MobilePCRemember ReviewReview Sir!

Game Dev Tycoon (PC,Mobile) – Remember Review

Main game enakan main apa ya? tembak tembakan? Petualangan? Battle Royale? atau Simulasi? Simulasi Udah jadi genre game yang banyak diminati player. Ada satu game simulasi di Steam yang menjadikan kamu seroang developer!. penulis kali ini akan mereview game Tycoon. yaitu Game Dev Tycoon!

STORY

Game ini sebenarnya tidak punya story, intinya pada game ini adalah kamu seorang developer yang membuat game. kamu membuat game dari fasilitas dan alat yang sederhana. seperti garasi dan kamu sendiri yang berjuang membuat game, sampai kamu berkembang menjadi perusahaan besar.banyak kendala,banyak tantangan yang akan kamu hadapi saat membuat game,dari review yang jelek, game kamu yang tidak disukai orang,penjualan sedikit,Pembajakan sampai kebangkrutan.

GAMEPLAY

Game Deb Tycoon adalah game indie bergenre Simulasi.Gameplay Dari Game Dev Tycoon sangata lah menarik, kamu dapat bermain terus menerus karena kamu Tertarik apa yang akan terjadi selanjutnya.

Control pada Game Deb Tycoon Sangat baik,kamu tidak menggunakan banyak tombol. mouse mu akan dominan digunakan pada game ini.

Point dan Uang

Kamu Punya beberapa point disana. Yaitu Bugs,Design,Technology dan Research.

  • Bugs, Point ini akan bertambah pada saat kamu memulai me-develop sebuah game. Kita semua tau bugs dapat muncul karena ada beberapa kesalahan atau terlewat pada saat memprogram sebuah Game atau software. Keterangan selanjutnya akan dilanjutkan pada penjeleasan dibawah
  • Design. Point Design adalah point yang menunjukan Fokus dari game yang kamu buat. Design juga merupakan Salah satu Stats dari staff. Jika game kamu berfokus pada Design,maka kerahkan semua staff mu pada Design. biasanya Point ini berkembang pada saat developing game kamu memberatkan pada grafik dan Scenario games
  • Technology, Point ini sama dengan Point Design,hanya sebagai penunjuk fokus game,dan juga stats staff mu. point Technology akan bertingkat jika kamu mengfokuskan Perfoma dan Teknik pada Game yang kamu developing.
  • Research. Point Research adalah point yang digunakan untuk membuat hal yang baru seperti genre,engine,dan juga topics. Research ini sangat penting karena kamu harus membuat hal yang baru agar pembuatan game mu tidak monoton. Point Research akan berkembang jika kamu membuat game atau membuat Laporan Post Release.

Lalu pada ujung kanan layar terdapat uang,Fans Dan Waktu. Uang didapat dari penjualan game kamu. uang berguna untuk menjadi modal pembuatan game,Hire Staff, Membuat Engine ataupun Research. Fans disini berguna untuk membuat game kamu terkenal ataupun menjadi pelanggan yang akan membeli saat kamu me release game. Waktu akan menunjukan berapa lama kamu bekerja. waktu berjalan 1 minggu setiap 2 detik, jangan buang buang waktu!

Developing

Pada saat kamu ingin membuat game, akan dimunculkan menu seperti ini

Disini lah kamu akan memutar otakmu. Kamu akan memlilih Game apa yang kamu akan buat,Game Indie kah? game Biasa aja? atau game AAA? ingat kamu harus memikirkan Budget mu dan fans mu. kamu tidak bisa se enaknya membuat game tanpa ada kepercayaan dari fans mu. Lalu kamu memelihi Umur, Topic, Genre,platform dan Game Engine

Kamu tidak dapat mengkombinasi semuanya tanpa memikirkan resikonya. Topic,Genre,umur dan Platform mempunyai Kombinasi terbaik masing masing. Misalnya kamu tidak bisa membaut topic Kejahatan dengan genre Simulasi dengan Audience Muda dengan konsol yang dominan beraudience Dewasa kan? kamu harus dapat memikrikan kombinasi apa yang terbaik

Ada banyak sekali topic yang kamu dapat coba dan experiment. hanya ada 6 genre dan beberapa Platform

Pada Platform,kamu akan mengikuti perkembangan Platform. dari Generasi pertama yang jadul sampai masa depan nanti. masing masing platform ini mempunyai Genre dan Audience masing masing. Platform tidak bisa dicombinasikan asal. Misalnya Pada konsol PlaySystem, Platform ini sangat cocok untuk game bergenre RPG-Action Dengan Audience Semua umur dan Muda. sedangkan untuk Mbox,Platform ini hanya cocok untuk Adventure dan Casual dengan audience semua Umur dan Dewasa. Dari ini kamu harus memikirkan apa kira kira yang cocok. kamu dapat menggunakan pengalaman gaming mu saat bermain ini.

Saat kamu selesai dengan urusan memilih Genre dan topic. kamu akan dimunculkan pada Screen Berikut

Nah Disini juga tidak kalah pentingnya dengan Kombinasi genre dan topic. masing masing genre mempunyai Fokus pada Fiturnya masing masing. Apakah genre Ini Fokus Pada Design atau technology. Kamu dapat melihat dari fitur tersebut apakah dia termasuk Tech atau Design. Sebagai Contoh, Engine Termasuk Tech dan Story/Quest Termasuk Design. nah disini lah Stats Staff mu bermain. Terdapat 3 Development Stage dengan 3 Fitur plus Fitur Tambahan pada panel paling kanan.

Kamu dapat melihat pada panel sebelah kiri, Staff mu mempunyai Statsnya masing masing. Jika Salah satu Fitur memberatkan pada Tech. kamui harus kerahkan Staff mu yang berfokus tech untuk mengerjakan Fitur Tech. Seperti dunia nyata,kamu tidak dapat memaksakan Staff mu untuk bekerja terlalu keras atau hasilnya akan buruk.

Selain Staff,kamu akan disuruh untuk “mengfokuskan” pada ini,kamu harus berfikir. Fitur mana yang harus difokuskan dan cocok pada genre mu. Contoh: jika Genre mu Adventure,maka kamu harus titik beratkan Story, Kamu dapat slide keatas pada bar Story,lalu kamu dapat menurunkan Bar Gameplay dan Engine.

Setelah kamu mengatur development stage, biarkan Staff mu bekerja. Point point ini akan mengukur game yang lagi kamu buat menitik beratkan Tech atau Design. dan ingat,Point Bugs Terus meningkat. biasanya jika Staff mu tidak terlalu kompeten dengan salah satu Fitur. ia akan meningkatkan point bugs. Bugs Ini akan memperlama masa developing kamu dan bisa bisa kamu akan tertinggal oleh waktu. Point Research juga ikut meningkat dan kamu dapat gunakan untuk research topic baru.

Setelah ketiga developing selesai, kamu akan dipaparkan Stats dari pekerjaan mu

dan kamu dapat langsung me release gamenya.

Review dan Hype

Setelah Developing,disini kamu akan melihat hasil kerja keras mu

Ini adalah patokan kamu untuk menjadi lebih baik. hasil review dihitung dari semua kombinasi topic mu dan fokus fitur mu. jika kombinasi cocok,maka hasil review dapat tinggi, jika tidak,review akan rendah. selain itu, faktor staff akan mempengaruhi review pula. jika staff mu disuruh untuk bekera lebih dari kemampuannya,atau kamu tidak memberi staff mu liburan,maka staff mu kehilangan efesiensinya. maka hasil game akan menjadi buruk.

Hasil review Tidak selalu mempengaruhi Penjualan,akan tetapi hasil review dapat meningkatkan fans otomatis akan meningkatkan penjualan tetap. hasil Review rendah dapat membuat kamu kehilangan fans mu dan juga mempengaruhi Penjualan.Jika Kamu Mendapatkan Review Rendah, kamu dapat menggunakan “Report Post Release” Agar kamu mengetahui,apa kira kira yang salah pada saat kamu develop

Jika kamu telah besar dan berhasil dalam pembuatan game,kamu akan dihadapi oleh Event Game, dan hype. Hati hati jika perusahaan mu telah besar. Fans mu akan terus Hype jika kamu membuat game baru. tidak hanya itu,jika event Datang,ini akan menambah Hype dan berharap game mu Bagus. Jangan sampai kamu mengecewakan hype yang banyak. lagi lagi kamu harus pakai otak mu agar game mu tidak mengecewakan

Keuntungan Dalam bermain game ini

Semua game punya keuntungan, benar? Game ini meningkatkan daya berfikir anda dan dapat membuat anda lebih berhati hati dan kritis. berikut penjabaranya

  • Menambah Daya berfikir dan mengingat, Game ini akan menguji Daya befikirmu. Seperti yang telah dijelaskan, Kombinasi Antara topic,genre, Platform. lalu  Fokus dari Fitur akan menyuruh anda berfikir agar mendapat hasil terbaik. lalu tak hanya itu, game ini meningkatkan daya ingat. kamu harus mengingat Kombinasi Game apa saja yang telah kamu lakukan, Fitur Fokus mana yang terbaik,dll
  • Kritis, Kamu dapat menajdi lebih kritis. Semua yang kamu lakukan akan mempengaruhi hasil akhir. resiko terbesar mu adalah kebangkrutan,jangan sampai perusahaan kamu bangkut karena kamu salah dalam melakukan tindakan. Rencanakan terlebih dahulu dengan matang sebelum membaut game selanjutnya. pelajari apa kekurangan mu pada laporan post release.
  • Berlatih memanajemen. tidak hanya memanajemen Keuangan,dan rencana development, kamu juga harus manajemen Staff mu. Seperti Dunia nyata,kamu Staff mu butuh latihan dan liburan,jangan terlalu memaksakan staff mu bekerja. kamu juga harus dapat memanajemen waktu yang terus berjalan, selalu bisa memanfaatkan waktu dengan efesien. agar kamu dapat menjadi perusahaan besar sebelum “Game Over”. selain itu game ini dilengkapi marketing,kerja sama publisher dan juga Kerja kontrak yang menyuruhmu untuk memilih prioritas dan budgetin

Kesimpulan

Game ini sangat menarik, karena game ini Tycoon,maka kamu tidak benar benar harus mensimulasikan menjadi developer secara rumit. walau begitu kamu cukup bisa merasakan bagaimana kerasnya developer bekerja untuk membuat game yang kita impi impikan.

 

 

 

 

 

 

Game Dev Tycoon

Overall - 9.4

9.4

Luar Biasa!

Kamu akan lebih mengharagai Developer saat kamu main game ini!

User Rating: 5 ( 1 votes)
Tags

Rekomendasi dari kami

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

18 + eleven =

Back to top button
Close

Adblock Detected

Tolong matikan Adblock untuk mensupport kami