Gaming Opini

Siapa Bilang Di Indonesia Game Mahal? – Gaming Opini: Regional Pricing

Holla Nubs! Kali ini penulis ingin Beropini neh tentang regional pricing. Banyak sekali gamer gamer indonesia yang bilang kalo game itu mahal banget, bisa 500 sampai 600 ribuan, dan sekalinya beli game itu bisa ga makan setengah bulan, akhirnya apa? yaa main yang free to play aja, itu masih positif nah parahnya lagi sampe bajak gamenya. waduh duh…

Kenapa Harga Game Mahal?

Video Game memang Barang tresier sih di masyarakat, sebenernya mah ga penting penting banget game itu ….kalian kan ga bisa makan Game, cuman untuk Tujuan “Hiburan” sebenernya mah Video Game ini worth it banget dibeli.

Kita akan buka Fakta Fakta tentang mengapa video game itu harganya mahal banget sampe harus bela belaiin makan nasi sama garam selama setengah bulan? Berikut Beberapa Faktornya

  1. Daya Beli Masyarakat Kecil, kenapa? Karena rata rata pendapatan orang indonesia itu hanya cukup banget untuk kehidupan sehari hari saja, tidak banyak masyarakat yang mampu beli game tanpa harus berkorban terlebih dahulu
  2. Nilai Tukar Uang US Dolar ke Indonesia Rupiah itu Jauh banget Nubs! range setahun itu bisa antara 13 ribu sampai 15 Ribu yang berati kalau harga gamenya 1 Dolar kamu harus bayar 15 Ribu!, ditambah dengan pajak video game yang dikatagorikan sebagai Pajak Barang Mewah, 25% dari harga barang Sob!
  3. Buat Game itu ga mudah sob! Banyak sekali Sumber daya yang digunakan, dari Orang orang yang membuatnya bisa sampe 100-500 orang!,lalu penggunaan perangkat yang canggih, skill harus professional, dan membutuhkan waktu yang lama (1-5 Tahun) hanya Untuk membuat Satu game saja!

Nah Itu sih Poin poinnya besar kenapa game bisa mahal, yaa tolong maklumi lah yaa, nah pertanyaanya, Emang iya Game Itu MUAHAL Banget? apalagi di Indonesia Mahal bener sampe 500 ribu, enak lah orang Amerika cuman 50 Dolar mah kek 50 ribu…..Masa sih?

ya memang benar sih, Orang Amerika khususnya masyarakat negara maju tidak masalah beli game dengan harga full price 60 Dolar, tapi inget loh mereka juga ga sembarangan ngeluarin uang. walaupun merasa 50 dolar seperti 50 ribu, mereka ngerasa seperti 500 ribu juga loh.

Lalu ternyata beberapa dari gamer dunia itu Iri loh sama gamer negara negara dunia ketiga seperti indonesia…… Loh Kok Ngiri? karena mereka melihat Kalo Game di Indonesia itu Murah Murah dibanding negara asalnya…. NAHLOH! kok bisa tuh?

Gears 5 Snow

Ada Regional Pricing, Harga di Indonesia Jadi Murah!

Harga Game dari jaman Nintendo Entertainment System (NES) sampai Sekarang mah ga berubah, sekitar 50 sampai 60 dolar per game, nah masalahnya kan mata uang indonesia ini lemah kalau di 1 vs 1 sama US Dolar, makanya jadi mahal banget rasanya, akhirnya daya beli masyarakat rendah dan kalian kalian ga bisa beli juga akhirnya…

Tenang, Developer,Publisher dan Distributor telah memikirkan hal tersebut sob, bagaimana caranya agar masyarakat negara berkembang seperti Indonesia bisa beli game mereka, yak muter otak muter otak akhirnya muncul lah Region Pricing!

Regional Pricing ini intinya Masing masing Negara itu mempunyai harga game yang berbeda, tergantung dari kekutan Ekonomi di negara tersebut. nah ngitungnya bagaimana mereka untung sih udah biarkan mereka saja ngitungin.

Sebenarnya Penulis juga tidak terlalu mengerti bagaimana cara sistem Regioal Pricing itu, Bisa Jadi Nilai Mata uang, daya beli masyarakat itu menjadi faktor pertimbangan pada saat menentukan harga di masing masing negara, karena harga yang di terkena regional pricing rendah selalu negara yang berkembang, tetapi bisa juga dengan Ukuran Minat masyarakat dengan video game. nah bisa jadi faktor

Contohnya nih sob! kita pake Sistem Regional Pricing milik Steam

Regional Pricing Steam Gears 5
Harga Game Gears 5

(Fyi,Kita Ambil Data dan analisisnya nya dari SteamDB)

Yaa bisa dilihat,ini Gamenya itu Gears 5, bisa dilihat masing masing negara beda harga, kalau dilihat sepertinya mayoritas ini dihitung dari daya beli masyarakat yang ada pada negara masing masing, Indonesia (paling atas) hanya harus membayar 250 Ribu sedangkan normalnya dalam US Dolar (Dipaling bawah) 850 ribu. Region Rata rata bagian eropa itu di mahalin karena kemungkinan daya beli masyarakat disana tinggi

Regional Pricing Steam Gears 5
Harga Game Gears 5

Nah bisa dilihat negara negara maju seperti Eropa, Jepang mempunyai harga yang lebih tinggi dibanding Negara US. nah loh kok itu ada Mexico? Kolombia? bukannya negara tersebut masuk ke negara berkembang ya? kok Arab yang negara minyak dan Russia yang termausk negara maju dapet region pricing?

Kemungkinan dihitung dari Minat Gamer disana terhadap game tersebut, bisa di lihat dari genre sebuah game atau kepopularitas gamenya. Contoh Game Final Fantasy XV.

Harga Game Final Fantasy XV

Nah Bagaimana Bisa Inggris jauh lebih murah dibanding Indonesia, Malaysia dan Filipina? Mata Uang mereka kan lebih sakti dibanding kita dan daya beli masyarakat disana sudah pasti tinggi? nah ini juga pertimbangan. bisa jadi kebijakan dari publisher untuk melihat peminat dari game tersebut.

Bisa jadi kebanyakan Orang Asia (Asia Timur, Asia Tenggara dan tengah) itu mempunyai minat yang tinggi terhadap game dan genre tersebut. sudah bukan hal aneh jika Demand tinggi dinegara tersebut mempengaruhi harga. walaupun tidak semua sih game yang bergenre sama seperti itu, kembali lagi dari masing masing kebijakan publisher.

Faktor perilaku ekonomi masyarakat disana bisa juga mempengaruhi harga game, Dinamakan Diskriminasi Harga. Intinya Kalu kamu menjual 60 dolar dinegara A, barang mu ga akan laku, jadi kamu turunin ke 40 Dolar maka baru barangnya laku, begitu seterusnya.

Nah Itu lah seputar Regional Pricing yang terdapat pada steam. kebanyakan Game yang dijual pada Store Indonesia itu sudah dipotong dengan Regional pricing, NAH itu lah yang ngebuat Game di Indonesia itu Murah Murah!, rata rata Game di Indonesia harganya sudah di potong 40% dari harga asli. bahkan bisa mencapai 75% loh! wah mantap ya! jadi kalo misalkana da game yang harganya 799 Ribu, pas di regional Pricing bisa jadi 500 Ribu atau bahkan 200 ribu doang loh!

Tidak Hanya Steam, Beberapa Distributor seperti PSN juga ada loh!

Tidak Hanya Steam yang menggunakan Regional Pricing, Platform lain seperti PSN, Epic Games store juga mempunyai Regional Pricing loh! Nih Contohnya Platform PSN diambil dari website psn4

Regional Pricing PSN
Regional Pricing di PSN

Nah kan Bisa dilihat pada Dolarnya, Gamer Indonesia hanya harus bayar 31.29 Dolar sedangkan inggris harus 38.53 Dolar. Walaupun regional price ga jauh jika di banding steam, tetapi PSN juga mengupayakan regional pricing dengan tujuan gamer gamer mampu membeli gamenya.

Ya itu dia Opini dan Analisis Kami mengenai Regional Pricing. Jadi Indonesia itu udah beruntung banget termasuk neagra yang harga gamenya murah murah, nah mulai sekarang Nabung deh para nubs sekalian, jangan bajak gamenya yak! kan udah dimurahin tuh hehehe.

Game ON!

Tags

Rekomendasi dari kami

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 × one =

Back to top button
Close