Gaming Opini

[OPINI] Call of Duty Campaign Dari Terjelek Sampai Terbaik Tahun 2022

Call of Duty adalah game buatan Activision yang sangat populer. Game “First Person Shooter” ini sudah dari zaman dulu bersaing dengan games FPS lainya. Awalnya, Call of Duty bersaing dengan Medal of Honor Series, lalu dengan Battlefield Series. Sekarang banyak banget yang ingin menyaingi Call of Duty yang salah satunya adalah Titanfall.

-Call of Duty Campaign Dari Terjelek Sampai Terbaik Tahun 2022-

Untuk Kali ini, penulis akan membuat daftar game Call of Duty terbaik dari segi campaign. Kita tau bahwa Call of Duty populernya dengan mode multiplayer. Tapi, dari dulu Call of Duty mengemas mode “Single Player”nya dengan baik. Saat mereka mencoba membuat game tanpa campaign, fans sangat tidak senang. Maka sampai sekarang Call of Duty terus membuat campaign di game-game selanjutnya

Untuk penilaiannya, penulis akan memprioritaskan story, gameplay dan variasi gameplay.

Berikut daftar game Call of Duty dari yang terjelek sampai terbaik di tahun 2022 berdasarkan mode campaign (Call of Duty Vanguard).

PERHATIAN: Artikel ini bersifat OPINI! Jadi bisa jadi ada ketidaksetujuan pembaca dengan artikel ini. Mohon dimaklumi.

———————————(Rank D)————————————

Call of Duty 1 (CoD 1)

Mengawali campaign Call of Duty terburuk hingga terbaik, kita mulai dari original Call of Duty.

Ini adalah game Call of Duty pertama di series tersebut. Kami menaruh diterburuk bukan berati kami tidak suka game jadul. Hanya saja Call of Duty 1 tidak terlalu bagus, baik dari segi cerita maupun gameplay. Gamenya hanya berfokus menceritakan bagaimana keadaan Perang Dunia Kedua.

Sebagai game pertama yang bersaing dengan seri Medal of Honor, secara gameplay game ini masih kurang bagus.

Call of Duty 1 masih menggunakan health bar dan susah banget nyari health pack dan implementasinya masih kurang bagus dibanding game rival lainnya.

Call of Duty 3 (CoD 3)

Sama seperti Call of Duty 1, game ini juga hanya menceritakan Perang Dunia Kedua. Engga ada karakter utama, hanya pure perang. Alasan mengapa Call of Duty 3 kami taruh diranking jelek karena mereka sudah merilis Call of Duty 2 yang gamenya sudah perfect. Kami akan bahas selanjutnya di bawah ini.

Call of Duty Advanced Warfare (CoD: AW)

Game Call of Duty Advanced Warfare adalah game Call of duty bertema futuristik kedua setelah Black Ops 2 yang ceritanya kurang bagus.

Tidak ada karakter yang memorable, tidak ada scene yang klimaks dan gameplay yang repetitif. Double jump yang ada digameplay juga kurang diapresiasi oleh gamers. Game ini serasa dibuat secara terburu-buru.

———————————(Rank C)————————————

Call of Duty Vanguard (CoD: V)

Call of Duty Vanguard adalah game CoD bertema Perang Dunia Kedua yang paling modern sebab menggunakan engine yang sama dengan Modern Warfare 2019 dan Cold War. Game ini tidak terlalu bagus jika dibandingkan kakak-kakanya. Kenapa demikian?

Well, ceritanya Itu tampak dipaksakan. Dev ingin cerita Vanguard itu memorable, agar bisa muncul Capt. Price lainnya. Tapi sayangnya gagal karena dipaksakan demi memenuhi “kesetaraan”. Padahal tidak perlu dipaksakan karena mereka bisa membuat tokoh yang lumayan berimpact seperti di game Modern Warfare.

Selain itu, Vanguard sepertinya kebanyakan cutscene dibanding gameplaynya sendiri. Gameplaynya lumayan bervariasi tapi ngga terlalu wah banget. Dan juga gameplay shootingnya mirip banget sama MW 2019 + Cold War. Harusnya megang senjata di era WW2 lebih sulit dibanding era modern.

Call of Duty Ghost (CoD: G)

Call of Duty Ghost dirilis setelah Black Ops II. Game ini mempunyai cerita yang tidak mainstream dimana musuh utama US adalah negara di Amerika Selatan. Tapi yang membuat aneh adalah senjata di game ini agak “asing”.

Lalu. ceritanya juga lumayan boring jika dibandingkan dengan game CoD lainnya. Sure, campaignnya lumayan engange discenescene tertentu. Tapi sayangnya engga “senendang” Modern Warfare Series. Selain itu, tidak ada karakter yang terlalu berimpact plus ada cliffhanger. Jadi ngga bisa nilai terlalu jauh ceritanya.

Call of Duty Black Ops 3 (CoD: BO3)

Game futuristik ketiga setelah Advanced Warfare. Game Black Ops 3 mempunyai mode zombie terbaik di seri Call of Duty selain World at War dan multiplayer terasik setelah MW2 dan BO 2. Namun, sayangnya campaignnya tidak terlalu menarik.

Ceritanya sudah mulai tidak masuk akal. Pembawaan cerita yang males-malesan, karakter yang tidak memorable dan gamenya yang mudah karena mungkin Black Ops 3 itu udah terlalu futuristik, maka mereka punya alat-alat yang canggih dalam berperang.

Black Ops 3 ngga “Call of Duty” banget. Jika mereka kasih nama lain selain CoD, mungkin Black Ops 3 bakal jadi game yang “lumayan”.

———————————(Rank B)————————————

Call of Duty WW2 (CoD: WW2)

Call of Duty bertema WW2 yang modern setelah Call of Duty 1,2,3 dan World at War. Game ini menggunakan sistem health bar seperti Call of Duty 1. Bedanya kali ini health pack bisa kamu ambil dari NPC. Jadi ga perlu cari-cari perban di area peperangan seperti pada Call of Duty 1.

Gameplaynya sendiri sih mantep ya. Dengan sistem health bar jadi lebih menantang. Apalagi kalau tingkat kesusahannya tinggi. Engga boleh “barbar” sama sekali.

Call of Duty WW2 ini ceritanya cukup menarik. Beda dengan Call of Duty 1,2 dan 3 dimana kamu hanya merasakan bagaimana keadaan perang di PD2. CoD WW2 juga mengenalkan karakter. Tapi sayangnya karakternya gagal menghasilkan karakter yang memorable.

Call of Duty Infinite Warfare (CoD: IW)

Game dengan trailer dengan jumlah dislike terbanyak di Youtube karena oversaturasi pasar dengan genre FPS sci-fi. Call of Duty Infinite Warfare sebenernya game yang lumayan loh. ceritanya ini bener-bener mantep. Penulis baru menganggap CoD IW cocok menggunakan nama “Call of Duty” untuk devisi genre sci-fi jika dibandingkan dengan BO3 dan AW.

Game ini engga hanya “menyeret” kalian untuk berperang di bumi, tapi juga di luar angkasa. Gameplaynya sendiri juga bervariasi serta unsur sci-finya juga tidak “kentang”.

Ceritanya pun menghasilkan beberapa karakter yang cukup memorable walaupun ya tidak seperti di game CoD yang akan kami sebutkan di bawah ini.

Call of Duty Black Ops 2 (CoD: BO2)

Game Call of Duty dengan sci-fi pertama. Call of Duty Black Ops 2 ini cukup menarik. Karakternya juga banyak yang memorable seperti Raul menendez, Alex Mason dan lain sebagainya. Selain itu, BO2 juga nyambung dengan Black Ops 1 dari sisi karakter.

Gameplaynya juga menarik.Untuk pertama kalinya gamers Call of Duty merasakan senjata canggih dan futuristik. Selain itu, gameplaynya sendiri juga tidak repetitif.

———————————(Rank A)————————————

Call of Duty 2 (CoD 2)

Game Call of Duty dengan tema Perang Dunia Kedua terbaik di seri. Call of Duty 2 juga hanya pure perang seperti CoD 1 dan 3. Engga ada karakter utama atau karakter kunci. Memang sih ada orang yang pake nama Capt. Price. Tapi, yaudah hanya sebagai nama saja. Intinya kamu disimulasikan gimana sih keadaaan pada Perang Dunia Kedua.

Mungkin dari segi cerita terasa boring karena engga ada karakter utama. Tapi jika dilihat dari implementasi untuk merasakan keadaan pada Perang Dunia Kedua, itu kerasa banget di Call of Duty 2. Dan tempatnya pun beda-beda. Ada di Eropa Timur, Eropa Barat dan Asia Tengah. Game ini mantap banget deh.

Secara gameplay sih hanya “First Person Shooter”. Call of Duty 2 ada gameplay menggunakan tank yang implementasinya lebih baik dibandingkan Call of Duty 1 dan Call of Duty 3. Bahkan menurut penulis, lebih seru “Tank Mission” Call of Duty 2 dibandingkan Call of Duty WW2.

Karena termasuk game jadul di era PS2, grafiknya jauh banget dari CoD WW2. Tapi pada eranya, grafik game ini sudah keren banget.

Call of Duty World at War (CoD: WaW)

Call of Duty World at War adalah game bertema Perang Dunia Kedua yang berlatar di Eropa Timur dan Asia-Pasifik. Penulis menganggap game ini yang tersulit di seri Call of Duty. Lebih sulit dibanding MW series.

Game ini bener-bener “gelap” banget dimana kamu bisa merasakan betapa seramnya Perang Dunia Kedua.

Gameplaynya pun juga mantep dan bervariasi. Tidak repetitif dan selalu merasakan hal baru walaupun game utamanya adalah FPS.

Call of Duty Black Ops Cold War (CoD: BOCW)

Call of Duty Black Ops Cold War adalah salah satu game Call of Duty modern di tahun 2020-an. Menggunakan game engine IW terbaru dengan seri “Black Ops”. Black Ops Cold War tidak mengambil tema futuristik karena  kembali ke era Perang Dingin setelah Perang Dunia Kedua.

Call of Duty Cold War juga menggunakan formula “Black Ops” dimana kamu bakal “dipusingin” pas main. Dipusinginnnya ini Mirip banget dengan Call of Duty Black Ops 1 (Akan dijelaskan dibawah ini). dimana karakter mu digali pikirannya sampai menggila. Selain itu, gameplaynya juga banyak variasi. Dan game ini pertama kalinya menggunakan sistem RPG dimana kamu bisa memilih dialog dan jalan cerita sesuai dengan pilihan mu.

Call of Duty Black Ops Cold War juga punya ending yang berbeda-beda. Pertama kali di serinya.

———————————(Rank S)————————————

Call of Duty “Warzone” Modern Warfare (CoD: MW1 2019)

Call of Duty Modern Warfare 2019 adalah game reboot dari MW 2009. Game ini mempunyai cerita sendiri tapi dengan karakter yang diambil dari MW series ori. Cerita di MW 2019 ini tidak kalah seru dengan MW1,2, dan 3 tapi memang tidak setara dan sekelas yang original.

Kamu akan bertemu karakter-karakter seperti Price, Nikolai, Kamarov dan juga disebutkan karakter lain seperti McMillan (secara tersirat). MW 2019 punya karakter lain yang engga kalah badass seperti Farah karim. Villainnya sih ngga sesavage Makarov. Makanya kami teruh di ranking ke-4.

Gameplaynya sangat bervariasi. Mulai dari “Open Battle”, hingga “Stealth”. Bahkan salah satu misinya sangat memorable bagi gamers Call of Duty yang kekinian seperti “Clean House” dimana kamu membersihkan teroris di salah satu apartemen perkotaan. Sangat epic.

Call of Duty Modern Warfare 3 (CoD: MW3)

Game penutup dari Call of Duty Modern Warfare Series. Game ini sangat epic dalam hal cerita walaupun ngga seepic MW 2 karena memang MW3 ini penutupan.

Gameplaynya wise. Sangat bagus. Cuman variasi gameplaynya sama seperti MW1 dan MW2. Memang MW3 ini berat dicerita dibandingkan gameplay.

Call of Duty Black Ops 1 (CoD: BO1)

Call of Duty: Black Ops

Call of Duty paling memusingkan di Seri. Game ini mengenalkan gamers dengan formula “Black Ops” banget yang nantinya dipake di Black Ops 3 dan Black Ops Cold War. Game ini engga hanya menonjolkan perang fisik, tapi juga perang “psikologis”.

Perang Psikologis yang dimakudkan adalah Dimana Karakter Protagonist HARUS MENGGALI Pikirannya sendiri dengan “kekerraan” kekerasan yang dimaksud juga bukan asal fisik, tapi juga psikis dan menggunakan obat obat tertentu untuk interograsi. Storynya bener bener mind Blowing dan “Gila” banget.

Gameplaynya sangat perfect dan bervariasi. Dan ceritanya juga bagus dan mempunyai karakter memorable. Terakhir, villian di game ini juga lumayan savage.

Call of Duty Modern Warfare 1 (CoD: MW1 2007)

Game yang mengawali cerita trilogi Modern Warfare. Game Call of Duty pertama yang berlatar pasca Perang Dunia Kedua dimana senjatanya jauh lebih canggih dibandingkan Perang Dunia 2. Game ini bener-bener menggunakan nama “Call of Duty” dengan baik. Bahkan lebih baik dibandingkan Call of Duty 2.

Game ini mulai memperkenalkan karakter utama dan karakter kunci dimana karakter ini mempunyai peran yang sangat penting dalam cerita. Kamu akan bertemu seorang yang paling “OP” seantero Call of Duty franchise yaitu Capt. John Price. Selain itu, Cerita dari Modern Warfare itu Sangat sangat “mind Blowing”. Mereka menggunakan Plot Twist yang sangat bagus bahkan sampe kamu ngomong “APAA????”

Gameplaynya juga sangat bervariasi daripada Call of Duty World at War. Salah satu misinya yaitu “All Ghille Up” merupakan contoh gameplay terepic di seri CoD. Misi-misi di Modern Warfare 1 juga menegangkan dan cukup sulit dibandingkan game CoD lainya.

Call of Duty Modern Warfare 2 (CoD: MW2 2009)

Game Call of Duty terbaik dimana gamers mempunyai pengalaman yang memorable saat memainkannya. Disini karakter-karakter Call of Duty berhasil memikat hati para gamers karena disisipi drama. Selain itu, karena terpengaruh juga oleh MW 1, game ini bener-bener game terklimaks untuk seri CoD MW Trilogy. Dari sini lahir lah beberapa karakter memorable seperti Capt Price, Yuri, Makarov, Soap dan lain-lain.

Gameplaynya juga sih sama “variasinya” dengan MW1. Tapi yang bikin game ini berada di rank pertama dalam daftar ini ya karena story tellingnya yang ajib banget. Dan Tentu saja, Plot Twist dan Mind Blowing Momentnya juga mencengangkan. Villainnya Bah bener bener JAHAT. Vladimir Makarov adalah Villain Call of Duty Paling Savage, Paling Kejam dan Terbaik di serinya

Misi-misinya juga sangat menarik bahkan pernah mengguncang beberapa negara di dunia karena terlalu kontroversial. Salah satunya yaitu “No Russian” dimana misi ini dibanned di Russia, disensor di Jerman dan bahkan pernah hampir dilarang rilis di beberapa negara Eropa dan Timur Tengah.

BONUS!————————(Rank SAMPAH)——————————

Disclaimer: Hanya Bercanda

Berikut game campaign Call of Duty yang SAMPAH karena memang tidak punya campaign sama sekali. Berikut daftar gamenya:

Call of Duty Mobile (CoDM)

Game yang juga berfokus dimultiplayer. CoDM BUKAN game pertama yang ada di Mobile Phone, tapi game paling modern dan game CoD Multiplayer Mobile pertama yang bisa kamu mainkan dimana pun kamu berada dengan handphone pintar mu.

Call of Duty Black Ops 4 (CoD: BO4)

Game yang fokus dimultiplayer. Game CoD pertama yang mengadakan mode “Battle Royale”.

Itu dia ranking campaign Call of Duty dari yang terjelek sampai terbaik di tahun 2022.

Baca juga opini kami lainnya mengenai video game hanya di Legion Noob ID.

Rekomendasi dari kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sixteen + six =

Back to top button

Adblock Detected

Tolong matikan Adblock untuk mensupport kami