Gaming Stuff

Google Stadia, Platform Gaming Milik Google

Sony Sama Microsoft Harus Gigit Jari Ga Nih?

Siapa yang ga kenal Google? Ya, perusahaan teknologi raksaksa yang sudah  sangat dikenal orang diseluruh dunia dan merupakan korporasi paling berpengaruh di dunia. Dalam masalah teknologi informasi, Google adalah Rajanya! Dari Search Engine-nya yang terkenal, email, bahkan gadget seperti Google Glass (Terlalu Early) Chrome Cast, Google Assistant merupakan Produk Google yang canggih canggih

Nah dalam dunia gaming, 3 korporasi besar yaitu Sony, Microsoft dan Nintendo memang saling Berlomba. Tiga konsol raksasa milik mereka adalah Playstation, Xbox Dan Switch. Nah dari Google sendiri memang dirumorkan bahkan bergabung dalam industri video game ini.

Nah saat Event GDC Keynote 2019, CEO Google, Sundar Pichai secara resmi mengumumkan Platform Gaming buatan mereka, yang dinamakan Google Stadia.

Google Stadia, Apa itu?

Stadia merupakan Platform Streaming Video game, Bukan Home Console, jadi bisa sibilang Stadia Ini merupakan “Cloud Console”, ga seperti PS4 dan Xbox One yang Home console

Executive Goole mengatakan Tujuan Stadia ini untuk memberikan Gamer Akses “instant” kepada game yang di ingin dimainin, Langsung tanpa harus download ataupun Install. dan Fungsi dari “cloud console” ini bisa kamu nikmati dimanapun,seperti PC, Tablet,Laptop,Handphone, Android Smart TV atau TV Biasa yang dilengkapi Chromecast dan sebagainya

Ide “Cloud Gaming” ini memang sudah banyak dibicarakan di industri game ini, sebagai Cara di masa depan dalam memainkan game yang instant dan tidak ribet.

Google Stadia Kontroller

Google Stadia ini Mempunyai Kontrol Sendiri, Bentuknya Mirip Dualshock dengan Grip yang didesain seperti Xbox Controller, Untuk Tombolnya Standar aja dengan tambahan 2 Fitur, yaitu Tombol “Google Assistant” dan juga Tombol “Capture” Atau “Share”. Kontroller ini menggunakan Konektifitas USB dan juga WI-FI.

Kamu Ga Harus Menggunakan Kontroller milik google ini,kamu dapat memainkan “Cloud Console” mu pake Kontroller yang kamu punya sekarang

Spesifikasi Stadia

Yang namanya Platform, pasti Ada Spesifikasi kan ya? nah Google juga sudah Memberikan Spesifikasi Google. beriktu adalah Specsnya

  • Custom x86 Processor 2.7Ghz Hyperthreaded AVX 2
  • 10.7 Teraflops of Power 56 Computer Units HBM2 Memory
  • (RAM/VRAM Share): 16GB of Total RAM Up to 484GB/s Transfer Speed L2+L3 Cache of 9.5 MB

Wow,10.7 Teraflops Of Power! yang Berati Google Stadia ini Mendahului PS4 Pro Dan Xbox One X Digabung! FYI, PS4 Pro hanya 4.2 Teraflops (Setara GTX 1060 6GB) sedangkan Xbox One X 6.0 Teraflops (Setara GTX 1070). Sedangkan RTX 2080 Sendiri Sudah mendekati angka 10.1 Teraflops. Banyak pihak yang mengatakan bahwa GPU dari Google Stadia ini setara dengan RX Vega 56 dan untuk Kartu Geforce bisa lebih cepat. tetapi ga salah juga kalau Perfoma Google Stadia ini setara dengan RTX 2080 (Non TI)

Dengan Spesifikasi Secanggih itu, Google Stadia Bisa menjalan Game dengan Kualitas Tertinggi Resolusi 4K dan 60 Frame Per Second Ditambah HDR.

Google Stadia Ini berupa Server, dan Server tersebut bakal dibuat dan di letakkan di 7500 Tempat yang berbeda di seluruh dunia, Mudah Mudahan Google Stadia Server ini ada ya di indonesia biar gamer Indonesia bisa nikmatin Game tanpa harus menghadapi masalah latency.

Menggambungkan Youtube Gaming Dengan Gaming Streaming

Yak jadi Google Stadia bakal memberikan pengalaman Game yang Terbaik, dengan Menghubungnkan langsung Youtube Gaming dengan Gaming Streaming.

Jadi intinya, Kamu dapat Membrowse Game yang kamu pengen main di Youtube Gaming, jika kamu sudah Fix dengan game tersebut, kamu tiinggal klik Play dan Main.

Menghidupkan kembali Couch Co-op

Google Juga Mengumumkan bahwa akan ada Update yang Bakal menghidupkan Salah satu hal terpenting dari Video game, Yak Mereka sedang membuat suatu fitur di Stadia yang dinamakan “Stream Connect” dengan Stream Connect, Kamu bakal mendapat pengalaman Couch Co-op Gameplay lagi.

Jadi intinya, Kamu dan Teman mu dapat saling Terkoneksi dan dapat bermain salam satu Ruangan, satu Sofa dan satu Waktu!

Google Stadia Dapat Multiplayer, Streaming Gameplay

Google juga mengatkaan bahwa Google Stadia dapat memainkan Full game Multiplayer Kompetitif. Google juga mengumumkan Fitur lain Dari Google Stadia ini adalah Kemampuan kamu streaming gameplay mu ke youtube gaming,jadi kamu tetap dapat sharing pengalaman game mu kepada orang lain sesama pengguna stadia.

Kekuatan Internet dan Latency

Karena Google Stadia ini Merupakan Cloud Gaming, maka Yang kamu hanya butuhkan adalah koneksi internet. Google Stadia dapat berjalan dengan lancar jika kamu punya Kecepatan internet Sangat minimal 15 Mbps atau 1.5 MB/s. Dan Untuk Main 1080p/60 FPS, Kamu membutuhkan Kecepatan internet 25 Mbps atau 2.5 MB/S

Latency juga dipertanyakan pada goole stadia ini, dan goole sudah memikirkannya. Dengan Meletakkan 7500 Server di seluruh dunia, dapat memungkinkan Meminimalisir atau bahkan menghilangkan Latency. jadi mudah mudahan Kamu pencet tombol dan action feedbacknya langsung Bereaksi.

Release di Tahun 2019

Google Mengumumkan Bawha Google Stadia akan Di Rilis Tahun 2019, Belom jelas kapan, tetapi Google akan Rilis Platform Ini Untuk Canada, US dan Negara Eropa terlebih dahulu.

Kesimpulan

Google Stadia ini memang digadang gadang menjadi Masa Depan industri Gaming, Dengan menerapkan ide “cloud Gaming” kamu ga perlu capek capek install game, Downlaod Game, Pusing karena Spek udah kentangm Kerusakan hardware dan sebagainya.  karena dengan cloud gaming ini,masalah tersebut hilang semua dan kamu tinggal klik n play.

Mungkin yang dijadikan masalah adalah Akses Internet. Memang, Internet merupakan kebutuhan pokok dunia,bahkan semua hal apapun didunia ini harus terkoneksi kepada Internet, Terima Kasih kepada Konsep Internet Of Things. tetapi mungkin di beberapa negara atau belahan bumi Internet masih belom maksimal,ya masih suka putus atau Lambat. dan bahkan Ada yang tidak punya akses sama sekali.

Tetapi Jika Proyek Ini berhasil di Industri game dengan Support Internet yang memadai, Google bakal menjadi Raja Pasar di bidang Cloud Gaming dan berhak mendapatkan Title “Founder”

Apakah Kamu bakal Mencoba main di Google Stadia jika Sudah Tersedia di indonesia dan Internet di indonesia membaik?

Rekomendasi dari kami

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

two × 1 =

Back to top button

Adblock Detected

Tolong matikan Adblock untuk mensupport kami