Gaming News

Drama Antara EpicGamesStore dengan games Fortnite melawan Apple dan Google

Hai noobs ada Drama, maksudnya ada berita yang mungkin kurang menggenakan bagi para pecinta games mobile. Bahwasanya baru saja bahwa games fortnite ini telah hilang atau dihapus oleh Apple dan Google di masing masing Aplikasi pembelian perangkat mereka.

Penulis sudah melihat sendiri bahwa Games Fortnite sudah hilang atau tidak ada di Appstore. Begitupun juga playstore yang awalnya baru masuk namun pamit karena ada drama ini.

Lantas drama apa yang mereka buat? Sebenarnya noobs ini bukan hanya sekedar drama, tetapi ini juga bisa menjadi masalah serius. Sebab Pihak EpicGames menduga adanya praktek monopoli yang dilakukan oleh kedua platform tersebut.

Hal ini terlihat dari pembagian hasil antara developer dengan pihak publisher. Apple dan Google dengan aplikasi penjualan mereka yaitu Appstore dan Playstore ini menggambil untung sebesar 30% dari seluruh hasil pembelian dalam games atau Microtransaction.

Nah tentu saja pihak dari EpicGames Store ini sebenarnya tidak setuju dengan kesepakatan itu, namun selama ini mereka tetap bertahan karena memang tidak ada pilihan lain. Lalu dari sini pihak Epicgames Store tidak mau ambil diam serta memang kesepkatan ini membuat kerugian.

Akhirnya pihak Epicgames store ini membuat pembayaranya sendiri dalam games yang bernama “Epic Direct Payment”. Dari segi harga sudah sangat jelas lebih murah Epic Direct Payment karena metode ini tidak mengikuti aturan dari Google dan Apple tentang bagi hasil 30%.

Ada kemungkinan bahwa metode pembayara ini sepertinya tidak diketahui oleh pihak Apple atau Google, sebab Apple dan Google mengetahui adanya transaksi diluar pembayaran mereka ketika event Fortnite Mega Event dengan promo diskon sampai 20%.

Barulah ketika promo ini dirasa booming kelacaklah oleh Apple dan Google yang akhirnya EpicGames Store dianggap melanggar aturan, dan berujung penghapusan games pada masing masing paltform besar tersebut.

Hingga tulisan ini dibuat bahwasanya fortnite akan menuntut Apple dan Google dengan tuntutan dugaan Monopoly di perangkat paltform Idevice dan Android. Lalu Fortnite meminta bantuan dengan Hastag #FreeFortnite .

Fachmi Dimas

Fachmi Dimas admin and content creator, DKM of Al Hidayah, Relawan Al Kahfi, and leader of IKRIMAH.

Rekomendasi dari kami

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

three × 3 =

Back to top button

Adblock Detected

Tolong matikan Adblock untuk mensupport kami