilihat langsung pada Grafiknya,terlihat Pinggiran dari objek tidak rata, berati game ini Anti alasingnya sebatas FXAA tanpa ada MSAA yang besar

Suara Mobil pada game ini agak sedikit kurang. tetapi walau seperti itu Suara Mobil tetap Bagus dan tidak merusak citra game ini.

Perfoma nya juga sangat mantap, Untuk PS4 Standar dan PS4 Pro Berjalan dengan Frame Rate 60 FPS. Terkadang Turun jika Sedang Chaos,tetapi Overall tidak ada Frame Drop. Ukuran Dari game ini pertama kali sebesar 50GB,tetapi Dikarenakan Update yang dilakukan Developer dan banyak Konten baru, Game ini membengkak sampai lebih dari 60GB

Keuntungan Dalam Bermain Game Ini di In Real life

  • Literasi Balapan Resmi.

Game ini memberi informasi tentang Balapan Resmi. Kamu jadi mengetahui apa yang dirasakan oleh pembalap asli melalui simulasi dari game ini,Tidak hanya Merasakan balapan,kamu juga diberi kemampuan tentang Settingan mobil yang cocok dengan masing masing Track.

  • Meningkatkan Berfikir Berhitung dan Logis.

Kamu juga dapat menguji kelogisan mu di game ini. Misalnya, jika kamu telah mendapatkan ilmu dan contoh dari masing masing settingan,kamu juga dapat membuat settingan mu sendiri sesuai dengan Track dan lingkungannya. seperti Menggunakan Ban Soft atau hard pada Jalanan ber aspal, lalu apalah kamu butuh Rem yang pakem atau biasa aja, apakah kamu harus perlu Handling sampai Tajam atau hanya beberapa Derajat saja dan sebagainya.

  • Konsentrasi.

Game ini menuyuruh mu konsentrasi, Karena kamu ditantang untuk Menjadi juara satu dari 19 Pembalap lainya dengan Track yang bervariasi

VERDICT

Gran Turismo Sport merupakan Game Simulasi Balapan terbaik menurut Penulis untuk Era PS4 sekarang. Developer benar benar matang membuat game ini,dari Grafik,Gameplay dan Detailnya tidak hanya itu game simulasi balapan ini bisa menjadi inspirasi bagi para pemainnya.

Walaupun penulis merasakan Sepertinya Konten dari game ini lebih sedikit dari sebelumnya, tapi tetap game ini dibuat serius. dan sampai Review ini ditulis, Polyphony Digital selaluMeng-update Konten konten gratis seperti Mobil dan track, lanjutkan Terus!

Gran Turismo Sport (PS4 Exclusive)

Overall - 8.4

8.4

Mantap!!

Gran Turismo Sport Simulasi Balapan Terbaik!

User Rating: Be the first one !

Rekomendasi dari kami

Satu Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 × three =

Back to top button

Adblock Detected

Tolong matikan Adblock untuk mensupport kami