Tech Tips n Tricks

Cara Setting Modem Ke Router Wifi Ke 2 – Tutorial Access Point

Berikut ini kami akan memberikan tutorial cara menyambungkan dan mengatur setting antara modem ISP ke wifi router 2 anda.

Sebelumnya, mungkin banyak yang setting nya langsung mencolok kabel LAN dari modem langsung ke port WAN dan menggunakan settingan WLAN biasa. Hal ini kerap memicu konflik dimana router wifi anda juga mencari IP sehingga terkadang Internet suka terputus di Router ke 2.

Untuk menghindari hal seperti itu, maka kita akan menggunakan Teknis Access Point dan DHCP.

Access Point ini akan menyambungkan jaringan wifi dengan kabel LAN. Disini router akan memperbolehkan wifi menarik internet melalui LAN port, jadi ga perlu mencolok LAN dari model ke WAN port.

Untuk Tutorial ini, kami akan menggunakan router TP-Link. Untuk Router lain bisa menyesuaikan, karena mayoritas settingannya hampir sama.

Cara Setting Access Point Router Wifi Dari Modem ISP

  1. Colok LAN di router ke PC/Laptop lalu buka firmware router kalian (TP-Link tinggal akses 192.168.0.1 atau bagi pengguna TP-Link yang baru bisa gunakan tplinkwifi.net) dan pertama kali biasanya ID passnya : admin.
  2. Klik Quick Setup.
  3. Lalu pilih Access Point.
  4. Masukkan nama SSID wifi dan password.
  5. Pilih Smart IP (DHCP).
  6. Finish, lalu reboot.

Bagi yang mau manual karena “kalo ada yang susah kenapa harus gampang”, berikut caranya:

  1. Buka firmware router kalian.
  2. Klik Operation Mode —> Pilih Access Point —> Save.
  3. Lalu Pilih Network —> LAN —> Pilih Smart IP (DHCP) —> Save.
  4. Lalu Pilih Wireless —> Basic Setting —> Masukkan SSID —> Save —> Lalu Pilih Wireless Security —> masukan Password —> Save.

  5. Reboot router.

Hal yang harus diperhatikan :

  1. Jika sudah Access Point, maka kalian tidak dapat mengakses kembali firmware router wifi kalian dan jika dicoba maka akan diteruskan ke firmware modem ISP (kecuali Router TP-Link versi baru dengan tplinkwifi.net atau aplikasinya).
  2. Kamu bisa menggunakan SSID dan password yang sama dengan modem ISP, yang nantinya otomatis menjadi wifi extender
  3. Tapi dibeberapa kasus, menggunakan SSID yang sama dengan modem bisa menyebabkan konflik dimana perangkatmu akan terus mengambil sinyal pada modem dan harus restart wifi pada perangkatmu. Kami merekomendasikan menggunakan SSID yang berbeda (contoh: SSID Modem = Wifiku, SSID Router Wifi = Wifiku 2)

Setelah itu, kalian bisa mencolok kabel LAN yang sudah terkoneksi dari modem ke port LAN, sedangkan port WAN diabaikan saja. Dengan ini router ke 2 mu akan mengikuti settingan IP dari modem ISP, dan wifi akan menarik jaringan internet dari LAN port yang terkoneksi ke internet.

Itu dia tutorial cara setting modem Ke router wifi dengan Access Point. Semoga Membantu!

BACA JUGA

Rekomendasi dari kami

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 × five =

Back to top button

Adblock Detected

Tolong matikan Adblock untuk mensupport kami