PC TechTechnology Info

GPU Innosilicon Dari Tiongkok Mempunyai Perfoma Yang Kuat!

GPU ini Dari Fantasy One

Innosilicon memamerkan perfoma GPU besutan mereka dalam “Fantasy One GPU Product Press Conference”. GPU ini merupakan produk discrete pertama mereka yang akan bersaing dengan Nvidia dan AMD.

Pada event ini, Innosilicon mengungkapkan rencana mereka untuk GPU Fantasy One yang berdasarkan Imagionatio Grapbics IP (BXY). Dari beberapa hal yang diungkapkan, tipe A dari GPU tersebut  diperuntukkan untuk consumer atau workstation yang hanya menggunakan solusi single GPU, walaupun chip yang digunakan ternyata lebih dari satu. Selain itu, belum ada kejelasan mengenai cara kerja dari sistem mereka.

Dari data yang diberikan kepada Innosilicon (dikutip dari Videocardz), GPU ini mempunyai perfoma 5 TFLOPS Single Precision Compute Power dengan 160 GPixel/s. GPU ini sudah dipasang Displayport 1.4, HDMI 2.1 dan VGA. Memori yang digunakan adalah 16GB GDDR6 Memory dengan interface 128 Bit. Innosilicon dapat membuka memory bandwith hingga 19GBPS pada VRAM berkat penelitian mereka pada PAM4 Signaling yang sangat mendekati perfoma GDDR6X dimana teknologi G6X Exclusive untuk Nvidia agar mencapai memori GDDR6X. Maka secara teori, GPU ini bisa mencapai 304GB/s.

Tipe B adalah solusi Dual GPU (Macam GTX 690) dengan Triple Fan Design. GPU ini mempunyai dua Fantasy One GPU yang dikoneksikan oleh Interface bernama Innolink. Innosilicon mengklaim bahwa GPU ini mempunyai kecepatan dua kali lebih dari perfoma tipe A, yaitu 10TFLOPS dengan 320GPixel/s. Memori VRAM yang digunakan adalah 32GB GDDR6.

GPU ini bisa kompatibel dengan API yang sudah ada, seperti OpenGL, OpenGL ES, OpenCL, Vulkan, DirectX. Tapi, masih belum diketahui versi DirectX yang akan digunakan oleh Innoslicion mengingat belum ada penjelasan lebih lanjut.

Selain Innosilicon, Imagination, yaitu sebuah perusahaan yang akan mengembangkan GPU berdasarkan CPU BXT. Imagination menjanjikan GPU mereka akan mempunyai perfoma 6TFLOPS. yang agak lebih tinggi dibandingkan GPU Fantasy One.

Untuk perfoma, masih belum diketahui lawannya yang setara. Tapi hal ini menarik banget karena setelah sekian lama, Nvidia dan AMD akan mempunyai rival baru sehingga persaingan jadi lebih ketat yang biasanya menguntungkan konsumer. Jika Innosilicon dan Imagination masuk ke pasar global, maka GPU yang tersedia di akan ada 5 yaitu Nvidia, AMD, Intel, Innosilicon dan Imagination.

Jadi gimana Noobs? Apakah kalian antusias dengan hal ini? Tulis pendapat kalian di kolom komentar ya……

Rekomendasi dari kami

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

14 − 4 =

Back to top button

Adblock Detected

Tolong matikan Adblock untuk mensupport kami