Gaming Opini

Console akan ditinggalkan ? saatnya beralih ke Mobile Gaming Smartphone ! Mungkin kah ?

Halo Guys!? Pada kali ini penulis akan membahasa terkait dengan masa depan console seperti Playstation 4 dan Xbox one dengan device smaryphone yang pada jaman ini sedang heboh di dunia teknologi. Apa lagi brand brand sekarang sedang menggembangkan gaming device atau mobile gaming pada tulisan kali ini apakah console di masa depan akan digantikan posisinya oleh gaming device. Perlu diingat bahwasnya hal ini merupakan opini penulis pribadi dan tidak bermaksud untuk mendeskriditkan maupun mengpro / kontrakan pihak pihak tertentu. Penulis berusaha semaksimalkan mungkin menunjukan data yang benar serta analisa yang logis. Kuyy lah kita bahas.

Definisi mobile gaming

Secara harfiah yang ada di persepsi masyarakat mobile gaming itu pasti berddekatan dengan smartphone sendiri, padahal tidak demikian. mobile gaming jika merujuk pada arti perkata mobile yang artinya bebas, mudah, dan fleksibel sementara untuk gaming yang artinya game sehingga jika disimpulkan mobile gaming adalah kemudahan seseorang dalam memainkan game tidak terbatasi tempat dan waktu sehingga bisa dimainkan kapan saja bagi seorang gamers. Salah satu contoh dari mobile gaming yang saat ini sudah beredar dipasar adalah Psp, PSVita, 3DS, Nintendo Switch, dan masih banyak lagi. Untuk mobile gaming smartphone sendiri bahwasnya sama saja hanya yang berbeda ialah kebebasan penggunaan sebab smartphone sendiri bahwasnya memiliki beberapa fitur yang bebas didalamnya sehingga hanya berbeda kebebasan akses aplikassi serta multitaskingnya saja. Sebab untuk mobile gaming sendiri memang didekiaskan untuk untuk gaming di mobile sementara untuk mobile gaming smartphone selain hanya gaming tapi juga bisa seperti membuka sosial media, youtube, dan lain sebagainya.

Perkembangan console hingga saat ini dan prediksi ke masa depan

Untuk tahun (2018) bahwasnya sudah ada 2 konsole besar yang mengguasai pasar gaming di dunia yaitu Playstation, Xbox, dan Nintentendo yang dimana masing masing dari mereka memiliki device yang tertinggi saat ini yaitu Plasyation 4 Pro, Xbox one, dan Nintendo switch. Untuk Nintendo switch sendiri bahwasnya masih termasuk golongan console sebab Nintendo switch memiliki fitur yang dimana dia bisa dimainkan ke LCD Besar atau Switch Dock akan tetapi sebenarnya Nintendo switch juga termasuk kedalam katagori gaming mobile karena dia ringkas mudah dibawah dan lain sebagainya. Untuk perkembangan dari console sendiri bahwasnya penulis melihat dari perilisan console tersebut untuk PS 4 dan Xbox One sendiri dirilis pada tahun 2013, berarti umur mereka sudah terpaut 5 tahun. Hingga saat ini belum ada kabar resmi dari pihak playstation dan xbox terkait dengan console baru mereka ini. Yang dimana menurut prediksi penulis seharusnya console selanjutnya akan hadir pada tahun 2020 atau bisa juga sebelumnya. Namun masih ada kesimpang siuran terkait dengan info info console yang beredar sehingga penulis tidak ingin berkomentar banyak tentang hal tersebut. Namun menurut penulis apakah playstation dan xbox ini akan menggambil langkah seperti yang dilakukan Nintendo swith yaitu membuat device yang portable, mobile serta masuk kedalam console juga ? komen komentar kalian yaa… namun pendapat penulis hal ini tidak mungkin terjadi pada waktu dekat mengingat teknologi sekarang masih belum memumpuni untuk membuat spesifikasi yang besar dengan dimensi yang kecil, walaupun ada pun pasti akan menggorbankan beberapa sector. Sehingga menurut penulis di perlisisan selanjutnya seharusnya masih berupa console stand dan bukan mobile console / mobile gaming.

Sumber: Doc Pribadi

Games untuk console hingga saat  ini

Dari segi game yang ada di console bahwasnya cukup menggikuti perkembangan para developer membuat game mulai dari Battlefiled 1, Call Of Duty WWII, Assasins creed origin, dan lain sebagainya. Secara perkembangan grafik gaming sekarang sudah meningkatkan grafik mereka hingga berkali kali lipat hal ini tentu saja ketika game akan dirilis di console mereka akan menyesuaikan engine game mereka dengan console saat ini. Namun jika dilihat dengan console yang paling maju seperi Playstation 4 Pro dan Xbox one menurut penulis grafiknya masih bagus walaupun akan menggorbankan FPS ataupun sector lainya.

Perkembangan device mobile gaming hingga saat ini

Tahun 2018 ini adalah tahun dimana para perusahaan Hp ternama didunia seperti Asus, Razer, Xiaomi dan lain sebagainya ini melakukan perkembangan besar besaran untuk menciptakan smartphone yang bisa digunakan untuk keperluan gaming. Pada tahun ini processor yang bisa digunakan untuk gaming adalah Snapdragon 845 dengan 10 nm Manufactruing technology yang dimana processor yang hemat daya dan juga tidak panas, dibekali dengna 8 core sert mengsupport 64 Bit. Untuk kecepatan sendiri bahwasnya processor ini relative diangka 2 Ghz hingga 3 Ghz sebab perlu diketahui ada brand yang bekerja sama dengan pihak Qualcomm selaku pemilih processor ini bekerja sama untuk meningkatkan kecepatan processor ini. Salah satu contohnya adalah ROG Phone yang dimana pada acara ajang pameranya dikatakan processor ini bisa menyentuh angka 3 GHz. Untuk mobile gaming sekarang terutamma untuk smartphone sekarang bahwasanya ada beberapa device seperti ROG  Phone (yang paling baru) dari asus, Xiaomi BlackShark dari Xiaomi,dan Razer Phone dari Razer. Ketiga device ini bahwasnya memiliki fitur fitur yang berbeda terutama dari segi dimensi, layar, experience gaming dan lain sebagainya.

Sumber: Asus.com

Perkembangann game yang ada di mobile gaming smart phone

Untuk gaming mobile di smartphone yang palig berat menurut penulis di tahun 2018 ada fortnite mobile hal ini dikarenakan fortnite mobile memiliki grafik yang bagus serta penggalaman bermain yang seru. Dan yang kedua adalah PUBG Mobile (Players Unkown battlegrounds Mobile) sebab untuk memainkan gaming ini secara mulus juga memerlukan device yang mempuni, walaupun banyak orang yang memainkanya bukan berarti game ini entang sebab sepenggamatan penulis bahwasnya banyak sekali para gamers yang memaksakan device untuk memainkan game ini yang berakibat pada terjadinya hang, freeze, dan lain sebagainya. Bahkan untuk setingan low sekaliapun juga terbilang sudah sullit untuk dimainkan karena grafiknya sangat rendah sekali. Untuk perkembangan game selainya ada seperti Grand Theft Auto San Andreas, Vice City, dll dan Bully the anniversary version, game game ini dulunya hanya ada di PS 2 dan di PC tapi  sekarang sudah ada di Smartphone walaupun juga memerlukan spefikasi yang juga cukup. Lantas apakah di masa depan semua game yang ada di console dan PC akan hadir di Smartphone ? menurut penulis dapat dipastikan pasti akan terjadi. Contoh saja PUBG dan Fortnite yang awalnya hanya ada di PC seakrang ada di mobile gaming. Dan tidak hanya mereka saja ada beberapa games yang ada di PC kini di odopsi ke smartphone dengan versi yang berbeda seperti Dynasty Warrior, Need For Speed No Limits, dan lain sebagainya sehingga dari realitas yang ada ini para developer juga mungkin akan meniru langkah yang diambil Fortnie dan PUBG untuk membuat games mereka untuk bisa dimainkan di smartphone. Dengan perkembangan smartphone yang semakin lama semakin bagus dengan performaa yang tinggi maka menurut penulis bisa saja Grand Theft Auto 5 ini akan rilis di Smartphone, mungkin ini terjadi ?

Akhirnya apakah console akan tergantikan oleh smartphone ?

Menurut penulis “Iya” pasti akan terjadi hal ini dikarenakan perkembangan teknologi yang semakin lama semakin maju beserta perkembangan developer game yang semakin berkembang dan membuat gamenya ini ada di smartphone. Serta perlu diketahui tinggkat penggunaan smartphone kini semakin lama semakin meningkat bahkan hingga sampe kecanduan memainkan smartphone menurut penulis hal ini adalah langkah awal untuk meninggalkan semua device yang tidak Mobile atau fleksible. Maka hal ini adalah peluang besar bagi para smartphone, developer gaming untuk memanfaatkan peluang ini. Namun menurut penulis tidak memungkin juga pihak seperti Playstation atau Xbox tidak memanfaatkan peluang tersebut. Bisa saja mereka ini menciptakan semua mobile gaming seperti  kalau pada playstation adalah PSVita, sehingga persaingan untuk perebutan pasar ini sangat seru jika dilihat dan sangat kompetitif sekali dengan cara para perusahan ini saling berlomba lomba untuk merebut pasar. Serta menurut penulis meningat dengan perkembangan zaman ini bahwasnya semuanya bisa terjadi sehingga kita laku selaku konsumen menuggu apa yang bisa disediakan oleh pemasar terhadap kita, serta tanggal kita yang memilihnya. menurut kalian bagaimana apakah posisi console akan ditinggalkan ? komen yaa….

Fachmi Dimas

Fachmi Dimas admin and content creator, DKM of Al Hidayah, Relawan Al Kahfi, and leader of IKRIMAH.

Rekomendasi dari kami

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 × 1 =

Back to top button
Close

Adblock Detected

Tolong matikan Adblock untuk mensupport kami