Technology InfoTips n Trick

Cara Main Games PS 2 di PC

Cara Main Games PS 2 di PC

Mungkin bagi kalian yang pernah bermain Playstation 2 pasti akan sangat nostalgia sekali dengan games yang ada pada konsol tersebut. Tentu saja untuk bisa bernostalgia dengan games PS 2 kalian tidak harus membeli PS 2 nya. Kalian bisa memainkanya secara gratis tanpa harus membeli PS ataupun kaset gamesnya.

Sebenarnya cara ini tidak bisa kami katakan legal, melainkan cara yang kurang baik untuk bisa memainkan games Playstation 2. Namun mengingat PS 2 sudah tidak diproduksi lagi, maka para developer membuat games PS 2 ini bisa dimainkan di PC.

Pada artikel kali ini, kami akan memberitahu tutorial cara bermain games Playstation 2 menggunakan emulator PS 2 di PC.

CARA MENGINSTALL DAN MEMASUKAN BIOS PCSX2

1. Kalian harus mempersiapkan PC kalian. Tentu saja tidak perlu terlalu tinggi speknya serta butuh koneksi internet untuk medownload emulator dan gamesnya.

2. Buka situs berikut ini, https://pcsx2.net/downloads/. Lalu, kalian download sesuai dengan OS kalian yang digunakan atau pun versi terbarunya.

3. Setelah kalian download, maka kalian tinggal install saja dengan opsi “Normal Installation”. Sisanya kalian tinggal next saja.

 

4. Jika kalian sudah berada di tahap ini, maka kalian tinggal next saja.

5. Langkah terakhir adalah kalian harus memasukan BIOS. Kalian harus medownload pada website berikut ini, https://retromania.gg/bios/pcsx2-playstation-2-bios-3.

6. Jika Windows kalian sudah berpenampilan seperti ini, maka EUREKA! Kalian sudah berhasil menginstall emulator PS 2 di PC kalian.

Langkah di atas merupakan cara menginstall emulator PS 2 di PC kalian. Sekarang tinggal bagaimana caranya kalian memainkan games di emulator tersebut. Berikut ini caranya:

CARA MEMASUKAN GAMES ISO PS 2 KE DALAM PCSX2

1. Langkah pertama silahkan kunjungi website berikut ini, https://www.emulatorgames.net/. Lalu, kalian pilih games yang kalian sukai atau yang ingin kalian mainkan.

2. Jika sudah kalian pilih, maka tinggal download saja seperti biasa.

3. Jika sudah terdownload, pastikan filenya ini berbentuk Winrar. Lalu kalian tinggal ekstrak saja dengan cara klik kanan pada filenya –> “Show more option” –> “Extract here”.

4. File yang ada pada Winrar ini bukan file yang banyak melainkan hanya file ISO dan filenya tunggal sehingga kalian tidak perlu folder untuk menyimpannya.

5. Akan lebih bagus kalau kalian menyimpan ISO games kalian pada satu folder khusus untuk games PS 2.

6. Jika sudah diekstrak, maka buka kembali PCSX2 lalu pilih “System” –> “Boot ISO FULL” – lalu pilih gamesnya.

7. Dan SELAMAT! Kalian sudah bisa bermain games PS 2 di PC kalian.

BACA JUGA!

PS Vita di Tahun 2022

Sony Umumkan Next-Gen Headset VR yaitu PSVR2 untuk Playstation 5.

Tambahan Sedikit

Games PCSX2 ini disarankan menggunakan josystick atau kontroler yang menggunakan kabel. Sebab  jika menggunakan Bluetooth, terkadang suka bermasalah minor atau bug.

Jika kalian ada masalah terhadap PCSX2 pada PC kalian, kalian bisa langsung komen di kolom komentar ya Noobs!

Semoga bermanfaat.

Fachmi Dimas

Fachmi Dimas admin and content creator, DKM of Al Hidayah, Relawan Al Kahfi, and leader of IKRIMAH.

Rekomendasi dari kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × 3 =

Back to top button

Adblock Detected

Tolong matikan Adblock untuk mensupport kami